Banner Header Promo Oktober

Troli Belanja ‘Gudangnya’ Kuman dan Bakteri

Browse By

Siapa sangka benda yang terlihat mengkilap dan bersih ternyata menyimpan banyak kuman dan bakteri. Benda tersebut adalah troli belanja. Dikutip dari Daily Mail, sebuah retailer online Reuse ThisBag.com menemukan keranjang belanja dan troli supermarket memiliki jumlah bakteri yang sangat banyak. Tidak tanggung-tanggung, jumlah bakteri yang ditemukan mencapai 361 kali lebih banyak dibandingkan pintu toilet.

Tak hanya itu, ilmuwan juga melakukan pengujian di empat jenis toko yang berbeda, yaitu toko kelontong, superstore, toko kelas atas, dan toko anggaran. Dari keempat toko tersebut, yang paling mewah adalah toko anggaran. Meskipun begitu, troli yang ada di toko tersebut tetap mengandung bakteri 270 kali lebih banyak dari pegangan toilet. Sementara Superstore secara mengejutkan menjadi toko yang paling bersih. Namun, troli di sana masih tetap mengandung bakteri sebanyak tiga kali lebih tinggi dari bakteri di meja dapur. Meski terbersih, tetap saja ada sedikitnya 29 persen bakteri yang mengancung bacillus. Bakteri ini sering sekali menyebabkan keracunan makanan.

Bakteri Penyebab Penyakit

Fakta yang lebih mengejutkan, tiga perempat dari troli belanja yang disurvei mengandung bakteri yang tergolong berbahaya, yaitu bakteri Escherichia coli (E. Coli), Salmonella, dan meningitis. Beberapa bakteri juga resisten terhadap antibiotik. Lalu, sebanyak 24 persen kuman yang ada pada troli teridentifikasi sebagai batang gram yang positif. Meski tidak begitu berbahaya, kuman permukaan ini bisa menyebabkan infeksi kulit.

Jangan Meletakkan Anak di Troli

Meletakkan anak di troli belanja lalu mendorongnya sambil berbelanja tentu sangat praktis dan mengasyikkan. Anak merasa senang dan para ibu pun bisa berbelanja dengan lapang. Akan tetapi, mengingat bahayanya, sebaiknya jangan meletakkan anak di troli belanja, apalagi jika Anda berbelanja dalam durasi yang lama. Anda bisa menitipkan anak pada suami. Jika terpaksa meletakkan anak di troli, sebaiknya lap dulu permukaan troli sampai bersih.

Dikutip dari tribunnews.com, pernah terjadi kasus seorang anak bernama Logan Wardrop yang berumur 11 bulan terinfeksi empat virus berbahaya sekaligus setelah didudukkan di troli belanja. Ibu Logan, Vivienne, sangat kaget dengan kondisi anaknya tersebut. Bayi Logan didiagnosis menderita infeksi saluran pencernaan (adenovirus), infeksi usus (rotavirus), tipes (salmonella), dan peradangan pada saraf dan juga tulang belakang (meningitis). Akibat virus ini, bayi logan terpaksa harus dirawat intensi selama 10 di rumah sakit.

 

2 thoughts on “Troli Belanja ‘Gudangnya’ Kuman dan Bakteri”

  1. Bradford Margulies says:

    I think you have mentioned some very interesting points, thanks for the post.

    1. School of Parenting says:

      Thank you 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *