Banner Header Komunitas SOP

Waspada Perlu, Takut Jangan! Corona Mudah Menginfeksi Orang Tertentu

Browse By

Wabah virus Corona membuat kita semua merasa khawatir. Hari demi hari, individu yang terinfeksi virus Corona semakin bertambah banyak. Hingga pemerintah menghimbau semua warga Indonesia untuk mulai bekerja, belajar dan beribadah di rumah serta yang paling penting adalah menghindari banyak kerumunan. Langkah ini perlu dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi virus ini semakin menyebar. 

Meskipun kita harus waspada dan melakukan langkah social distancing, namun kita tak perlu terlalu khawatir apalagi takut. Pasalnya, virus Corona hanya menginfeksi orang-orang tertentu. 

Lalu, siapa saja sih yang memiliki risiko tinggi terinfeksi virus Corona?

Orang berusia lanjut, memiliki resiko tinggi terinfeksi virus corona!

Menurut data dari pusat pengendalian dan pencegahan penyakit di China, orang-orang yang paling beresiko tinggi terinfeksi virus corona adalah mereka yang berusia 60-80 tahun ke atas. Khusus bagi seseorang yang berusia 80 tahun ke atas, memiliki riwayat penyakit paru-paru dan seorang perokok, tercatat 14,8% memiliki resiko tinggi terinfeksi virus corona. 

Orang dengan riwayat penyakit tertentu beresiko tinggi terinfeksi virus Corona! 

Virus Corona tidak hanya mudah menginfeksi seseorang yang berusia lanjut, tapi juga mudah menginfeksi seseorang dengan riwayat penyakit tertentu sebelumnya. Menurut data dari pusat pengendalian dan pencegahan penyakit di China, seseorang dengan riwayat penyakit Kardiovaskular sangat rentan terhadap virus Corona ini. 

Bukan hanya riwayat penyakit kardiovaskular, seseorang yang memiliki riwayat penyakit lain seperti diabetes, penyakit pernapasan kronis, tekanan darah tinggi abnormal, dan kanker juga memiliki resiko tinggi terhadap virus Corona.

Apakah ada yang sembuh dari virus corona ini?

Meskipun sampai saat ini belum ditemukan anti-virus Corona, namun tingkat individu yang sembuh dari virus ini tercatat cukup tinggi. Menurut data dari Universitas John Hopkins, tercatat ada sekitar 56,6% individu yang sembuh, 40% yang mulai terinfeksi dan hanya sekitar 3,5% individu yang meninggal akibat virus corona ini. Artinya, tingkat kesembuhan seseorang dari virus Corona ini cukup tinggi, yaitu lebih dari 50% orang. 

orang beresiko infeksi Corona

Apa yang perlu kita lakukan?

  • Lakukan langkah social distancing
  • Jaga kebersihan diri dan lingkungan dengan sering mencuci tangan
  • Segera konsultasi pada dokter jika merasakan gejala batuk, pilek, demam dan sesak napas
  • Tetap waspada tapi tak perlu terlalu takut

Hal yang paling penting dalam menangkal virus Corona adalah dengan melakukan social distancing dan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Sebaiknya, kita tidak perlu terlalu takut dengan wabah virus corona ini, namun tetap berusaha untuk waspada mulai dari sekarang!

Baca Juga:

  1. Jangan Percaya! Ini Mitos-Mitos Corona Virus
  2. Jangan Takut!! Yuk, Usir Stress Akibat Corona Virus!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *