Banner Header Promo Oktober

Cegah Masalah Gigi sejak Dini

Browse By

Permen, coklat, gula-gula, semua anak pasti suka ya Parents. Anak sering merengek dibelikan ke 3 makanan ini. Sebagai orang tua tentu ingin menuruti keinginan mereka. Tapi bagaimana kalau gigi anak mulai berubah kekuningan atau bahkan kehitaman ? Hati-hati,mungkin masalah gigi sedang menghampiri.

Apa Saja Penyebab Masalah Gigi Pada Anak?

  • Botol Susu

Kok bisa? Padahal anak sering minum dari botol susu. Ya.. Parents, ternyata botol susu menyumbang masalah gigi pada anak. Bayi pasti sangat nyaman saat minum susu dengan botol dan dalam posisi tidur. Justru di sini letak masalahnya.

Saat susu berada lama dalam mulut bayi dan menggenangi gigi dalam waktu yang lama, akan membuat gigi rentan pada bakteri dan asam. Akibatnya gigi anak akan bermasalah.

  • Sisa Makanan

Apa anak Parents susah diminta gosok gigi sendiri? Sebaiknya mulai sekarang harus lebih rajin dan rutin ,jika perlu orangtua membantu menyikat giginya. Sisa makanan yang menempel pada gigi adalah penyebab gigi berlubang. Awalnya mungkin tidak terlihat tapi lama-lama akan membesar.

Tak hanya itu Parents, satu gigi berlubang juga bisa “menular” ke gigi yang lain. Pastinya Parents tidak mau gigi anak banyak lubangnya, kan? Jadi jangan ragu pergi ke dokter gigi jika gigi anak mulai berlubang.

  • Makanan Manis

Ya, makanan manis memang selalu menghantui anak-anak. Makanan manis ini adalah penyebab utama radang pada gusi. Apalagi jika anak sangat susah menggosok gigi. Perhatikan saat anak mulai mengeluh kesakitan ketika menggosok gigi dan gusi mulai memerah. Saat ini lah Parents harus membawanya ke dokter gigi.

Cegah Masalah Gigi Segera!

Rasanya sedih melihat anak sakit. Apalagi sakit gigi. Susah makan, menangis terus dan rewel. Galau antara ingin dicabut tapi masih tidak yakin. Pasti orangtua tidak mau hal ini terjadi. Yuk cegah sebelum terlambat. Apa saja langkahnya?

  • Segera Ajarkan Gosok Gigi

Ya, menyikat gigi memang penting Parents. Segeralah ajarkan anak menyikat gigi begitu gigi tumbuh. Parents bisa menggunakan sikat yang lembut agar tidak melukai gusi.

Jika takut anak menelan air mentah saat menyikat gigi, gunakan air matang agar tetap aman.

  • Beri Pasta gigi Berfluoride

Pasta gigi berfluoride sangat penting. Fluoride akan melindungi gigi dari asam yang bisa merusak gigi. Parents bisa gunakan pasta gigi berfluoride sebesar biji jagung. Karena terlalu banyak menggunakan pasta gigi berfluoride juga tidak baik.

  • Biasakan Menyikat gigi 2x Sehari

Ajarkan anak menyikat gigi 2x sehari ya Parents. Biasakan anak menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum anak tidur. Bukan setiap saat mandi ya Parents.

  • Batasi Makanan Manis

Batasi makanan penyebab masalah gigi adalah yang paling penting. Karena kita langsung membatasi pada pokok permasalahanya. Memang susah tapi jika Parents membatasi makanan manis sejak dini, masalah gigi pada anak pun bisa dihindari

Tidak ada yang sulit jika dikerjakan dengan senang hati Parents. Yuk mulai ajarkan anak menjaga kesehatan gigi dengan langkah di atas.

Baca Juga:
  1. Perlukah Mengajak Anak ke Dokter Gigi Sedini Mungkin?
  2. Mengapa Anak Tidak Mau Menulis?
  3. Mendongeng itu Perlu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *