Banner Header Komunitas SOP

Pengaruh Jam Kerja Orang Tua pada Tumbuh Kembang Anak

Browse By

Di era modern, orang tua, baik ayah maupun ibu, sama-sama bekerja. Orang tua yang bekerja tentu punya efek positif dan negatifnya sendiri-sendiri. Jadwal kerja orang tua yang tidak teratur, terutama sang Ibu, bisa berpengaruh pada tumbuh kembak anak. Kita tentu tahu bahwa tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh faktor di luar dirinya. Lingkungan keluarga pun menjadi tempat pertama si kecil untuk mulai belajar. Bagaimana jika anak ditinggal bekerja dengan jadwal yang tidak teratur? Apa efeknya bagi anak-anak? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

  • Pada Balita

Orang tua dengan jadwal kerja yang berbeda-beda tiap minggunya bisa berdampak buruk pada perkembangan anak balita. Efek negatirnya adalah anak bisa mengalami masalah keterampilan menyelesaikan masalah serta kurang pandai dalam keterampilan berbahasa.

  • Pada Remaja

Jam kerja yang tidak teratur juga berpengaruh pada anak-anak yang sudah mulai tumbuh dewasa. Pada fase remaja, anak justru membutuhkan perhatian ekstra dari keluarganya. Jika tidak, anak-anak tersebut akan rentan terkena depresi dan terlibat perilaku-perilaku negatif dari lingkungan luar.

Tak hanya itu, kesibukan orang tua juga bisa menyebabkan hubungan mereka dengan anak menjadi kerang dekat. Ini tentu sangat tidak baik.

Ketidakteraturan jam kerja bisa mempengaruhi pola-pola kebiasaan sang anak. Orang tua, khususnya Ibu, akan kesulitan membuatkan jadwal rutin untuk anak-anaknya. Seiring dengan berjalannya waktu, anak-anak memang bisa beradaptasi dengan keadaan. Akan tetapi, kelak mereka bisa saja tumbuh menjadi pribadi yang tidak teratur.

Berbeda cerita jika orang tua punya jadwal rutin untuk keseharian anaknya. Misalnya, Ibu selalu membiasakan membaca dongeng sebelum tidur. Rutinitas ini bermanfaat untuk membentuk pribadi anak menjadi anak yang cerdas, kritis, dan mencintai buku sejak dini. Selain itu, jam kerja yang teratur juga bisa memberikan rasa nyaman pada anak karena ia tahu kapan waktu pasti bisa bersama orang tua mereka.

Tak ada salahnya Ibu ikut bekerja membantu perekonomian keluarga. Akan tetapi, pastikan Anda punya waktu-waktu yang tetap untuk berinteraksi dengan anak Anda. Tidak hanya semata-mata tentang uang, anak Anda juga sangat membutuhkan kasih sayang dan waktu dari Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *