Libur Lebaran? 7 Profesi Ini Tidak Libur Loh!

Browse By

Libur lebaran menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para pelajar, mahasiswa, maupun karyawan. Berbeda dengan jatah liburan lainnya, durasi libur lebaran cenderung lebih lama dari biasanya. Tak hanya itu, bagi karyawan, libur lebaran berarti mendapat bonus tambahan, yaitu THR (Tunjangan Hari Raya) .

Bagi karyawan yang bekerja di luar kota, momen libur lebaran menjadi momen pulang kampung (mudik). Masyarakat ibukota berbondong-bondong pulang ke kampung halaman. Meski macet, capek, dan harga tiket melambung, pemudik tetap antusias menuju kampung halamannya masing-masing.

Di kampung halaman nanti, ada sederet rencana yang sudah menunggu untuk diwujudkan. Berkumpul bersama keluarga besar, reuni teman sekolah, atau sekadar liburan bersama. Rencana-rencana tersebut menjadi penyemangat untuk kembali ke kampung halaman.

Akan tetapi, pada kenyataannya tidak semua orang bisa mudik dan berkumpul dengan keluarganya saat hari raya. Karena pekerjaan yang tidak bisa ditinggal, orang-orang ini harus tetap bekerja meski dengung takbir berkumandang. Siapakah mereka?

1. Polisi, Tentara, dan Satpam

Banyak yang menganggap bahwa pekerjaan polisi itu sepele. Bahkan, di mata masyarakat, polisi sering memiliki citra yang kurang menyenangkan. Terlepas dari anggapan masyarakat yang demikian, para polisi ternyata mempunyai dedikasi yang tinggi untuk pekerjaannya, lho.

Menjelang Lebaran hingga setelahnya saat arus balik, banyak petugas polisi yang berjaga mengamankan, terutama polisi lalu lintas. Anda pasti tahu kan, bagaimana kondisi jalanan Indonesia saat musim mudik tiba.

Sama halnya dengan polisi, tentara juga tidak mendapatkan cuti di hari Lebaran, loh. Mereka tetap harus menjalankan tugas negara untuk menjaga keamanan negara. Jika semua tentara mendapatkan cuti, keamanan negara akan lemah dan rawan diserang negara lain.

Satu lagi unit keamanan yang juga tidak mendapatkan libur Lebaran, yaitu satpam. Ketika gedung atau perumahan berada dalam keadaan kosong, kejahatan rawan terjadi. Untuk mengamankan rumah dan gedung-gedung perkantoran, satpam pun harus lembur saat libur Lebaran tiba.

2. Petugas Medis

Entah itu hari Lebaran atau tidak, orang sakit akan tetap ada. Oleh karena itu, petugas medis, baik dokter, perawat, dan yang lainnya tetap standby di rumah sakit. Mereka harus siap sedia membantu pasien yang datang ke rumah sakit.

Sebagian petugas medis memang ada yang mendapatkan jatah libur, tetapi tentu tidak sebanyak jatah libur pegawai yang lainnya. Belum lagi, mereka juga harus berganti shift dengan rekan sesama petugas medis.

3. Penyedia Jasa Transportasi

Nah, kalau pekerjaan yang satu ini, mustahil untuk mendapatkan cuti Lebaran. Seperti yang kita tahu bersama, menjelang Lebaran, masyarakat berbondong-bondong pulang ke kampung halaman. Sebagian besar pemudik menggunakan alat transportasi umum, seperti bus, kereta, pesawat, dan kapal. Pegawai transportasi justru sedang sibuk-sibuknya melayani pemudik. Bagaimana mungkin mereka libur?

Tidak hanya supir, pilot, atau nahkodanya saja yang tidak mendapatkan jatah libur. Semua pekerjaan yang berkaitan dengan jasa transportasi umumnya tidak mendapatkan libur Lebaran. Bahkan, penjaga palang kereta api pun tidak libur saat Lebaran tiba.

pegawai yang tidak libur lebaran

4. Jurnalis

Demi menyediakan berita-berita terkini seputar arus mudik, perayaan malam takbir, pelaksanaan Sholat Ied, dan lainnya, jurnalis atau wartawan harus tetap bekerja meski liburan tiba. Berprofesi menjadi jurnalis membuat mereka masih harus berada di lapangan dan di depan layar komputer untuk menulis sebuah berita.

5. Pegawai Pusat Perbelanjaan dan Tempat Rekreasi

Mereka yang bekerja sebagai pegawai mal, restoran, dan tempat rekreasi pun tidak mendapatkan jatah libur lebaran. Saat Lebaran tiba, orang-orang tetap ingin berbelanja dan liburan. Alhasil, jatah liburan pegawai pusat perbelanjaan dan tempat rekreasi pun tidak sebanyak karyawan biasa. rata-rata hanya mendapat libur 1 – 2 hari.

6. Petugas SPBU

Bagaimana jika petugas SPBU libur? Wah, Anda mungkin akan kesulitan mencari bahan bakar untuk kendaraan Anda. Akibatnya, Anda mungkin tidak bisa ke mana-mana selama lebaran. Perjalanan mudik dan balik pun terganggu. Inilah alasan mengapa petugas SPBU tidak mendapatkan jatah libur selama lebaran.

7. Petugas Kebersihan

Bekerja menjadi petugas kebersihan membuat mereka harus siap sedia kapan pun dibutuhkan. Pekerjaan yang jarang sekali mendapat perhatian publik ini ternyata tidak mendapatkan libur selama lebaran loh. Oleh karena itu, untuk meringankan pekerjaan para petugas kebersihan, mari kita lebih baik dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Ya, tugas tujuh profesi ini memang tidak bisa ditinggalkan. Mereka memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat. Meski harus mengurangi waktu keluarga, mereka tetap teguh melakukan pekerjaannya.

Untuk kita yang mendapatkan waktu libur panjang saat lebaran, manfaatkanlah sebaik mungkin. Karena tidak semua orang beruntung seperti kita.

Artikel Seru:

  1. Tidak Bisa Mudik? Ini Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Jakarta!

2. Baju Lebaran VS Tahun Ajaran Baru

3. Seperti Apa Makna Mudik bagi Anak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *