contact@schoolofparenting.id
(+62) 859 - 5025 - 6739
×
MASUK DAFTAR MEMBER
Media Belajar Partnership
contact@schoolofparenting.id (+62) 859 - 5025 - 6739
Apa itu Empati? Pentingnya Mengajarkan Empati Pada Anak

20 Februari 2018

Anak-anak yang berusia di bawah 7 tahun biasanya memiliki sifat ke-aku-an (ego) yang lebih dominan. Hal ini sangat wajar. Anak-anak sering belum bisa mengenali perasaannya sendiri, apalagi perasaan orang lain. Akan tetapi, ketika semakin besar dan umur anak-anak bertambah, harusnya anak mulai punya rasa empati. Sikap keakuan yang dimiliki si anak harusnya bisa diubah menjadi sikap peduli terhadap orang lain.

Apa itu Empati?

Empati bisa diartikan sebagai sebuah kemampuan untuk memahami situasi dan perasaan yang dialami orang lain kemudian meresponnya dengan perilaku positif. Berbeda dengan simpati yang hanya berupa ketertarikan semata dan tidak diikuti dengan tindakan secara emosional. Menurut Alzena Masykouri, Psikolog anak dari Klinik Kancil, empati adalah suatu sikap prososial yang seharusnya dimiliki setiap orang. Keterampilan ini tentu tidak datang tiba-tiba. Anak-anak harus dilatih sedini mungkin.

Seperti Apa Peran Orang Tua?

Peran orangtua sangat penting dalam menumbuhkan sikap empati pada buah hati mereka. Sayangnya, tak banyak orangtua yang benar-benar menyadari perannya dalam menumbuhkan sikap empati pada anak

Contact Us School of Parenting
×

Info Masa Keanggotaan

Perpanjang Paket