Banner Header Komunitas SOP

Mendongeng itu Perlu

Browse By

Masih ingat masa kecil kita, di mana buku anak belum banyak dan internet belum dikenal? Pada saat itu, hiburan kita adalah cerita-cerita dari orangtua atau kakek-nenek kita. Mereka mendongeng, rasanya asyik sekali. Banyak dari kita mungkin masih mengingat dengan jelas dongeng yang diceritakan pada kita puluhan tahun lalu. Akan tetapi, sudahkah kita melanjutkan kebiasaan mendongeng ini pada anak-anak kita?

Ya, mendongeng mulai ditinggalkan banyak orangtua.

Sebabnya beragam, misalnya merasa tidak punya kemampuan mendongeng, tidak punya waktu, tidak bisa menarik perhatian anak, dan masih banyak alasan-alasan lainnya.

Namun ada baiknya orangtua tetap menyempatkan diri untuk mendongengkan anak. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dan anak dapatkan ketika membiasakan diri untuk mendogengkan anak.

1.      Mempererat Hubungan Keluarga

Melalui kebiasaan mendongeng, orangtua bisa mempunyai quality time bersama anak-anak. Hal ini tentu bisa mempererat hubungan orangtua dan anak. Untuk itu, saat mendongeng, posisi orangtua harus dekat dengan anak, bisa dengan memeluk mereka atau membelai rambutnya. Sentuhan fisik bisa membuat anak merasa nyaman dan lebih terbuka berdiskusi dengan anak. Ini sangat baik untuk menstransferkan nilai-nilai kehidupan kepada mereka.

2.      Melatih Kemampuan Mendengar

Saat anak sudah mulai tertarik dengan dongeng yang Anda bacakan, anak akan mendengarkannya sampai selesai. Kemampuan mendengar yang baik akan membuat mereka bisa menyerap kata-kata dengan lebih baik. Kemampuan empatinya juga akan terus terlatih karena anak terbiasa untuk mendengar sampai selesai.

3.      Melatih Kreativitas dan Daya Pikir

Aktivitas mendongeng ini bisa menstimulasi kreativitas dan kemampuan berpikir anak. Melalui cerita atau dongeng, Anda bisa mengajari anak bagaimana cara menyelesaikan masalah. Kemampuannya mendengar juga bisa menstimulasi mereka untuk menganalisis masalah dan mencari alternatif solusinya. Ini adalah kemampuan baik yang harus anak-anak miliki.

Pentingnya mendongeng untuk anak

4.      Melatih Daya Ingat dan Imajinasi

Ketika anak-anak dibacakan cerita, mereka akan mulai berimajinasi tentang tokoh-tokoh yang ada dalam cerita, terutama jika mereka tertarik dengan cerita yang dibacakan. Setelah selesai bercerita, Anda bisa menstimulasi daya ingatnya dengan meminta anak untuk menceritakan kembali cerita yang telah dibacakan.

5.      Memperkenalkan Banyak Hal Baru

Melalui dongeng, Anda bisa mengajarkan banyak hal kepada anak. Anda bisa mengenalkan banyak kosakata baru, benda-benda baru, makhluk hidup, dan lain sebagainya. Semakin banyak pengetahuan anak tentang dunia, semakin mudah mereka untuk menyesuaikan diri di kehidupan barunya kelak.

Masih banyak manfaat lainnya yang akan Anda dapatkan dari aktivitas mendongeng ini. Tak perlu malu-malu ketika mendongeng. Jika memang belum punya skill mendongeng, Anda bisa mulai belajar dari sekarang. Selain anak yang harus selalu dituntut belajar,  orangtua juga harus terus belajar karena dunia akan selalu berkembang. Jika kita berhenti belajar, maka kitalah yang akan tertinggal.

Baca juga:

  1. Buku Cerita Bergambar: Stimulasi Awal untuk Kecerdasan Anak
  2. Ayah, Ini Alasan Penting Mengapa Anda Harus Membacakan Dongeng untuk Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *