× DAFTAR GRATIS Masuk
Artikel Kelas Online Tanya Ahli Workshop Online Mitra Sekolah Belanja Pintar Tentang Kontak
Anak Manipulatif, Kok Bisa?

21 Februari 2018

Pernah dengar cerita tentang anak yang pura-pura menangis agar kenginannya dituruti? Bagaimana kalau yang melakukannya adalah anak berumur 2 tahun? Apakah memang wajar?

Kisah lain, Noni , umur 5 tahun, sedang dilarang ibunya makan coklat karena batuk. Tapi ia bisa membujuk seorang sepupunya yang sedang datang main ke rumah, untuk mengambil coklat yang disimpan sang ibu di lemari es. Ketika ketahuan, Noni bedalih sepupunyalah yang ingin makan coklat dan memaksa berbagi dengan dia. Sang Ibu tahu Noni berbohong, tapi heran juga karena si sepupu tidak merasa dipaksa Noni, dan sebenarnya umur sang sepupu lebih tua setahun, yang harusnya tidak mudah menuruti anak yang lebih muda. Inikah bibit-bibit anak yang manipulatif?

Pertama-tama, jelas bahwa anak-anak manipulatif bukanlah anak-anak yang jahat. Namun mereka adalah anak-anak yang telah belajar perilaku yang tidak pantas untuk mendapatkan hal-hal yang mereka ingin dan butuhkan. Semua perilaku manusia adalah untuk memenuhi suatu tujuan. Semua perilaku adalah sarana untuk mencapai tujuan. Demikian juga dengan anak-anak.

Contact Us School of Parenting
×

Info Masa Keanggotaan

Perpanjang Paket