Yuk, Latih Kontrol Diri Pada Anak Usia Dini

Browse By

Siapa nih yang sering menemui anak tantrum lalu melempar barang-barang? Jika Anda salah satunya, maka jangan khawatir karena Anda tidak sendirian loh. Banyak sekali orangtua di luar sana yang mengalami hal yang sama.

Nah, fenomena ini juga disebabkan karena anak belum memiliki kontrol diri yang baik di usianya yang masih sangat dini. Akibatnya, saat si kecil merasa jengkel karena tidak boleh melakukan sesuatu, ia segera melempar barang yang ada di dekatnya.

Mungkin tidak masalah jika barang-barang yang dilempar si kecil berupa bola karet atau barang-barang yang tidak membahayakan. Tapi, bagaimana ya jadinya jika barang yang dilempar si kecil terbuat dari kaca atau berupa benda tajam? Tentunya hal ini akan sangat berbahaya dan membuat Anda khawatir.

Nah, untuk mengatasi hal ini, sebaiknya segera latih kontrol diri pada anak usia dini. Lalu, bagaimana caranya?

Psikolog Firman Ramdhani, M.Psi menyampaikan pada School of Parenting , melatih kontrol diri pada anak usia dini bisa diawali dengan membuat aturan-aturan tertentu. Nah, aturan tersebut seharusnya disesuaikan dengan cara kerja otak anak yang asosiatif. 

Pada saat membuat aturan, sebaiknya orangtua juga memperhatikan beberapa hal tertentu agar aturan yang dibuat bisa melatih anak untuk belajar mempertimbangkan keputusan yang akan dibuatnya. Tak hanya itu, menurut Firman, orangtua juga perlu melakukan berbagai persiapan saat anak tidak mengikuti peraturan yang dibuat atau mulai merengek untuk melanggar peraturan tersebut.

cara latih kontrol diri pada anak

Misalnya, Anda ingin membuat aturan bahwa anak tidak diizinkan terlalu banyak makan es krim. Kira-kira bagaimana mengatakan aturan tersebut pada anak? Apa yang harus Anda lakukan saat anak mulai tantrum meminta es krim? Dan, bagaimana seharusnya Anda bersikap saat anak mulai merengek meminta es krim tersebut?

Tenang, untuk menjawab semua pertanyaan dan mengobati rasa penasaran Anda, Firman Ramdhani, M.Psi, akan menjelaskan secara lengkap di kelas online “Melatih Kontrol Diri Pada Anak Usia Dini”.

Mari bersama-sama belajar parenting langsung dari ahlinya dengan cara kunjungi kelas online School of Parenting atau bergabung menjadi member komunitas School of Parenting di sini.

Baca juga:

  1. Kelas Online: “Melatih Kontrol Diri Pada Anak Usia Dini” bersama Firman Ramdhani, M.Psi., Psikolog
  2. Kelas Online: “Bermain untuk Anak” bersama Sonia Utari Alatan, M.Psi.,Psikolog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *