Banner Header

Dari Minyak Kelapa Ke Rumput Fatimah, Benarkah Bisa Memperlancar Persalinan?

Browse By

Rasa cemas tentu sering Anda rasakan menjelang proses persalinan. Kecemasan utama yang sering dirasakan biasanya adalah apakah persalinan besok bisa lancar? Saking cemasnya, banyak usaha yang coba Anda lakukan demi lancarnya proses persalinan.

Mulai dari melakukan olahraga atau aktivitas anjuran dokter hingga menuruti mitos leluhur untuk mengkonsumsi minuman herbal dan berbagai makanan yang dianggap mampu memperlancar persalinan. Misalnya mengkonsumsi minyak kelapa yang dipercaya memudahkan persalinan karena tekstur minyak yang licin, hingga mengkonsumsi air rumput fatimah yang dipercaya merangsang rasa mulas agar persalinan menjadi lebih cepat. Benarkah demikian?

🤰 Benarkah Minyak Kelapa Bisa Memperlancar Persalinan?

Minyak kelapa memang memiliki tekstur yang licin, sehingga dianggap oleh para leluhur mampu mempermudah persalinan. Namun, kepercayaan ini hanyalah sebuah mitos.

Menurut medis, minyak kelapa sebenarnya tidak memiliki banyak manfaat dalam membantu proses persalinan. Akan tetapi, jika dengan meminum minyak kelapa Anda menjadi lebih tenang dan beranggapan bahwa persalinan akan lancar, tentunya hal ini masih boleh dilakukan.

🤰 Benarkah Mengkonsumsi Madu dan Telur Bisa Menambah Tenaga Saat Persalinan?

Meskipun madu sudah terkenal mengandung banyak manfaat, namun Ibu hamil tidak boleh sembarangan mengkonsumsinya. Sebaiknya madu hanya dikonsumsi bagi Ibu hamil dengan berat badan yang kurang karena madu mengandung karbohidrat yang tinggi. Sedangkan bagi Ibu hamil yang memiliki berat badan berlebih sebaiknya hindari mengkonsumsi madu, karena madu bisa semakin meningkatkan berat badan Anda.

Lalu bagaimana dengan telur? Ya, telur memang sangat baik dikonsumsi bagi Ibu hamil karena kandungan protein, vitamin B dan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan bayi. Namun telur yang dimaksud di sini adalah telur matang yang sudah diolah dan bukan telur mentah. Jadi, anggapan bahwa telur mentah + madu yang bisa memperlancar persalinan adalah mitos.

Menurut medis, berbagai bahan makanan mentah sebaiknya dihindari karena mampu membawa bakteri yang bisa membahayakan janin Anda.

🤰 Benarkah Makan Daun Kemangi Mempersulit Persalinan karena Ari-Ari Lengket?

Banyak yang beranggapan bahwa Ibu hamil yang mengkonsumsi daun kemangi akan mengalami persalinan yang sulit karena ari-ari lengket. Anggapan ini hanyalah mitos karena yang membuat ari-ari lengket adalah proses kuret yang pernah Anda alami. Jika Anda memiliki pengalaman kuret sebelumnya, sebaiknya lakukanlah persalinan di RS besar agar apabila terjadi hal yang serius, maka bisa segera ditangani dengan baik.

Makanan memperlancar persalinan

🤰 Benarkah Mengkonsumsi Air Rendaman Rumput Fatimah Bisa Memperlancar Persalinan?

Rumput Fatimah masih menjadi primadona di kalangan masyarakat untuk memperlancar proses persalinan, namun sebenarnya rumput fatimah cukup berbahaya bagi Ibu hamil dan janin. Sebuah penelitian di Malaysia pada tahun 1988, menemukan fakta bahwa rumput fatimah mengandung senyawa oksitosin. Senyawa oksitosin inilah yang mampu membuat Ibu hamil mengalami kontraksi dan akhirnya dipercaya oleh masyarakat mampu memperlancar persalinan.

Namun, belum ada penelitian selanjutnya terkait kandungan yang terdapat dalam rumput fatimah. Dilansir dari theasianparent, menurut dr. Ali Sungkar Sp.oG, apabila Ibu hamil mengkonsumsi rumput fatimah berlebihan, justru akan menyebabkan kontraksi hebat dan membahayakan janin yang dikandung. Terlebih jika penggunaanya hanya berdasarkan feeling atau tanpa takaran. Meskipun bisa saja diatasi dengan obat, namun hal ini tidak maksimal dan dikhawatirkan membuat bayi kekurangan oksigen.

Alih-alih mengkonsumsi rumput fatimah untuk memperlancar proses persalinan, sebaiknya lakukan induksi medis yang jauh lebih aman. Anda juga bisa melakukan cara yang lebih alami seperti melakukan aktivitas atau olahraga tertentu agar proses persalinan bisa lancar.

Berbagai mitos dan pendapat di kalangan masyarakat memang seringkali membuat Anda merasa bingung. Apalagi jika mitos tersebut sudah dipercaya secara turun-temurun oleh leluhur Anda.

Namun, sebagai Ibu yang cerdas sebaiknya selalu konsultasikan segala sesuatu yang akan dikonsumsi untuk memperlancar proses persalinan. Jangan sampai, makanan atau minuman yang Anda percaya mampu memperlancar persalinan justru membahayakan kesehatan janin yang ada di dalam kandungan.

Baca Juga:

  1. Makanan yang Dilarang Konsumsi Saat Hamil: Mitos Atau Fakta?
  2. Kata Siapa Operasi Caesar Gampang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *