Banner Header Komunitas SOP

Tips Simpan Makanan dengan Baik, Anti Busuk!

Browse By

Kebutuhan bahan makanan untuk keluarga memang sangat penting, sehingga banyak Ibu-Ibu yang berusaha menyimpan stok bahan makan dengan sebaik-baiknya agar tidak cepat busuk. Misalnya saja, stok telur, stok sayur mayur, daging, ikan dan stok buah-buahan. 

Beberapa Ibu, sudah berusaha sebaik mungkin untuk menyimpan bahan makanan tersebut dengan baik, namun tak jarang banyak bahan makanan yang sudah busuk sebelum diolah. 

Nah, beberapa tips simpan bahan makanan berikut ini perlu Anda coba, agar bahan makanan tidak mudah busuk loh!

Lebih Baik Disimpan di Lemari Pendingin 

  • Apel 🍎

Baru mengisi stok apel di rumah? Sebaiknya simpan apel Anda dalam lemari pendingin, tidak lebih dari 3 minggu. Meskipun lemari pendingin membuat buah dan sayur tetap segar, namun jika terlalu lama disimpan, buah dan sayur tersebut juga bisa saja membusuk.

  • Jeruk🍊

Sama seperti buah apel, sebaiknya simpan buah jeruk Anda di lemari pendingin tidak lebih dari 2 minggu. Buah jeruk memang lebih cepat membusuk dibandingkan buah apel bahkan setelah masuk lemari pendingin.

  • Alpukat Matang 🥑

Berbeda dengan buah apel dan jeruk yang bisa bertahan beberapa minggu di dalam lemari pendingin, buah alpukat yang sudah matang ternyata hanya bisa bertahan beberapa hari dalam lemari pendingin. Sebaiknya simpan buah alpukat tidak lebih dari 4 hari agar tidak busuk. 

  • Macam-Macam buah Berry🍓

Buah strawberry, blueberry, atau blackberry memang sangat nikmat jika dinikmati dalam keadaan dingin, atau segera setelah keluar dari lemari pendingin. 

Nah, tapi berbagai macam buah berry tersebut sebaiknya disimpan dalam lemari pendingin tidak lebih dari 5 hari agar tidak membusuk. 

  • Wortel 🥕

Sayuran wortel rasanya bahan makanan wajib bagi MPASI anak nih. Bahan makanan apa saja cukup cocok jika dikombinasi dengan wortel untuk menu MPASI anak. Hal inilah yang membuat para Ibu banyak sekali membeli wortel untuk stok. 

Nah, agar wortel tidak mudah busuk, sebaiknya simpan wortel di dalam lemari pendingin tidak lebih dari 3 minggu untuk menjaganya tetap segar ketika ingin Anda olah. Sebaiknya simpan wortel ini di dalam tempat khusus sayur di dalam lemari pendingin. 

  • Kembang Kol

Sama seperti wortel, kembang kol juga sebaiknya disimpan di dalam lemari pendingin tidak lebih dari 5 hari. Ya, kembang kol ini memang lebih cepat busuk, bahkan saat Anda sudah menyimpannya dalam lemari pendingin. Jadi, segera olah kembang kol dan jangan menyimpannya terlalu lama. 

  • Seledri

Seledri adalah jenis sayur yang tidak tahan lama bahkan setelah Anda simpan dalam lemari pendingin. Setidaknya, simpan seledri tidak lebih dari 2 hari, untuk menjaganya tetap segar saat diolah.

  • Cabai🌶️

Sebaiknya simpanlah cabai di dalam lemari pendingin agar awet dan tetap segar. Namun, ingat jangan mencucinya terlebih dahulu. Cukup cuci saat akan digunakan. 

Sebelum menyimpan cabai di lemari pendingin, petik dulu tangkainya, lalu siapkan wadah yang sudah dialasi oleh tisu, letakkan cabai di wadah tersebut, lalu masukkan 2-3 bawang putih yang sudah dikupas dalam wadah. Tutup wadah rapat-rapat, baru masukkan ke lemari pendingin. 

Tips simpan makanan agar tidak busuk

Sebaiknya Tidak Disimpan Di Lemari Pendingin

  • Melon 🍈

Apakah Anda memiliki buah melon yang belum matang? Nah, sebaiknya jangan simpan buah melon yang belum matang di dalam lemari pendingin. Menyimpan buah melon yang belum matang di lemari pendingin hanya akan menghilangkan antioksidan dalam buah melon. 

Sebaiknya simpan buah melon yang belum matang di luar lemari pendingin tidak lebih dari 5 hari. Segera konsumsi, setelah lewat dari 5 hari. 

  • Buah Pisang🍌

Senang menyimpan buah pisang di dalam kulkas dan berharap bahwa buah pisang tidak cepat busuk saat masuk lemari pendingin? Wah, sepertinya dugaan Anda salah, karena buah pisang justru lebih segar ketika disimpan di luar lemari pendingin. 

Seorang ahli fisiologi, Dr. Jeffrey Brecht dilansir dari hellosehat.com, mengungkapkan bahwa jenis buah tropis seperti buah pisang sebaiknya disimpan di luar lemari pendingin. Hal ini karena, buah tropis biasanya sangat sensitif dengan suhu dingin, sehingga tak jarang kulit buah pisang berubah warna menjadi kecoklatan setelah beberapa jam di dalam lemari pendingin.

  • Alpukat Mentah🥑

Sebaiknya jangan simpan buah alpukat yang masih mentah di dalam lemari pendingin karena hanya akan memperlambat proses kematangannya. Saat buah alpukat masih mentah, cukup simpan di luar lemari pendingin. Baru setelah matang dan Anda belum mau mengkonsumsinya, boleh masuk lemari pendingin.

  • Tomat🍅

Banyak dari kita mengira bahwa tomat sebaiknya disimpan dalam lemari pendingin, padahal menyimpan tomat dalam lemari pendingin hanya akan memperlambat kematangannya dan membuat teksturnya menjadi lebih lembek. 

Penelitian dari Universitas Florida membuktikan bahwa, dengan menyimpan tomat dalam lemari pendingin justru mengurangi aktivitas gen yang menyebabkan buah tomat menghasilkan enzim pembuat rasa manis dan aroma segar. Maka dari itu, sebaiknya simpan tomat di luar lemari pendingin agar tingkat kematangan dan rasanya tidak berubah. 

Baca juga:

  1. Apakah Ibu Harus Bisa Masak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *