× DAFTAR GRATIS Masuk
Artikel Kelas Online Tanya Ahli Workshop Online Mitra Sekolah Belanja Pintar Tentang Kontak
Keajaiban Pelukan Bagi Anak

Seberapa sering Anda berpelukan atau memeluk anak? Jika Anda membiasakan berpelukan dengan anak dalam berbagai macam situasi, maka kebiasaan Anda ini sangat baik bagi perkembangannya. Dilansir dari hellosehat.com, anak kecil dan bayi setidaknya membutuhkan 5 - 6 kali pelukan setiap harinya untuk bertahan hidup. Para ahli berpendapat bahwa semakin sering orang tua memeluk anak, maka semakin baik perkembangan anak kedepannya. Lalu, apa saja sih manfaat berpelukan bagi anak lainnya?

Manfaat Berpelukan Bagi Anak:

  • Mencerdaskan Anak

Si kecil perlu banyak stimulasi sensorik yang berbeda di masa pertumbuhannya. Kontak kulit seperti sentuhan dan pelukan merupakan stimulasi sensorik yang paling penting dan sangat diperlukan bagi anak. Gunanya untuk merangsang kesehatan otak. Fakta tersebut ditemukan melalui penelitian yang dilakukan di panti asuhan Eropa Timur. Dilansir dari parentingforbrain.com, menurut penelitian tersebut, bayi yang terlalu lama menghabiskan waktu dalam tempa tidur bayi tanpa berinteraksi dengan orang lain, terbukti mengalami masalah perkembangan, yaitu gangguan perkembangan kognitif.

Studi lain yang diterbitkan dalam Genetic Psychology Monographs, menemukan fakta bahwa bayi yang menerima pelukan selama 20 menit per hari selama 10 minggu memiliki skor perkembangan yang lebih tinggi daripada bayi yang tidak diberi pelukan.

Contact Us School of Parenting