contact@schoolofparenting.id
(+62) 859 - 5025 - 6739
×
MASUK DAFTAR MEMBER
Media Belajar Partnership
contact@schoolofparenting.id (+62) 859 - 5025 - 6739
Viralisasi Video Kekerasan Anak; Membantu atau Mengganggu?

06 Maret 2018

Di era digital, sebuah informasi bisa meluas begitu cepat dengan bantuan media sosial. Konten-konten yang berisi info menarik, berita-berita lucu, atau hal-hal yang menyentuh hati sering kali mendapatkan angka share yang banyak. Jika informasi itu benar (bukan hoaks), mungkin info tersebut bisa membantu yang lainnya. Akan tetapi, bila ada informasi berupa video kekerasan yang menyangkut anak-anak, apakah itu juga layak disebarluaskan?

Beberapa kali, mungkin kita secara tidak sadar membagikan video tersebut dengan harapan agar pelaku kekerasan mendapatkan pelajaran seberat-beratnya atau hanya sekedar bentuk empati. Tidak ada maksud buruk apa pun ketika membagikan video tersebut. Ini murni bentuk empati yang bisa kita lakukan untuk mencari keadilan. Akan tetapi, benarkah hal tersebut?

Beberapa waktu yang lalu, hati kami ikut teriris ketika melihat video kekerasan yang menimpa bocah laki-laki berusia sekitar empat tahun. Dalam video tersebut, tampak bocah tersebut masih mengenakan seragam dan diinterogasi oleh beberapa orang dewasa tentang luka dan memar-memar yang ada di tubuhnya. Sang bocah pun dengan polos dan takut-takut menjawab “Bunda”. Sangat sedih memang. Akan tetapi, saya tidak ikut membagikannya.

Contact Us School of Parenting
×

Info Masa Keanggotaan

Perpanjang Paket