JAM ISTIRAHAT DI SEKOLAH BUKAN SEKADAR WAKTU BERMAIN

18 Mei 2018

JAM ISTIRAHAT DI SEKOLAH BUKAN SEKADAR WAKTU BERMAIN

Jam istirahat sekolah yang dalam bahasa Inggris disebut dengan school recess atau school break ini merupakan istilah umum untuk menyebut periode waktu tertentu di mana para siswa berhenti sejenak dari tugas-tugasnya. Pengadaan jam istirahat seperti ini dicetuskan pertama kali oleh Amos Bronson Alcott, seorang pendidik berkebangsaan Amerika kelahiran tahun 1799, yang menginginkan para muridnya memiliki waktu untuk permainan fisik yang aktif dan waktu untuk mengobrol.

Namun, disamping membuat siswa rileks dari jam belajar, sebenarnya ada juga banyak pelajaran hidup yang dipelajari di tempat bermain saat jam istirahat. Orang tua semestinya mulai memahami betapa pentingnya istirahat untuk perkembangan anak. Dalam sebuah pernyataan, The American Academy of Pediatrics mengatakan, “Jam istirahat merupakan hal penting karena memberi waktu untuk beristirahat, bermain, berimajinasi. berpikir, bergerak dan bersosialisasi. “

Dan, mungkin poin yang lebih penting,” Siswa lebih perhatian dan lebih baik kognitifnya setelah reses.”

Di Jepang, banyak sekolah mengharuskan mahasiswa untuk mengambil istirahat setelah SETIAP 60 menit ?

Dalam peringkat “Learning Curve” pendidikan global tahun ini, Jepang adalah yang kedua. Mungkin jam istirahat sekolah bukan satu-satunya rahasia sukses Jepang, tapi bukannya tidak masuk akal untuk menyarankan bahwa “istirahat yang sering” layak mendapat tempat penting.

Pemotongan Jam Istirahat

Menurut jajak pendapat Gallup yang dipelopori oleh Robert Wood Johnson Foundation, 77 persen kepala sekolah melaporkan bahwa mereka memotong/meniadakan jam istirahat sebagai hukuman. Dalam laporan yang sama, delapan dari sepuluh kepala sekolah mengakui bermain memiliki “dampak positif pada prestasi,” dan dua-pertiga dari kepala sekolah menyatakan, “Siswa mendengarkan lebih baik setelah istirahat dan lebih fokus dalam kelas.”.  Ini adalah praktek yang perlu untuk menyelaraskan ‘apa yang kita tahu’ dengan ‘apa yang kita lakukan’.

Manfaat kesehatan dari Jam Istirahat

Aktivitas fisik adalah latihan tubuh yang meningkatkan atau mempertahankan kebugaran fisik dan kesehatan secara keseluruhan. Aktivitas fisik sebagai cara pembakaran energi atau kalori.

Aktivitas fisik secara teratur penting bagi anak-anak untuk berbagai alasan, tidak sedikit yang memberi manfaat kesehatan jangka panjang. Aktivitas fisik juga membantu dalam menjaga berat badan yang sehat bagi anak-anak sekolah.

Selain manfaat kesehatan jangka panjang, anak-anak juga mendapat manfaat dari tetap aktif dalam beberapa cara lain.

Beberapa manfaat tambahan adalah:

  • Penurunan kemungkinan depresi
  • Membantu untuk tidur nyenyak di malam hari
  • Penguatan tulang dan otot
  • Membantu menjaga berat badan yang sehat
  • Menikmati kemampuan untuk bergerak dengan mudah.

manfaat jam istirahat

Hubungan Antara Aktivitas Fisik Pada Recess dan Prestasi Akademis

Dalam sebuah bagian yang muncul dari penelitian menunjuk ke hubungan antara aktivitas fisik dan akademis. Kebiasaan baik adalah kunci untuk kesehatan yang baik; siswa yang sehat tampil lebih baik secara akademis, memiliki tingkat kehadiran (absensi) yang lebih baik, dan berperilaku baik di kelas,data ini diambil dari American Heart Association.

Tiga ulasan studi berikut menyimpulkan bahwa program aktivitas fisik berbasis sekolah dapat memberi manfaat kognitif jangka pendek (Taras, 2005), meningkatkan fungsi kognitif pada anak-anak (Sibley & Etnier, 2003), dan tidak menghambat prestasi akademik (Trudeau & Shepard, 2008). Kegiatan istirahat fisik seperti waktu reses telah terbukti mengurangi rasa gelisah, meningkatkan kemampuan anak untuk fokus, dan memerangi depresi serta kecemasan.

Mungkin sekarang Anda bisa setuju, jam istirahat di sekolah memang lebih dari sekadar “waktu bermain anak”.

sumber:

http://www.peacefulplaygrounds.com

Bagaimana Menurut Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
Share with love