Banner Header Tanya Ahli SOP

Malas Ajak Anak Saat Belanja? Baca Ini Supaya Tidak Menyesal

Browse By

Siapa yang tidak pernah mengajak anak berbelanja? Hampir semua orangtua tentunya pernah mengajak anak berbelanja. Namun, tak sedikit ortu yang merasa kapok setelah mengajak anak berbelanja? Apalagi kalau bukan karena rengekan anak minta ini dan itu.

Eits, tapi jangan kapok dulu, Parents. Ternyata mengajak si kecil berbelanja memiliki segudang manfaat. Apa saja? Baca terus di artikel ini ya.

Kesempatan Melatih Anak Membaca dan Berhitung

Belanja tentunya menjadi hal yang menyenangkan bagi orangtua dan anak. Selain bisa memilih berbagai jenis barang, ternyata mengajak anak berbelanja juga bisa jadi kesempatan melatih kemampuan membaca dan berhitung anak.

Orangtua bisa melatih kemampuan ini dengan menunjuk aneka huruf dan angka yang tertera pada label harga barang. Misalnya, jika berbelanja di pasar swalayan , tanyakan pada si kecil berapakah harga kotak makan itu? Atau bisa juga menunjuk kata-kata yang tertera pada tiap barang.

Parents juga bisa melatih kemampuan berhitung anak dengan mengajaknya melihat perbandingan harga. Misalnya saat membeli barang ada dua produk dengan harga yang berbeda. Tanyakan pada anak harga manakah yang lebih murah.

Ajarkan Anak Mengenal Warna

Selain melatih kemampuan membaca dan berhitung, untuk anak-anak balita juga bisa jadi kesempatan mengenalkan warna-warna pada si kecil. Tunjuk salah satu buah atau sayur, dan perkenalkan warna nya pada si kecil. Belajar warna pun menjadi menyenangkan karena si kecil mempelajari warna-warna buah,sayur atau kotak makanan secara langsung.

Perkenalkan Aneka Sumber Vitamin dari Buah dan Sayur

Banyak hal yang bisa diajarkan saat mengajak si kecil berbelanja. Termasuk mengenalkan sumber vitamin dari buah dan sayur yang ada, serta apa saja manfaatnya bagi tubuh. Misalnya saat Parents membeli wortel, jelaskan pada si kecil, “ Mama beli wortel. Bagus banget buat kesehatan mata kita karena ada vitamin A .”

Belajar Bersosialisasi

Mengajak anak saat berbelanja juga sangat baik bagi perkembangan sosialnya. Anak jadi mudah bergaul dan tidak pemalu. Latih anak bersosialisasi saat Parents mengajaknya berbelanja.

Misalnya, saat mengajak anak berbelanja di pasar. Mintalah anak untuk menanyakan berapa harga bayam di salah satu pedagang. Anak juga bisa dilatih untuk bertanya pada SPG di supermarket mengenai barang yang ingin dibelinya.

Tumbuhkan Rasa Ingin Tahu Anak

Dengan mengajak anak berbelanja, orangtua bisa menumbuhkan rasa ingin tahu anak saat membandingkan harga. Misalnya, pancing rasa ingin tahu anak dengan bertanya, “Kenapa harga merk A lebih murah daripada merk B ya, Kak?” Dengan pertanyaan ini, dorong rasa ingin tahu anak dan latih anak untuk mencari tahu perbedaan kedua merek tersebut.

Melatih kecerdasan anak bisa dilakukan melalui satu aktivitas sederhana. Setidaknya terdapat 4 kecerdasan yang bisa dilatih Parents saat mengajak anak berbelanja.

Apa Saja Kecerdasan yang Dapat dikembangkan Dari Aktivitas Berbelanja?

  • Kecerdasan bahasa
  • Kecerdasan logika Matematika
  • Kecerdasan Interpersonal (berinteraksi dengan orang lain)
  • Kecerdasan Intrapersonal (keingintahuan anak akan sesuatu)

Melatih kecerdasan anak memang bisa melalui berbagai macam aktivitas sederhana. Salah satunya adalah mengajak anak berbelanja. Tentunya tidak hanya lewat berbelanja, aktivitas lain seperti memasak, bahkan berkebun bisa menjadi langkah awal mengembangkan kecerdasan anak. Nah, sudah siap untuk mengajak anak berbelanja bersama?

Baca Juga :

  1. Troli Belanja ‘Gudangnya’ Kuman Dan Bakteri
  2. Waspada Kecanduan Belanja Online Mengincar Para Ibu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *