tips sekolah lagi bagi Ibu
Mom's Corner New Mom Tips

Ibu Ingin Sekolah Lagi? Bisa!

Belajar memang tidak ada batasan umur. Anda tetap bisa belajar apa saja, kapan saja dan pada usia berapa saja, termasuk saat Anda sudah memiliki anak atau sudah menjadi seorang Ibu. Loh, memangnya bisa? Memangnya tidak repot?

Tentu saja bisa dan tentu saja akan lebih repot, namun banyak juga para Ibu yang rela tambah repot hanya demi bisa mencari ilmu atau kembali ke sekolah. Alasannya beragam, ada yang memang sudah memiliki niat untuk melanjutkan sekolah yang sempat tertunda karena menikah, dan ada juga yang ingin sekolah lagi demi meningkatnya karir dalam pekerjaan. Hal ini wajar dilakukan, mengingat peningkatan karir memang penting demi kehidupan yang lebih baik kedepannya bersama anak dan keluarga.

Tak ada yang salah memang pada niat Ibu yang Ingin kembali ke sekolah. Apalagi jika alasan utamanya adalah agar menjadi Ibu yang cerdas bagi anak-anak. Toh, guru pertama anak-anak adalah Ibu. Jadi, jika Anda adalah seorang Ibu yang cerdas, maka boleh dipastikan, anak-anak yang Anda rawat juga akan menjadi anak yang cerdas.

Maka, jika tekad Ibu ingin sekolah lagi sudah bulat, bagaimana jika kita wujudkan dengan langkah dan beberapa tips praktis berikut ini:

Tips Ibu Ingin Sekolah Lagi:

🏫 Cari Sekolah/Kampus yang Sesuai dengan Ibu

Menjadi seorang Ibu memang penuh tantangan, dan tantangan terbesar Anda adalah membagi waktu bagi anak-anak, pekerjaan, suami, dan keluarga. Sulit memang, tapi bukan berarti tidak bisa diusahakan. Nah, tips Ibu ingin sekolah lagi yang pertama adalah sebaiknya mulai cari sekolah atau Universitas yang sesuai Anda.

Ya, sesuaikan dalam hal lokasi, waktu dan budget yang Anda miliki. Banyak sekolah atau Universitas yang menawarkan berbagai program studi, misal program studi khusus bagi karyawan yang dimulai di sore hingga malam hari atau program studi yang menawarkan kelas online. Kelas online dan kelas karyawan ini sering dijadikan pilihan bagi Anda yang memiliki waktu terbatas untuk melanjutkan studi. Nah, dengan menentukan sekolah atau Universitas yang tepat, Anda tentu bisa mengatur waktu dengan baik.

🏫 Tentukan Target Lulus

Setiap pelajar tentunya ingin lulus tepat waktu, agar biaya untuk studi yang dikeluarkan pun tidak membengkak. Untuk itu, tips bagi Ibu yang ingin sekolah lagi lainnya adalah dengan menentukan target kelulusan. Paculah diri Anda untuk lulus tepat waktu. Dengan begitu Anda akan segera menikmati hasil dari kerja keras selama ini.

Misalnya bagi Ibu yang ingin meningkatkan karir dengan kembali ke sekolah, maka peningkatan karir tersebut akan segera terwujud kalau lulus dengan cepat.

🏫 Lakukan Berbagai Macam Persiapan

Kembali ke sekolah atau kembali melanjutkan studi adalah suatu pekerjaan yang besar. Butuh banyak persiapan untuk memulainya. Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah persiapan anggaran atau budget untuk sekolah.

Sebaiknya segera persiapkan anggaran ini dari awal masuk hingga selesai nantinya, termasuk anggaran sekolah tiap semesternya. Tak hanya itu, Anda juga harus mulai mempersiapkan kebutuhan pelajar seperti, ruang khusus untuk belajar agar tidak terganggu oleh anak serta  berbagai macam buku penunjang studi.

Pastikan Anda memiliki area atau ruang khusus untuk belajar, dan usahakan beri Anak pengertian bahwa mereka tidak boleh bermain di area tersebut. Jangan sampai jika waktu sekolah sudah tiba, tugas-tugas sekolah Anda hilang atau rusak karena anak tidak paham fungsinya bagi anda.

🏫 Pastikan Anda Memiliki Sistem Pendukung (Support System)

Nah, tips lainnya bagi Ibu yang ingin sekolah lagi adalah dengan memastikan memiliki sistem pendukung yang baik. Artinya, baik suami, anak-anak, bahkan keluarga mendukung langkah Anda ini. Sehingga jika suatu saat Anda membutuhkan bantuan dari mereka untuk menggantikan pekerjaan rumah sementara waktu saat Anda belajar, mereka dengan senang hati bersedia.

Tak hanya itu, jika memang terlalu repot mengurus anak sambil bekerja dan belajar, Anda bisa minta pertimbangan suami untuk mempekerjakan pengasuh atau asisten rumah tangga. Dengan begitu, baik pekerjaan rumah atau pekerjaan mengasuh anak bisa dibantu oleh pengasuh atau asisten rumah tangga.

Yang perlu Anda lakukan hanya membagi pekerjaan mana saja yang perlu dilakukan oleh pengasuh atau asisten rumah tangga, dan mana saja yang harus Anda lakukan sendiri. Contoh, Anda bisa mempercayakan pekerjaan mencuci baju pada asisten rumah tangga, sedangkan Anda menyuapi atau menyusui  si kecil sambil belajar.

🏫 Atur Jadwal dengan Keluarga

Keinginan Ibu yang ingin kembali lagi ke sekolah memang harus dilakukan dengan penuh perjuangan. Nah, tips lainnya bagi Ibu yang ingin sekolah lagi adalah mengatur jadwal keluarga. Pastikan Anda tahu semua jadwal keluarga untuk sebulan kedepan, lalu tandai tanggal tertentu jika Anda tidak bisa mengikuti pertemuan keluarga atau acara keluarga lainnya.

Diskusikan hal ini dengan suami dan anggota keluarga lainnya. Anda bisa mengatakan alasan mengapa tidak bisa mengikuti acara keluarga tersebut. Tapi, jangan lupa pastikan bahwa alasan Anda benar-benar masuk akal.

Misal, anda tidak bisa mengikuti acara keluarga karena ada ujian di sekolah atau kampus. Tapi, jangan sampai, sekolah lagi Anda jadikan alasan untuk menghindari acara keluarga,ya.

🏫 Jangan Memaksakan Diri

Keinginan Ibu kembali ke sekolah memang perlu diapresiasi, namun sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri. Jangan sampai hanya karena kembali ke sekolah, kesehatan Anda jadi menurun.

Untuk itu, pastikan bahwa Anda melakukan segala aktivitas sesuai kemampuan. Sebagai contoh, saat Anda ada jadwal kuliah, saat yang sama Anda harus ikut menghadiri pertemuan orang tua murid di sekolah.

Nah, jika ini yang terjadi maka prioritaskan mana yang lebih penting. Jangan  terlalu memaksakan Anda harus hadir di kedua acara tersebut, jika memang sangat sulit. Ingatkan selalu diri Anda bahwa, kondisi ini hanya untuk sementara, sampai Anda bisa lulus tepat waktu.

🏫 Beri Anak Pengertian

Nah, tips terakhir yang bisa dilakukan saat Ibu ingin sekolah lagi adalah memberi anak pengertian bahwa Anda sedang melanjutkan studi. Usia anak yang sudah mulai beranjak besar, misalnya usia 4 atau 5 tahun tentu bisa Anda ajak bicara dengan bahasa yang sederhana.

Hal ini berfungsi agar jika Anda tidak bisa menemaninya melakukan kegiatan tertentu di sekolah maupun di rumah, anak terhindar dari ngambek dan rewel.

Keinginan Ibu sekolah lagi memang membutuhkan usaha yang keras. Kerepotan mengatur waktu antara sekolah, keluarga dan urusan pekerjaan tentu akan membuat kembali ke sekolah menjadi hal yang sangat sulit. Namun, sulit bukan berarti tidak bisa diusahakan.

Jika tekad Anda sudah bulat untuk kembali ke sekolah, maka jangan tinggal diam. Mulai lakukan berbagai langkah dan tips di atas agar keinginan Anda segera terwujud. Jangan lupa tetap semangat demi kehidupan yang lebih baik.

Artikel terkait:

  1. Kelas Online vs Kelas Tradisional: Bagus Mana?
  2. Tantangan Sehari-hari Ibu Bekerja
  3. Masih Dilema Tentang Ibu yang Bekerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *