Cara Mengatasi Perubahan Perilaku Anak Remaja

Browse By

Pertanyaan:

Ibu Dilla

Hallo SOP,

Saya memiliki seorang anak yang sedang beranjak remaja dengan usia 13 tahun. Pertanyaan saya, bagaimana cara mengatasi perubahan perilaku anak yang beranjak remaja (abg) di era globalisasi seperti ini?

Terima kasih

Jawaban :

Hallo Parents,

Terimakasih atas pertanyaan Ibu Dilla, semoga selalu sehat dan bahagia ya..

Untuk mengatasi perubahan perilaku anak yang beranjak remaja (abg) di jaman globalisasi seperti saat ini diperlukan adanya kedekatan dan keterbukaan antara orangtua dan anak. Untuk menjalin kedekatan tersebut memang membutuhkan waktu, tidak serta merta ketika anak beranjak remaja kemudian bisa langsung dekat.

Hal terpenting dari orangtua sendiri adalah tidak berperilaku seolah menggurui anak, namun menjadi teman yang baik untuk anak. Mau mendengarkan itu hal yang paling utama, jangan langsung menghakimi anak ketika ada sesuatu yang kurang sesuai yang dia lakukan.

Ada baiknya sebagai orang tua selalu bertanya, kemudian berdiskusi. Tanyakan beberapa hal misalnya, “Kalau menurut mama sebaiknya kamu nggak usah berangkat deh, karena terlalu malam, bisa bahaya, menurut kamu gimana? bisa nggak kamu kasih alasan ke mama.”

Ibu juga harus mau terbuka mengenal teman-teman anak. Kadang-kadang undang mereka ke rumah, misalnya untuk belajar kelompok, sehingga Ibu juga bisa tahu dengan siapa anak ibu bergaul. Ibu juga harus mau menurunkan standard keibuan. Sebagai contoh, kadang kala harus mau nonton bersama anak meskipun filmnya ala-ala remaja, atau makan di tempat favorit anak, meskipun rasanya kurang cocok di lidah.

Inilah beberapa hal dasar yang bisa dicoba untuk menyambut masa remaja (abg) anak. Meskipun tidak semuanya berjalan seperti yang kita mau, namun harus tetap semangat mencoba terus ya bu. Semangat selalu, semoga sukses.

Lusia Laras Budi Kristanti, M.Psi

Baca Juga:

  1. Anggap Anak Jadi Teman, Pahami Dulu Sisi Negatifnya
  2. Anak “Menjauh” Dari Orangtua? Ini Tips Mendekatinya Kembali!
  3. Apa Sih Sulitnya Buat Remaja Terbuka Ke Orangtua?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *