Terbiasa Menghabiskan Sisa Makanan Anak? Waspadai Efek Ini!

20 Juni 2019

Siapa nih yang sering menghabiskan makanan sisa anak karena merasa sayang jika dibuang? Duh, sepertinya hampir setiap orangtua, khususnya para Ibu melakukan kebiasaan yang satu ini. Alasannya sih memang baik, agar kita tidak buang-buang makanan dan agar anak juga lebih menghargai makanannya kelak.

Sayangnya, kebiasaan ini justru membuat Anda mengalami kenaikan berat badan tanpa disadari. Ya, tentu saja Anda tidak sadar karena toh berpikir makanan anak hanya berporsi kecil dan mungkin sama sekali tidak berpengaruh.

Tapi, apa jadinya jika hampir semua makanan yang dimakan anak tidak habis dan semuanya terpaksa Anda habiskan? Apalagi jika semua makanan anak tersebut tinggi kalori, seperti berbagai macam snack, minuman bersoda, minuman manis, ice cream dan lain sebagainya.  

Tentu saja kenaikan berat badan tidak bisa dihindari. Terlebih jika di luar kebiasaan Anda menghabiskan makan anak ini, Anda masih saja mengambil porsi makanan favorit sendiri.

Nah, untuk mengatasi hal ini sebaiknya gunakan trik khusus agar berat badan Anda tidak bertambah. Beberapa hal berikut ini bisa Anda coba:

3 Cara Membatasi Makan Saat Memiliki Anak

1. Siapkan Snack Sehat saat Bepergian dengan Anak

Cara pertama membatasi makan saat memiliki anak adalah dengan menyiapkan snack sehat sendiri saat pergi bersama anak.

Misalnya saat Anda dan anak pergi ke tempat wisata, maka jangan cuma mengemas keripik kentang, minuman soda dan makanan tinggi kalori lainnya. Siapkan juga buah kesukaan Anda dan tentunya siapkan air mineral.

Jangan beralasan bahwa Anda haus dan tidak membawa air mineral sehingga akhirnya menghabiskan minuman bersoda anak-anak. Kebiasaan ini sangat baik Anda lakukan agar berat badan Anda tidak mengalami kenaikan tanpa disadari saat bersama dengan anak-anak.

2. Atur Pola Pikir tentang Makan

Tak cukup hanya menyiapkan snack sehat untuk diri sendiri, tapi pola pikir tentang makanan juga harus diatur ulang. Sebaiknya jangan biasakan makan camilan sambil melakukan sesuatu seperti berkirim pesan dengan teman, memeriksa sosial media dan hal lainnya.

Kebiasaan makan snack sambil melakukan hal lain justru membuat Anda semakin banyak ngemil dan makan lebih banyak. Untuk itu, hargai setiap makanan yang Anda makan. Nikmatilah makanan Anda dengan baik tanpa terganggu aktivitas lain. Cara ini bisa Anda gunakan untuk membatasi makan saat memiliki Anak.

cara membatasi makan saat memiliki anak

3. Pastikan Anda Memiliki Waktu Istirahat Cukup

Saat Anda lelah dan tidak memiliki tenaga, maka saat itu Anda paling rentan terhadap kebiasaan ngemil. Biasanya Anda akan cenderung makan snack yang mengandung karbohidrat tinggi agar memiliki energi atau kekuatan lebih. Kebiasaan ini sebenarnya kurang baik, karena akan terus meningkatkan berat badan Anda.

Nah, untuk mengatasi hal ini sebaiknya gunakan waktu Anda untuk beristirahat cukup. Jangan biarkan tubuh Anda merasa sangat lelah sehingga mulai melakukan kebiasaan ngemil. Ingatlah bahwa Anda juga butuh tenaga untuk merawat dan mengurus anak-anak.

Peningkatan berat badan bisa saja terjadi saat Anda bersama dengan anak-anak. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya mulai atur pola makan Anda sendiri. Jangan biarkan berat badan Anda naik dengan drastis hanya gara-gara kebiasaan ngemil atau menghabiskan snack anak-anak. Beberapa cara di atas bisa Anda lakukan agar berat badan tidak naik saat bersama dengan anak-anak.

Baca juga:

  1. Emotional Eating: Makan Sebagai Pelarian
  2. Stagen Bikin Perut Langsing Setelah Melahirkan! Ah, Masa Sih?
Bagaimana Menurut Anda?
+1
0
+1
0
+1
2
Share with love
Member Premium SOP Member Premium SOP

Gabung Member Premium

Mulai perjalanan memahami emosi diri dan keluarga

Nikmati akses Kelas Video Belajar kapanpun & dimanapun

Gabung Sekarang

Sudah Member Premium? Masuk Di Sini

Contact Us School of Parenting
×

Info Masa Keanggotaan

Perpanjang Paket