Stagen Bikin Perut Langsing Setelah Melahirkan! Ah, Masa Sih?

Browse By

Siapa sih yang tidak ingin memiliki bentuk tubuh proporsional atau langsing? Apalagi jika Anda baru saja melahirkan. Dijamin deh, Anda sering mencari cara bagaimana mengembalikan bentuk tubuh seperti semula.

Setelah melakukan berbagai macam pencarian, hal yang paling wajar dilakukan untuk memperoleh bentuk tubuh seperti semula adalah dengan olahraga. Namun, apa daya kesibukan mengurus buah hati saja sudah banyak menyita waktu dan energi, sehingga untuk olahraga pun rasanya tidak sempat.

Nah, cara lain yang sering digunakan oleh kebanyakan Ibu baru diluar sana adalah dengan menggunakan stagen.  Stagen berbentuk kain panjang yang nantinya dililitkan di area perut. Stagen ini memang dipercaya secara turun temurun mampu mengecilkan perut setelah melahirkan.

Namun, dilansir dari Kompas.com Dr. Riyan Hari Kurniawan, Sp.OG justru kurang setuju dengan pendapat tersebut. Menurutnya stagen hanya bersifat mengencangkan kulit perut tapi tidak memberikan efek khusus untuk menurunkan berat badan, apalagi membuat langsing.

Hal yang sama juga ditegaskan oleh Dr. Riza Hendrawan Nasution, SpoG, menurutnya dalam dunia kedokteran, stagen sama sekali tidak memberikan efek dalam upaya mengecilkan perut. Menggunakan stagen hanya memberikan efek perut terasa kencang akibat lilitan stagen di area perut. Namun, setelah stagen dibuka, perut akan kembali pada keadaan semula.

Perut terlihat membesar, kulit perut yang tidak kencang serta terkesan menggelambir memang sangat wajar. Hal ini akan dialami oleh semua Ibu, sehingga jangan terlalu malu apalagi hingga membuat tidak percaya diri dan stress. Yang perlu dipikirkan pertama setelah melahirkan adalah memulihkan kembali kondisi kesehatan Ibu. Khususnya jika melahirkan melalui operasi caesar, yang menjadi prioritas adalah memikirkan kesembuhan luka akibat jahitan setelah operasi.

Jangan sampai karena ingin perut terlihat langsing, luka jahitan kembali terbuka karena penggunaan stagen yang terlalu kencang. Dr. Riza menghimbau para Ibu untuk berhati-hati dalam penggunaan stagen setelah melahirkan. Periksa terlebih dahulu, kondisi jahitan sudah mengering atau masih basah. Penggunaan stagen saat jahitan masih basah akan berbahaya bagi Ibu. Setidaknya tunggu hingga 1-2 minggu pasca melahirkan untuk menggunakan stagen.

Lalu, bagaimana agar perut kembali seperti semula? Benarkah tidak ada cara lainnya? Jangan khawatir, Anda masih bisa kok mengembalikan bentuk tubuh seperti semula. Caranya adalah dengan diet seimbang dan olahraga teratur demi mengurangi lipatan di perut pasca melahirkan.

Salah satu bahan makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi lemak di perut adalah ikan salmon. Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan vitamin D yang dapat mengatasi lemak di perut. Bukan hanya itu, Anda juga bisa mengkonsumsi telur yang mengandung banyak protein. Kandungan protein dalam telur inilah yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Kandungan vitamin B-12 dalam telur juga membantu memecah lemak dalam tubuh.

Jadi, masih banyak cara untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula selain menggunakan stagen. Ahli medis juga menyebutkan bahwa rahim akan kembali pada ukuran semula secara alami pada minggu ke 6 pasca melahirkan. Kondisi ini bahkan tidak dipengaruhi oleh penggunaan stagen.

Penggunaan stagen memang sudah dipercaya sejak dulu secara turun temurun. Namun, sebagai Ibu millennial, Anda perlu menambah referensi mengenai penggunaan stagen yang tepat. Hindari menggunakan stagen terlalu kencang dan gunakan stagen setidaknya setelah luka jahitan mengering. Lakukan olahraga secara teratur dan diet seimbang untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula.

Artikel Terkait:

  1. Demi Kurangi Lipatan di Perut Pasca Melahirkan
  2. Cegah Payudara Kendor Setelah Menyusui dengan Cara Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *