Banner Header Komunitas SOP

Biasakan Membaca Sesuai Usia, Gimana sih Caranya?

Browse By

Membiasakan anak membaca memang penting dilakukan sejak dini. Meskipun banyak orangtua yang berpikir bahwa anak masih sangat dini untuk bisa membaca, namun mengenalkan anak dengan buku atau kebiasaan membaca justru sangat membantu anak untuk  mencintai dunia membaca. 

Lalu bagaimana ya caranya membiasakan anak membaca sesuai usia anak? Beberapa tips berikut ini bisa Anda coba lho di rumah bersama anak. 

Tips Membaca Sesuai Usia Anak

Usia 6 bulan

📚 Bagi Parents yang memiliki anak usia 6 bulan maka kenalkan dulu si kecil dengan buku dan bacaan. Mulailah membacakan buku cerita setiap hari. Meskipun anak belum mengerti apa yang Anda baca, namun si kecil akan mulai terbiasa dengan buku dan bacaan. 

📚 Pilihlah buku cerita anak yang penuh dengan gambar dan berwarna-warni untuk menarik perhatian anak Anda yang baru berusia 6 bulan.

📚 Bacakan anak buku setiap kali Anda memiliki kesempatan untuk membacakan buku. Misalnya, sebelum si kecil tidur, saat sedang menunggu antrian, saat sedang menunggu makanan siap dan lain sebagainya. Pada usia ini, yang terpenting adalah mencoba mengenalkan si kecil pada buku dan bacaan terlebih dahulu. 

Usia 6 Bulan-12 Bulan

📚 Pada usia ini, si kecil sangat senang sekali memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya. Oleh karena itu, sebaiknya Parents memberikan buku dengan jenis kertas yang tebal (board books), buku yang terbuat dari bahan kain (vinyl) agar lebih aman dan terhindar dari resiko tertelan kertas.

📚 Masih sama seperti sebelumnya, pada saat si kecil memasuki usia 6 bulan sampai 12 bulan, jadikan kebiasaan membaca sebagai salah satu aktivitasnya dalam sehari. 

Bisa saat sebelum tidur siang dan sebelum tidur malam. Pilihlah buku cerita yang menarik perhatian anak agar ia mulai tertarik dengan buku dan aktivitas membaca.

Usia 1 Tahun -2 Tahun 

📚 Pada usia 1 tahun – 2 tahun, anak-anak mulai belajar untuk mengucapkan sepatah dua patah kata dan mulai merangkainya dalam kalimat, sehingga Parents perlu aktif bertanya pada anak dengan media buku. Mulailah bertanya pada si kecil misalnya, “Kucing yang mana sih, Dek?”.

Pertanyaan yang Anda ajukan pada si kecil tentang isi buku akan membuatnya berinteraksi dengan teks-teks dalam buku. Pada tahapan ini, Parents bisa bertanya sambil menjelaskan pada anak mengenai bacaan dalam buku.

📚 Pada usia 1 tahun -2 tahun, Parents mulai melihat ketertarikan anak pada buku tertentu. Jadi, jangan kaget jika Anda mulai bosan membacakan buku tertentu berulang kali pada anak, karena kemungkinan dari sekian banyak buku yang si kecil miliki hanya 1 atau 2 buku yang menjadi favoritnya. 

cara biasakan anak membaca sesuai usia anak

Usia 2 Tahun – 3 Tahun

📚 Pada usia ini, anak mulai menguasai banyak kosa kata dari buku-buku yang ia eksplore sebelumnya. Jadi jangan kaget jika si kecil mulai berlagak seperti putri atau raja dan tokoh-tokoh lain yang selalu Anda ceritakan padanya melalui buku. 

📚 Tidak ada salahnya loh, mengganti salah satu tokoh dalam buku dengan nama anak. Pada usia 2-3 tahun, Parents mulai bisa mengajarkan berbagai hal melalui buku. Misalnya, melatih kemandirian anak melalui cerita, atau belajar mengatasi rasa iri pada saudara.

Mengajarkan atau melatih anak tentang sesuatu akan lebih menyenangkan jika dilakukan dengan media tertentu. Salah satunya adalah buku. Selain akan lebih menarik, mengajarkan anak melalui media buku akan membuat anak mudah memahami sesuatu.

Usia 3 Tahun – 4 Tahun

📚 Pada usia ini sebaiknya sediakan berbagai macam buku dalam rak buku si kecil di rumah. Tentunya, sesuaikan buku dengan rating umur anak. Misalnya pada usia 3 tahun- 4 tahun, penuhi rak buku anak dengan buku-buku yang memiliki banyak gambar dengan sedikit teks. Topik buku yang bisa Anda pilihkan untuk anak adalah topik seputar kehidupan sehari-hari. Misalnya bagaimana belajar mandiri, bagaimana belajar untuk berbagi, dsb.

📚 Melatih kebiasaan anak untuk membaca bisa juga Parents lakukan dengan membuatkan kartu perpustakaan untuk anak. Anak akan sangat bahagia jika ia memiliki kartu keanggotaan perpustakaan sendiri. Jangan lupa ajak anak ke perpustakaan tersebut setidaknya seminggu sekali. Biarkan ia mengeksplorasi berbagai buku bacaan untuk anak-anak di perpustakaan tersebut. 

Usia 4 Tahun – 5 Tahun

📚 Pada usia ini, anak-anak terkadang sudah sangat sulit untuk diminta tidur siang, sehingga jika Anda ingin membiasakan anak untuk membaca, maka berikan saja anak buku di waktu tidur siangnya untuk menyegarkan pikiran anak.

📚 Pada usia ini, anak-anak mulai suka membaca buku sendiri. Maka biarkan ia mengeksplor buku-buku anak sendiri. Sebaiknya jangan paksa anak untuk membaca karena membaca seharusnya dilakukan dengan menyenangkan bukan?

Kebiasaan membaca memang perlu ditanamkan pada anak sejak dini. Beberapa tips di atas bisa Anda gunakan untuk menanamkan kebiasaan membaca pada anak sesuai usianya.  

Baca juga:

  1. Buku Juga Ada “Rating Umurnya” Loh!
  2. Begini Cara Mudah Mengajari Anak yang Telat Membaca

Rekomendasi Kelas Online Bersama Ahli : Dian Inayatullah Yafie, M.Psi., Psikolog

  1. Menanamkan Kebiasaan Membaca Pada Anak Usia Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *