Banner Header Tanya Ahli SOP

Masih Dilema Tentang Ibu yang Bekerja

Browse By

Ibu yang bekerja memang punya problematikanya sendiri. Ada banyak hal yang kadang membuat dilema. Susah memang meninggalkan buah hati yang sedang lucu-lucunya untuk bekerja, apalagi sampai 8 jam. Misalkan pun harus di rumah, Anda jadi tidak punya tambahan penghasilan untuk keluarga. Ini nih salah satu dilema paling umum yang dialami oleh ibu bekerja. Belum lagi masalah-masalah lainnya yang tentu kadang memusingkan kepala.

Tenang Bu, ini ada beberapa solusi untuk mengatasi dilema ibu bekerja.

1.      Tahu Alasan Bekerja

Ada banyak hal yang membuat seorang Ibu masih harus bekerja, entah itu karena ekonomi keluarga atau masalah yang lainnya. Dilema pasti akan selalu muncul. Akan tetapi, Anda harus ingat bahwa semua pilihan adalah baik dan tentu ada konsekuensinya masing-masing.

Ketika Anda memilih menjadi ibu yang bekerja, pastikan Anda punya alasan yang kuat. Jangan jadikan alasan ini sebagai hal yang melemahkan Anda, tetapi motivasi terbaik agar Anda ikhlas menjalani peran sebagai ibu rumah tangga sekaligus ibu yang bekerja. Pintar-pintar membagi waktu dan jangan lupa menjaga kesehatan. Anda punya peran ganda, jadi harus menyiapkan tubuh yang prima.

2.      Bangun Lebih Pagi

Pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk bercengkerama dengan keluarga meski hanya sekedar makan bersama. Lagi-lagi, ibu memang harus berkorban lebih banyak, yaitu dengan bangun lebih pagi. Dengan begitu, Anda bisa memasakkan sarapan untuk suami dan buah hati tercinta atau sekedar menyiapkan perlengkapan si kecil. Perhatian kecil seperti ini bisa membuat anak merasa bahwa ibunya selalu berusaha hadir dan menyayanginya.

Dilema Ibu Bekerja

3.      Jadikan Orang Terdekat sebagai Pengasuh

Setiap ibu pasti selalu was-was ketika harus meninggalkan anaknya selama 8 jam lebih di rumah, apalagi kalau anaknya masih belum sekolah. Memang sudah ada baby sitter, tetapi tetap saja masih merasa tidak aman.

Untuk itu, Anda butuh orang terdekat yang mau dimintai tolong untuk ikut serta mengasuh anak. Pilihannya bisa orangtua, mertua, kakak-adik, dan lain sebagainya.

Meski sudah ada orang terdekat yang membantu mengasuh anak, jangan lupa tetap berikan perhatian penuh pada anak ketika Anda di rumah.

4.      Jadikan Weekend sebagai Quality Time

Pada hari Senin sampai Jumat, Anda mungkin fokus pada pekerjaan dan deadline kantor sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk bermain atau sekedar menemani si kecil. Ketika weekend tiba, pastikan Anda punya waktu penuh untuk anak. Fokuskan perhatian untuk mengasuh anak, mulai dari menemaninya bermain, memasakkan makanan favoritnya, hingga mengajaknya jalan-jalan. Dengan begitu, anak bisa merasa senang dan tidak melabeli Anda sebagai ibu yang sibuk bekerja.

Pada setiap masa, ada tantangan tersendiri dalam mengasuh anak. Demikian juga dengan para ibu bekerja, tetap semangat dan sehat ya, Bu. Dan jangan lelah untuk belajar tips-tips parenting baru.

Untuk lebih memantapkan diri menjadi ibu bekerja, baca juga artikel ini:

  1. Tantangan Sehari-Hari Ibu Bekerja
  2. Untuk Para Ibu yang Kelelahan
  3. Mau tahu Pekerjaan Paling Sulit? Cobalah Menjadi Ibu

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *