Banner Header Tanya Ahli SOP

Persiapkan “Tameng”, Berikut Daftar Pertanyaan yang Menyinggung Perasaan Saat Lebaran!

Browse By

Hari raya Idul Fitri selalu membawa kegembiraan bagi semua orang. Setelah sebulan penuh umat muslim berpuasa, maka kini tiba saatnya hari kemenangan di mana semua orang berkumpul bersama dengan keluarga dan sanak saudara.

Momen hari raya Idul Fitri pun digunakan oleh semua orang untuk saling bermaaf-maafan sambil bersilaturahmi antar saudara.

Sayangnya, momen kebahagiaan tersebut seringkali dihiasi hal-hal yang menyinggung perasaan beberapa orang karena berbagai pertanyaan yang terkesan sangat pribadi. Misalnya, banyak yang bertanya pada Anda, “Kapan nih punya anak?”

Pertanyaan tersebut mungkin nampak wajar bagi kebanyakan orang, namun bisa menjadi cukup menyinggung jika didengar oleh pasangan yang memang sudah lama belum dikaruniai momongan.

Nah, jika Anda salah satu orang yang pernah mengalami kondisi tersebut, tentunya ingin tahu dong kira-kira pertanyaan apa lagi sih yang akan menyinggung perasaan Anda saat lebaran nanti? Berikut ini daftarnya untuk Anda:

Daftar Pertanyaan Paling Menyinggung Saat Lebaran  

🕌 Kapan Punya Anak?/ Kapan Punya Anak Lagi?

Ya, pertanyaan ini termasuk dalam daftar pertanyaan yang paling menyinggung saat lebaran. Khususnya bagi pasangan yang sudah menikah cukup lama tapi belum juga dikaruniai anak. Pertanyaan tersebut bisa cukup menyinggung pasangan karena tidak semua orang tahu bahwa sudah banyak usaha yang dilakukan pasangan agar bisa dikaruniai anak. Terlebih, sudah banyak sekali orang yang bertanya hal yang sama pada pasangan.

Tak hanya bertanya kapan memiliki anak, pertanyaan lain seputar anak misalnya, “kapan menambah momongan?” juga bisa menyinggung pasangan. Terlebih jika banyak yang berspekulasi bahwa lebih baik segera menambah momongan sebelum bertambah usia.  

🕌 Kamu Gemukan Ya?

Daftar pertanyaan paling menyinggung saat lebaran selanjutnya adalah jika ada yang mengatakan “Kamu gemukan ya?”. Pertanyaan tersebut bisa sangat menyinggung perasaan, khususnya bagi perempuan. Pasalnya, hampir semua wanita selalu ingin nampak cantik dan terlihat proporsional di depan banyak orang. Apalagi, di hari raya di mana semua keluarga dans audara berkumpul.

daftar pertanyaan yang ditanyakan saat lebaran

🕌 Kok Kerja Lagi? Anak, Siapa Yang Mengurus?

Pertanyaan berikutnya yang paling menyinggung saat lebaran adalah “Kok kerja lagi? Anak siapa yang mengurus?”. Meskipun beberapa orang bertanya hanya untuk basa-basi tapi hal tersebut bisa sangat menyinggung perasaan, terlebih jika keputusan Anda bekerja lagi sempat ditentang oleh mertua atau keluarga. Ibaratnya, seperti mengungkit permasalahan yang sudah lama dipendam.

🕌 Kenapa Tidak Kerja Lagi?

Pertanyaan seperti “Kenapa tidak kerja lagi?”, juga dikategorikan sebagai salah satu daftar pertanyaan yang menyinggung perasaan seseorang saat lebaran loh.

Bagi beberapa Ibu, hal ini seperti menaruh garam di atas luka. Pasalnya, beberapa Ibu mungkin terpaksa meninggalkan pekerjaannya karena ditentang oleh suami dan orangtua. Bayangkan saja betapa sedih, dan kecewanya perasaan Ibu tersebut jika mendengar pertanyaan ini?

🕌 Sudah Kerja Belum?

Pertanyaan seperti “Sudah kerja belum?”, juga termasuk salah satu daftar pertanyaan yang menyinggung perasaan seseorang saat lebaran. Nah, pertanyaan ini biasanya ditujukan bagi anak-anak muda yang baru saja lulus kuliah tapi belum juga mendapat pekerjaan. Terlebih, jika pertanyaan tersebut diikuti dengan olok-olokan seperti:

  • “Makanya, kamu tidak usah kuliah tinggi-tinggi!”
  • “Kamu sih, pilih-pilih pekerjaan!”
  • “Kamu sih penakut, tidak mau cari pekerjaan di luar kota!”

🕌 Kenapa Sih Kuliah Lagi?

Kerja salah, kuliah lagi juga salah. Kira-kira inilah yang mungkin dirasakan bagi Anda yang memilih untuk kuliah lagi demi meningkatkan kesempatan karir yang lebih baik.

Ya, pertanyaan “Kenapa sih kuliah lagi?” bisa cukup menyinggung seseorang saat lebaran. Apalagi jika diikuti dengan cibiran seperti:

  • “Kan kamu sudah bekerja,ninggalin anak,masih ditambah kuliah lagi,anak sama suami siapa yang urus?”
  • “Kamu tidak takut gak dapat jodoh? Nanti yang mau dekat takut karena melihat pendidikanmu yang tinggi.”

🕌 Mana Nih Calonnya?

Daftar pertanyaan menyinggung perasaan saat Lebaran berikutnya adalah “Mana nih calonnya?”. Biasanya, pertanyaan ini sering sekali ditanyakan bagi seseorang yang sudah memiliki pekerjaan namun belum juga memiliki calon pasangan. Nah, pertanyaan ini juga sangat menyinggung perasaan loh, apalagi bagi seseorang yang sudah cukup dewasa tapi belum juga memiliki calon pasangan.

🕌 Kapan Nikah?

Nah, pertanyaan yang paling banyak ditanyakan saat Lebaran nanti adalah “Kapan nikah?”.  Terlebih jika pertanyaan tersebut diikuti dengan kalimat-kalimat yang terkesan membandingkan antara saudara. Misalnya, “Kapan nih nikah? Tuh adeknya sudah duluan”, “Kapan nih nikah? Masak kalah sama si A” “Nikah dong. Masak tidak mau ngasih cucu sama orangtua?”

Di hari Lebaran nanti pasti akan ada saja pertanyaan atau pernyataan yang bisa menyinggung perasaan Anda. Sebaiknya, hindari terlalu memikirkan hal tersebut. Anggap saja berbagai pertanyaan tersebut sebagai salah satu cara sanak saudara untuk memperhatikan Anda.

Ingat, bahwa hari raya Idul Fitri adalah kesempatan Anda untuk saling memaafkan satu sama lainnya.

Baca juga:

  1. Seperti Apa Makna Mudik Bagi Anak?
  2. Kegiatan Seru yang Hanya Anda Saat Lebaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *