Banner Header Komunitas SOP

Apa sih “Coding”? Dan Mengapa Anak-anak Perlu Belajar Ini?

Browse By

Pernah dengar istilah coding? Beberapa dari Anda mungkin tidak terlalu familiar dengan istilah yang satu ini. Ya, coding memang bukan salah satu istilah dalam dunia parenting, juga bukan istilah yang digunakan para Ibu modern untuk menyebut anak-anaknya yang cerdas dan bertalenta.

Apa itu coding? Mengapa anak-anak perlu mencoba coding?

Secara umum, coding adalah aktivitas seseorang “berkomunikasi” dengan bahasa komputer. Gampangnya, Coding adalah cara “me terjemahkan” bahasa logika ke bahasa komputer untuk membuat program-program seperti website, game dan berbagai macam aplikasi digital yang selama ini kita gunakan.

Mempelajari coding sama seperti mempelajari bagaimana berbicara dan menulis dalam bahasa komputer. Nah, seseorang yang ahli dalam dunia coding ini disebut sebagai coders.

Apa Sih Hebatnya Bisa Coding?

Banyak dari Anda yang mungkin bertanya “Apa sih hebatnya bisa coding?” Jawabannya sebenarnya cukup sederhana. Saat seseorang bisa coding, Ia bisa tak hanya sebagai pengguna berbagai aplikasi, game, website atau kecanggihan teknologi, tapi juga bisa menjadi pencipta dari teknologi tersebut.

Ya, pencipta dari teknologi yang dinikmati oleh banyak orang. Bukan hanya terlihat keren, pencipta teknologi ini juga banyak diburu di era modern saat ini. Itulah mengapa, metode belajar STEM sering digunakan dalam proses pembelajaran untuk anak-anak di era modern karena anak-anak wajib menciptakan sesuatu bukan hanya sebagai penikmat dari teknologi.

Hal inilah yang mendorong pemerintah Singapura untuk memasukkan coding sebagai bagian dari kelas pengayaan mulai tahun 2020.

Ya, saat dunia semakin modern, orang-orang yang bisa menciptakan sesuatu akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan,bahkan mampu menciptakan lapangan kerja. Maka, keterampilan coding adalah sebuah keterampilan yang digadang-gadang sangat penting di masa depan. 

Apa lagi sih manfaatnya coding bagi anak-anak?   

  1.       Mengembangkan kreativitas anak-anak

Bagaimana tidak disebut sebagai anak kreatif sih, jika anak Anda memiliki keterampilan coding? Anak-anak yang pandai berkomunikasi dengan komputer atau coding disebut sebagai anak kreatif karena ia mampu menciptakan suatu sistem dalam komputer, sekaligus sebagai anak yang mampu memecahkan suatu masalah.

Sebagai suatu contoh penyelesaian masalah yang terjadi di sekitar lingkungan anak misalnya saat banyak anak-anak di sekolah yang membolos, namun orangtua tidak tahu bahwa anak-anak tersebut membolos. Lalu, bagaimana caranya agar orangtua tahu secara otomatis bahwa anak-anak membolos tanpa pemberitahuan secara resmi dari pihak sekolah?

Caranya adalah dengan menciptakan sistem (coding) presensi yang langsung terhubung dengan smartphone orangtua. Jadi, saat anak-anak tidak melakukan presensi kehadiran, maka sistem bisa langsung mengirim sinyal pada smartphone orangtua bahwa anak tersebut membolos. Inilah manfaat yang bisa dimiliki anak-anak yang belajar coding.

  1.       Bermanfaat saat berada di bangku kuliah, magang dan mendapatkan pekerjaan

Manfaat lainnya yang bisa diambil dari belajar coding adalah bahwa keterampilan ini memudahkan anak-anak saat berada di bangku kuliah, saat magang di suatu perusahaan dan bisa digunakan sebagai salah satu talenta atau kelebihan untuk mendapatkan pekerjaan nantinya. Bisa dibilang bahwa keterampilan coding ini masih dianggap sebagai keterampilan yang sangat dicari di masa depan.

belajar coding bagi anak

 

  1.     Memudahkan anak-anak memahami dunia di sekitarnya

Anak-anak yang belajar coding dianggap sebagai anak-anak yang cerdas sehingga ia mudah memahami dunia di sekitarnya. 

Pasalnya, anak-anak yang belajar coding pada awalnya akan mendapatkan penjelasan bagaimana cara kerja smartphone, cara kerja game dan cara kerja program komputer lainnya. 

Pengetahuan inilah yang digunakan anak-anak untuk memahami lebih jelas tentang dunia di sekitarnya yang dilingkupi berbagai macam teknologi.

  1.       Salah satu aktivitas menyenangkan dan memuaskan

Melakukan coding sama seperti memecahkan suatu teka-teki atau seperti menyusun puzzle yang menyenangkan dan memuaskan apabila berhasil menyusunnya. Selain itu, coding juga dianggap sebagai aktivitas yang mengedukasi anak-anak serta menumbuhkan kreativitas anak-anak.

Coding bukan lagi aktivitas yang hanya dilakukan oleh orang dewasa, anak-anak di era modern saat ini juga patut mencoba berkomunikasi dengan komputer karena banyak sekali manfaat yang diperoleh dari coding. Beberapa manfaat di atas tentunya membuat Anda sebagai orangtua ingin mengajarkan coding pada anak bukan?

Baca juga:

  1. Ketika Anak Bercita-Cita Menjadi Youtuber

Bakat dan Minat Anak Apa Bedanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *