Banner Header Komunitas SOP

Membolehkan Anak Memilih Pakaian Sendiri, Ini Sisi Positifnya

Browse By

“Kok pakai rok itu sih dek? Warna roknya gak matching sama atasannya nih. Masak rok pink dikasih atasan hijau?”

————————————————————————————————————————–

Duh, siapa nih yang sering mengalami situasi di atas? Merasa gemas karena anak memilih pakaian sendiri untuk pergi, padahal warna atau motifnya yang tidak cocok satu sama lain.

Sebagai orangtua tentunya ingin memilihkan  pakaian terbaik bagi anak untuk dikenakan agar enak dipandang. Namun, beberapa anak merasa sudah cukup besar, sehingga bisa memilih pakaian sendiri untuk dikenakan. Alhasil, Anda pun sering bersitegang dengan anak sesaat sebelum pergi.

Untuk mengatasi situasi ini, sekalipun bikin “gemas” , sebaiknya Anda biarkan saja si kecil memilih sendiri pakaian yang ingin dikenakan. Banyak manfaat yang bisa dipetik dari membiarkan anak memilih pakaiannya sendiri loh!

3 Alasan Anak Boleh Memilih Pakaian Sendiri

  • Mengajarkan Anak Mandiri

Anak memang perlu diajarkan dan dilatih untuk mandiri sejak kecil. Salah satu hal terpenting yang perlu diajarkan pada anak adalah belajar menyiapkan pakaian sendiri. Jadi, sebaiknya biarkan saja si kecil memilih pakaiannya sendiri sembari mengajarkan ia mandiri.

Nah, jika Anda merasa khawatir si kecil kurang pas memilih baju, maka Anda bisa memberinya saran. Anda juga bisa menunjukkan beberapa referensi gaya berpakaian ala anak-anak agar si kecil memiliki bayangan mengenai mode berpakaian yang pas untuk anak-anak. Ini akan lebih efektif daripada terus-terusan memilihkan baju untuk anak.

kenapa anak boleh memilih baju sendiri?

  • Mengajarkan Pada Anak Bahwa Mereka Lebih Penting daripada Baju yang Dikenakan

Alasan lainnya mengapa Anda perlu membiarkan anak memilih pakaian sendiri adalah Anda bisa mengajarkan anak bahwa mereka lebih penting daripada sekedar pakaian yang dikenakan.

Meskipun pakaian anak cenderung tidak pas satu sama lain, namun ajarkan padanya bahwa pakaian tidak selalu penting. Yang paling penting adalah bahwa anak tetap bisa bersikap sopan meskipun mengenakan pakaian yang sederhana atau tidak serasi.

  • Membangun Rasa Percaya Diri

Alasan lainnya Anda perlu membiarkan anak memilih baju adalah agar anak merasa percaya diri. Dengan membiarkan anak memilih pakaian sendiri, secara tidak langsung ia akan memilih pakaian yang terasa nyaman untuknya. Rasa nyaman inilah yang mampu mendorong anak untuk memiliki rasa percaya diri. Jadi, sebaiknya biarkan saja anak memilih pakaiannya sendiri.

Membiarkan anak memilih pakaian sendiri memang kadang menggemaskan karena beberapa anak kurang bisa mencocokan mode pakaian untuk dikenakan. Namun, sebaiknya biarkan saja anak memilih pakaiannya sendiri karena ternyata banyak alasan dan manfaat yang bisa diambil.

Baca juga:

  1. Lima Penyebab Anak Tidak Percaya Diri
  2. Baju Lebaran Baru VS Ajaran Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *