Mom's Corner Our Class Tips

Kelas Kesiapan Anak Masuk Sekolah: Seberapa Penting?

Menurut Anda, bagaimana rasanya menjadi orangtua? Selama ini, Anda mungkin telah belajar banyak hal tentang bagaimana mengasuh dan mendidik anak. Pelajaran menjadi orangtua yang baik bisa diperoleh dari banyak sumber, bisa dari orangtua kita, langsung dari ahli, dokter, atau dari internet.

Berdiskusi langsung dengan ahli memang menjadi solusi yang tepat agar tidak salah langkah dalam mendidik anak. Salah satu fase penting bagi orangtua berkaitan dengan masa depan anak adalah membuatnya siap untuk memasuki dunia sekolah. Apa yang harus orangtua lakukan? Seberapa penting memahami kesiapan anak masuk sekolah?

Lalu, apa yang akan Anda lewatkan jika  tidak mengikuti kelas ini?

Setidaknya ada beberapa alasan mengapa Anda harusnya tak melewatkan kesempatan ikut kelas kesiapan anak masuk sekolah.

1. Menghindari pemahaman yang keliru

Beberapa sumber mengatakan bahwa baca, tulis, hitung, tidak perlu diajarkan pada anak-anak prasekolah. Akan tetapi, sumber yang lain mengatakan sebaliknya.Di kelas ini , Anda akan lebih tahu mana yang lebih tepat,lengkap dengan langkah-langkah penerapannya.

2. Memahami kemampuan anak

Apa sih kemampuan kognitif? Seberapa pentingnya? Bagaimana cara menstimulasinya?

Masih bingung dengan hal tersebut atau ada pertanyaan-pertanyaan lain yang berkaitan dengan kemampuan anak? Kelas kesiapan sekolah anak akan membantu anda memahaminya.

3. Bertukar pikiran dengan orangtua lain

Dalam kelas-kelas parenting, Anda akan memiliki kesempatan untuk bertukar pikiran dengan teacher atau dengan sesama peserta. Kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk belajar dari pengalaman nyata yang dialami oleh orangtua atau bahkan guru. Anda juga akan paham bahwa tidak hanya Anda yang merasa kesulitan, tetapi orangtua lain juga demikian.

4. Membantu Kesiapan Mental Anak

Selama ini, orangtua sering salah kaprah bahwa penentu kesiapan anak masuk sekolah adalah umurnya. Saat usia anak sudah masuk 6 atau 7 tahun, berarti mereka sudah harus masuk SD. Jika lebih dari itu, nanti akan jadi bahan gunjingan di tetangga atau para kolega.Padahal, sebenarnya kesiapan anak masuk SD tidak semata-mata hanya dilihat dari umur. Ada banyak sekali persiapannya dan semuanya tidak instan. Butuh waktu bertahun-tahun agar anak siap dan bisa mengikuti kegiatan sekolah.

Melalui penjelasan di atas, kita bisa melihat sendiri betapa pentingnya mengikuti kelas-kelas parenting, terutama kelas kesiapan anak memasuki dunia sekolah. Kelas ini tidak hanya ditujukan untuk para orangtua yang memiliki anak usia prasekolah, tetapi untuk semua orangtua yang mau belajar. Menjalani kehidupan baru, peran baru, dan status baru, para ibu dan ayah harus terus belajar agar perkembangan anak bisa maksimal dan anak bisa sukses ke depannya.

Jadi, beruntunglah Anda yang bisa mengikuti kelas School of Parenting di Solo. Kelas ini akan berlangsung pada 12 Mei 2018 pukul 14.00 hingga 17.00 WIB.

Ada banyak pembahasan menarik seputar menyiapkan anak memasuki dunia sekolah. Kami harap, para orangtua maupun guru bisa mengikuti kelas ini agar lebih maksimal dalam membimbing anak memasuki dunia sekolah. Info kelas lebih lanjut silahkan hubungi WA 085950256739 (Ranti).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *