Kebingungan Bahasa, Benarkah karena Belajar Lebih dari Satu Bahasa?

Bahasa merupakan serangkaian sistem simbolik yang digunakan untuk menyampaikan pikiran, perasaan, ataupun makna tertentu yang dipahami seseorang kepada orang lain. Dengan Bahasa, anak akan mengenali dunia barunya serta membantu anak untuk berkomunikasi dengan lingkungannya kelak.

Oleh sebab itu, pengenalan bahasa pada anak bisa dilakukan sedini mungkin. Untuk memperkenalkan bahasa baru pada anak, Parents bisa memulainya dengan mengajak anak berbicara menggunakan bahasa yang hendak dipelajari. Cara ini bisa membantu anak “merekam” berbagai kosakata baru yang didengarnya.

Pertanyaannya kemudian, berapa bahasa yang sudah parents kenalkan pada anak sampai saat ini? Dua, atau mungkin lebih dari itu? 

Berapapun banyak bahasa yang dikenalkan pada anak, beberapa orang tua merasa khawatir jika anak mengalami kebingungan bahasa karena pengenalan lebih dari satu bahasa. Benarkah demikian? 

Masih banyak perbedaan pendapat terkait hal ini. Namun demikian, yang paling penting bagi orang tua saat ini adalah bijak dalam mengenalkan lebih dari satu bahasa. Beberapa hal yang wajib dipikirkan oleh orang tua sebelum mengenalkan lebih dari satu bahasa pada anak, yaitu :

  1. Kesiapan anak dalam menerima (belajar lebih dari satu bahasa)
  2. Kesiapan orang tua dalam mengenalkan lebih dari satu bahasa pada anak 
  3. Strategi pengenalan bahasa pada anak 

Ketiga poin di atas perlu dipikirkan terlebih dahulu, sehingga jangan sampai anak justru stres dan tertekan saat mempelajari bahasa-bahasa baru. Sehingga upaya mengenalkan bahasa asing bisa terwujud dengan baik. 

Nah, apakah parents tertarik mengasah kemampuan anak untuk berbahasa asing terutama bahasa Jepang dan Mandarin ? Yuk, ikut di workshop berikut! GRATIS loh! Klik posternya untuk mendaftar:

Baca Juga:

  1. Gangguan Bahasa Reseptif & Ekspresif : Karena Belajar Lebih dari 1 Bahasa 

2. Trik Sederhana untuk Stimulasi Bicara Anak

Bagaimana Menurut Anda?
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
Share with love
Member Premium SOP Member Premium SOP

Gabung Member Premium

Mulai perjalanan memahami emosi diri dan keluarga

Nikmati akses Kelas Video Belajar kapanpun & dimanapun

Gabung Sekarang

Sudah Member Premium? Masuk Di Sini

Contact Us School of Parenting
×

Info Masa Keanggotaan

Perpanjang Paket