Usaha ibu rumah tangga
Karir Mom's Corner New Mom Tips

Ibu Rumah Tangga, Tapi Digaji? Kenapa Tidak!

Mengurus rumah tangga memang pekerjaan yang paling sulit. Hebatnya, pekerjaan yang paling sulit ini mampu dilakukan seorang Ibu. Meskipun harus berjuang tiap pagi mengurus keperluan anak sekolah, hingga suami yang akan berangkat bekerja, seorang Ibu nyatanya mampu melakukan keduanya dengan baik.

Bukan hanya itu saja pekerjaan yang dilakukan seorang Ibu, masih banyak lagi pekerjaan yang menunggu Ibu setelah anak-anak dan suami memiliki kegiatan sendiri di luar rumah. Sebut saja pekerjaan mencuci baju, membersihkan rumah, memasak, mengurus adik bayi yang masih kecil dan pekerjaan lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Berbeda dengan pekerjaan lain, pekerjaan seorang Ibu ini tidak dibayar alias gratis! Semua pekerjaan rumah tangga dilakukan secara tulus tanpa pamrih demi kebahagiaan keluarga. Hal inilah yang mungkin sering membuat Ibu rumah tangga merasa sedikit sedih karena bahkan tidak memiliki penghasilan dari apa yang dikerjakannya tiap hari.

Kondisi tersebut sering membuat Ibu rumah tangga memutuskan untuk bekerja kembali di luar rumah. Tujuannya agar mendapat penghasilan tambahan yang bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga dan keperluan pribadi yang belum bisa dipenuhi dari penghasilan utama suami. Sayangnya, keinginan bekerja di luar rumah ini sering membuat Ibu dilema. Misalnya dilema siapa yang akan mengurus anak saat Ibu bekerja di luar rumah, atau bagaimana membagi waktu antara pekerjaan dan mengurus rumah tangga nantinya, dan lain sebagainya.

Lalu, apakah Ibu tidak boleh bekerja dan tidak bisa mendapatkan penghasilan tambahan? Tenang saja Bu, masih ada cara lain untuk tetap mendapatkan tambahan bahkan saat Anda mendapatkan tambahan penghasilan. Saat ini banyak sekali profesi yang membuat Ibu rumah tangga tetap digaji. Apa saja profesi yang bisa dijalani Ibu rumah tangga?

Profesi untuk Ibu Rumah Tangga:

  • Buka Katering,Yuk!

Merasa hobi masak dan banyak yang memuji masakan enak Anda? Sebaiknya, jangan sia-siakan bakat alami Anda ini. Segera buat rancangan membuka usaha katering untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Pada awalnya, Anda bisa menerima katering untuk acara-acara kecil seperti ulang tahun anak, atau acara arisan untuk sekedar pemanasan. Nah, setelah mendapatkan review yang bagus dafri konsumen, segera kembangkan bisnis Anda ini dengan mengambil katering untuk acara besar seperti pernikahan dan lain sebagainya. Bisnis katering Anda ini bisa dijadikan sebagai profesi Ibu rumah tangga dengan penghasilan yang lumayan loh!

  • Jadi Penerjemah? Cocok Juga Nih Bagi Ibu yang Jago Bahasa Asing

Siapa nih yang jago bahasa asing? Mungkin bahasa Inggris, Mandarin, atau bahasa Jepang?

Nah, kemampuan Anda ini tidak boleh tenggelam dimakan waktu ya bu. Anda bisa menggunakan kemampuan Anda ini untuk menerjemahkan dokumen-dokumen bahasa asing yang tentu saja bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Penghasilan yang diperoleh dari profesi penerjemah ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata loh, karena Anda akan dibayar per lembar hasil terjemahan Anda. Jadi, sembari bekerja, Anda masih tetap bisa mengurus anak dan suami di rumah. Tak hanya itu, usaha Anda belajar bahasa asing selama ini pun tidak akan sia-sia. Ide yang bagus bukan?

  • Buka Jasa Laundry Bisa Sambil Mengasuh Anak Juga Nih!

Bingung ingin mendapatkan penghasilan tambahan, tapi takut tidak ada yang merawat anak? Jangan khawatir, buka saja jasa laundry karena Anda masih bisa mendapatkan penghasilan sambil merawat anak. Profesi yang satu ini juga cukup menghasilkan, karena banyak orang yang akan selalu membutuhkan jasa laundry Anda.

  • Pintar Make Up Bisa Dijadikan Ladang Bisnis yang Seru

Hobi make up dan merasa piawai dalam ber-make up? Jangan simpan hobi Anda ini untuk diri sendiri, karena hobi Anda bisa menghasilkan uang tambahan loh! Caranya mudah, Anda bisa membuka jasa make up untuk wisudawan, pengantin atau acara lainnya. Tak hanya itu, Anda juga bisa menghasilkan uang dengan cara menjadi beauty blogger yang saat ini sedang sangat populer di kalangan anak muda. Profesi Ibu rumah tangga ini bisa dilakukan di rumah sambil mengurus anak dan suami. Hasil yang didapat juga tidak bisa dianggap remeh !

  • Kemampuan Dagang yang Dimiliki Turun Temurun Bisa digunakan untuk Buka Online Shop

Tertarik dengan bisnis toko online? Kenapa tidak dicoba sejak saat ini?

Sembari mengurus anak dan suami, Anda bisa menjual berbagai macam barang yang saat ini sedang ramai diminati di kalangan masyarakat. Misal, baju, hijab, peralatan rumah tangga, hingga peralatan elektronik pun bisa Anda jual dengan mudah melalui online shop. Anda tidak perlu banyak keluar rumah, karena semua bisa dilakukan secara online.

  • Kecerdasan Ibu bisa Ditularkan dengan Cara Membuka Les Privat di Rumah

Merasa cukup pandai mengajarkan semua materi pelajaran anak SD, SMP, atau SMA? Kenapa tidak menggunakan kecerdasan Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan? Yuk, buka saja les privat di rumah. Ajak anak-anak tetangga yang merasa kesulitan dalam berbagai pelajaran di sekolah untuk bergabung menjadi murid Anda. Anda bisa memasang tarif tertentu di tiap pertemuan. Hasil yang diperoleh juga lumayan dan bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga lainnya.

  • Seni Tingkat Tinggi Bisa Dimanfaatkan untuk Membuat Hantaran Pernikahan Nih!

Jika Anda tidak cukup pandai untuk membuka les privat di rumah, atau tidak memiliki kemampuan bahasa asing dan tidak pandai mencuci baju, jangan sedih dulu, Bu. Masih ada cara lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Salah satunya dengan membuat hantaran pernikahan. Memang dalam membuatnya Anda perlu memiliki seni tingkat tinggi yang tentu saja bisa Anda pelajari sebelumnya. Profesi ibu rumah tangga ini bisa dilakukan tanpa mengikat waktu, dan bisa dilakukan di rumah.

Banyak Ibu rumah tangga yang ingin kembali bekerja tapi masih dilema dengan berbagai tugas yang harus diselesaikan di rumah. Nah, sebaiknya Anda tidak perlu terlalu bingung, karena nyatanya banyak sekali profesi Ibu rumah tangga yang bisa dikerjaan di rumah. Profesi ini juga memiliki penghasilan yang tidak bisa dianggap main-main loh!. Beberapa profesi Ibu rumah tangga di atas bisa Anda coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Baca juga:

  1. Masih Dilema Tentang Ibu yang Bekerja
  2. Ibu Ingin Sekolah Lagi? Bisa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *