Banner Header Promo Oktober

Kenalkan Huruf Ke Anak Sejak Dini, Bisa dengan Ini!

Browse By

Mengenalkan anak dengan huruf (alfabet) seringkali merupakan langkah awal yang diambil orang tua saat melatih anak membaca dan menulis. 

Banyak orang tua membeli kartu-kartu atau poster dengan huruf (flash card)  untuk stimulasi kemampuan membaca anak. Ada sebagian orang tua yang memulai teknik ini dari usia yang sangat dini.  

Langkah ini dianggap efektif, dan membuat anak dapat membaca di usia yang sangat muda. 

Namun sebenarnya, ada langkah lain yang bisa kita tempuh untuk melatih anak membaca. Yaitu dengan mengenalkan buku cerita bergambar, sajak, lagu dan dongeng yang menyenangkan pada anak. Langkah ini adalah persiapan yang baik sebelum anak mulai belajar membaca dan menulis.

Jadi bagaimana tahapan kreatif mengenalkan huruf ke anak ? 

  • Ajak Anak Diskusi tentang Buku Cerita yang dibaca Bersama

Ajak anak berdiskusi tentang buku cerita atau dongeng yang Anda baca bersama anak. Gunakan suara yang berbeda dan dorong anak untuk bergabung dengan diskusi tersebut. Saat diskusi usai, tanyakan pada anak bagian favorit anak. 

  • Tunjukkan Kata-kata di Bagian Favorit Anak

Setelah diskusi usai dan Anda mengetahui bagian favorit anak, maka tunjukkan bagian favorit anak di buku cerita yang dibaca tadi. Tunjukkan juga kata-kata yang ada di bagian favorit anak tersebut. Anda dapat membantu anak memahami kata-kata di bagian favoritnya. 

Cara mengajarkan huruf pada anak

  • Tunjukkan Kata-Kata / Logo di Kehidupan Sehari-hari

Anda bisa menunjukkan berbagai kata-kata, logo atau simbol di kehidupan sehari-hari. Misalnya saat pergi ke swalayan, tunjukkan kata-kata, logo atau simbol yang mungkin dia kenali.

  • Ajak Anak Mengenali Namanya Sendiri

Belajar membaca juga bisa dilakukan dengan mengajak anak mengenali namanya sendiri. Misalnya dengan cara mencantumkan namanya di botol minum, bekal makanan, di karya seninya, atau dengan mengajak anak memasang huruf-huruf yang membentuk namanya di pintu kamar anak. 

  • Kenalkan Anak dengan Bunyi

Salah satu cara terbaik melatih anak membaca adalah dengan mengenalkan bunyi. Ajak anak mengenali bunyi dari kata tertentu. Misalnya, jelaskan pada anak bahwa namanya dimulai dari huruf “S” dan dimulai dengan bunyi “Sa”. Saat anak mulai bersekolah, ia akan belajar bunyi yang dihasilkan oleh masing-masing huruf (phonics)

  • Mengajak Anak Bernyanyi

Jangan lupa mengajak anak bernyanyi untuk mengenalkan berbagai bunyi pada anak. Misalnya mengajak anak bernyanyi tentang lagu alfabet dan lagu anak lainnya.

Ingatlah bahwa tidak perlu mendorong anak untuk belajar huruf jika anak belum tertarik. Anda bisa melatih anak membaca dengan beberapa langkah di atas.

Baca Juga:

  1. Begini Cara Mudah Mengajari Anak yang Telat Membaca
  2. Mudahnya Membiasakan Anak untuk Membaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *