Cabin Fever Tidak akan Menyerang, Ini Syaratnya!

30 April 2020

Terus beraktivitas di rumah selama pandemi COVID-19 ternyata menimbulkan banyak masalah lain. Mulai dari tingginya tingkat KDRT saat WFH hingga munculnya gejala Cabin Fever yang belakangan ini sedang banyak diperbincangkan. Pertanyaannya kemudian, apa itu cabin fever?

Apa itu Cabin Fever?

Cabin fever merupakan perasaan sedih atau emosi yang muncul saat kita terlalu lama terisolasi di tempat tertentu. Dalam kasus sekarang ini, yaitu terlalu lama berada di rumah. Perasaan putus dari hiruk pikuk dunia luar juga disebut-sebut sebagai salah satu pemicu munculnya cabin fever ini.

Apakah cabin fever = Rasa Bosan?

Siapa yang tidak merasa bosan terus berada di rumah sampai batas waktu yang belum ditentukan di tengah pandemi saat ini? Tentu kita semua merasa bosan, namun apakah perasaan bosan ini bisa disebut sebagai cabin fever?

Ternyata cabin fever lebih dari sekedar perasaan bosan. Beberapa gejala yang muncul akibat cabin fever, misalnya:

  • Turunnya motivasi
  • Pola tidur tidak teratur
  • Mudah tersinggung
  • Sulit bangun dari tidur
  • Tidak sabaran
  • Mudah putus asa
  • Lemah dan lesu
  • Sulit percaya pada orang sekitar
  • Sulit konsentrasi
  • Gelisah
  • Merasa depresi dan sedih untuk waktu yang lama

apa iitu cabin fever?

Cabin fever Tak akan Menyerang, Ini Syaratnya!

Tentunya, kita tak ingin beberapa gejala di atas dialami karena bisa mengganggu aktivitas keseharian kita. Nah, agar cabin fever tak menyerang, beberapa syarat berikut ini harus dipenuhi loh!

1. Hadirkan “Dunia” di dalam Rumah

Cabin fever, hanya akan muncul saat kita merasa tidak terhubung dengan dunia luar. Maka jangan lupa untuk menghadirkan “dunia” di dalam rumah atau dalam aktivitas sehari-hari kita. Misalnya, berkebun, memberi makan hewan yang kebetulan melintas di halaman rumah, atau sekedar membuka jendela untuk menghirup udara segar di pagi hari atau harumnya bunga yang mekar di pekarangan rumah. Inilah syarat pertama yang perlu dilakukan agar terhindar dari cabin fever. 

 2. Lakukan Rutinitas Seperti Biasa

Meskipun saat ini kita sedang menjalankan WFH (Work From Home), hindari untuk bermalas-malasan di rumah. Tetap lakukan rutinitas sehari-hari sama seperti saat kita WFO (Work From Office).Misalnya, tetap bangun pagi, mandi, bersih-bersih rumah, mulai mengerjakan pekerjaan kantor seperti biasa. Bedanya hanya saat ini semua dikerjakan di rumah.

3. Tetap Berkomunikasi 

Tetap berada di rumah tak lantas membuat kita tak bisa berkomunikasi dengan teman, rekan kerja atau keluarga lain dong! Gunakan berbagai aplikasi kekinian seperti Zoom, Microsoft Team, Video Call dsb, untuk tetap menjalin komunikasi dengan mereka. Tetap berkomunikasi akan membuat kita merasa tetap terhubung dengan dunia luar sehingga cabin fever bisa dihindari.

4. Terus Kreatif dan Berekspresi

Syarat lain yang perlu dilakukan agar terhindar dari cabin fever adalah tetap kreatif dan berekspresi dalam aktivitas sehari-hari. Artinya, tetap dorong otak untuk bekerja secara kreatif dan lakukan hobi yang selama ini sempat terhenti karena kesibukan. Misalnya saja, gunakan waktu luang untuk melukis, membuat kue, atau berkebun. 

5. Rajin Olahraga

Agar terhindar dari cabin fever, maka syarat lain yang perlu dilakukan adalah rajin berolahraga untuk melepas hormon stres dalam tubuh, sehingga suasana hati kita menjadi lebih baik. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan di rumah misalnya push up, plank, atau yoga.

Cabin fever mungkin sedang menyerang kita di tengah pandemi saat ini. Namun, jangan pernah menyerah dengan kondisi ini. Tetap lakukan berbagai kegiatan yang menghindarkan kita dari cabin fever agar kesehatan mental dan fisik kita tetap terjaga. 

Baca Juga:

  1. Stress Hadapi COVID 19? Ide Pillow Talk ini Bantu Pasangan Rileks!
  2. Jangan Lawan Stres!
  3. Daftar “Galau” Ortu Saat Di Rumah Saja
Bagaimana Menurut Anda?
+1
1
+1
0
+1
0
Share with love
Member Premium SOP Member Premium SOP

Gabung Member Premium

Mulai perjalanan memahami emosi diri dan keluarga

Nikmati akses Kelas Video Belajar kapanpun & dimanapun

Gabung Sekarang

Sudah Member Premium? Masuk Di Sini

Contact Us School of Parenting
×

Info Masa Keanggotaan

Perpanjang Paket