× DAFTAR GRATIS Masuk
Artikel Kelas Online Tanya Ahli Workshop Online Mitra Sekolah Belanja Pintar Tentang Kontak
Begini Cara Mudah Mengajari Anak yang Telat Membaca

Sudah memasuki usia sekolah, tetapi anak masih belum bisa membaca? Jangan anggap enteng ya, Mom. Meskipun kemampuan membaca bukan satu-satunya penentu kecerdasarn anak, tetapi ini akan berpengaruh pada cara belajarnya di sekolah. Sekarang ini, anak kelas 1 SD sudah mendapatkan beban pelajaran sekolah yang cukup tinggi, terutama untuk sekolah-sekolah umum. Jika anak Anda belum bisa membaca ketika memasuki usia sekolah? Sebagai orang tua, Anda harus lebih tekun mengajari anak Anda untuk membaca. Jangan berkecil hati, anak yang telat membaca bisa diatasi dengan menggunakan beberapa cara berikut ini:

1. Jangan Memarahinya

Jangan emosi ketika mengetahui anak belum juga bisa membaca. Ini bukan kesalahan anak 100%. Pada dasarnya, anak-anak usia 3 – 7 tahun memang belum waktunya untuk mahir membaca. Akan tetapi, sistem di sekolah sudah mengharuskan anak untuk bisa belajar saat masuk SD. Mau tidak mau, anak harus diajari membaca sejak dini agar bisa mengikuti pelajaran di sekolah. Terus biasakan anak untuk pelan-pelan belajar membaca. Jangan dengan emosi, tetapi dengan perhatian khusus.

2. Lebih Sabar Mengajari Anak

Emosi yang meledak-ledak ketika mengajari anak yang tidak bisa membaca memang kerap dialami sebagian besar orang tua. Inilah tantangan besar menjadi ibu rumah tangga. Bagaimana pun kondisi anaknya, seorang Ibu harus mendukung anaknya dengan penuh kesabaran. Belajarlah mengontrol emosi Anda. Marah-marah hanya akan membuat anak makin malas untuk belajar. Jadi, cari cara lain agar anak mau belajar membaca.

Contact Us School of Parenting