Banner Header Promo Oktober

Quality Time Activity: Walking Water Pelangi

Browse By

Bermain atau melakukan aktivitas tertentu bersama anak memang sangat menyenangkan ya, Parents. Disamping menambah kedekatan dengan anak, Parents juga bisa melepas penat karena padatnya aktivitas pekerjaan selama satu minggu. Apalagi jika permainan tersebut bisa menambah wawasan si kecil.

Lalu permainan atau aktivitas apa sih yang bisa menambah wawasan si kecil? Bagaimana kalau kita buat “Walking Water Pelangi” bersama dengan si kecil. Apa sih itu?

Sesuai dengan namanya, kita akan membuat air seolah-olah berjalan, dari satu gelas ke gelas lainnya. Nah, agar lebih menyenangkan dan terlihat oleh si kecil, jangan lupa untuk memberi air di masing-masing gelas dengan pewarna makanan.

Daripada tambah penasaran, yuk kita mulai saja membuat “Walking Water Pelangi”. Berikut bahan dan cara membuatnya:

Bahan:
  1. 7 gelas plastik bening / transparan
  2. Air secukupnya
  3. Pewarna makanan (Biru, Merah, dan Kuning)
  4. 6 lembar tisu makan

Cara Membuat:
  1. Letakkan 7 gelas plastik bening secara berderet. Isi gelas ke 1, 3, 5 dan 7 dengan air, kira-kira mencapai ½ dari tinggi gelas. Biarkan gelas ke 2, 4 dan 6 kosong.
  2. Masukkan pewarna makanan “merah” pada gelas ke 1 dan ke 7, pewarna makanan “biru” pada gelas ke 3, dan pewarna makanan “kuning” pada gelas ke 5. Sisihkan.
  3. Ambil 6 lembar tisu makan dan lipat masing-masing menjadi persegi panjang. Setelah berbentuk persegi panjang, lipat lagi masing-masing tisu menjadi 2 bagian.
  4. Ambil satu tisu yang sudah dilipat, masukkan ujung-ujungnya di masing-masing gelas. Lakukan hal yang sama dengan tisu yang lainnya.
  5. Tunggulah beberapa jam hingga air meresap pada tisu.
  6. Minta si kecil untuk mengamati perubahan apa saja yang terjadi.

Agar lebih jelas, simak tutorial video berikut ini:

Banyak hal yang bisa dipelajari oleh anak dari aktivitas kali ini Parents. Beberapa diantaranya yaitu:

  1. Si kecil bisa belajar nama-nama warna
  2. Anak belajar bahwa air memiliki sifat mudah meresap melalui media tertentu, misalnya tisu.
  3. Anak belajar perubahan warna atau pencampuran warna-warna primer (merah, biru dan kuning) menjadi warna sekunder, yaitu hijau, orange dan ungu.
  4. Anak belajar bahwa, jika warna merah dan biru dicampur maka akan berubah menjadi warna ungu. Begitu pula dengan warna biru dan kuning tercampur akan berubah menjadi hijau, serta jika warna merah dan kuning tercampur akan menjadi warna orange.

Nah, aktivitas kali ini banyak membutuhkan bimbingan dari orang tua agar wawasan atau pengetahuan yang ingin disampaikan pada anak bisa diterima lebih mudah. Untuk itu mintalah anak untuk memperhatikan perubahan apa saja yang terjadi setelah melakukan aktivitas ini.

Biarkan anak mengeksplorasi apa saja yang sedang dilihat. Cara seperti ini berguna untuk melatih anak berpikir kritis. Anda bisa mengajukan berbagai pertanyaan untuk membantu anak berpikir kritis, misalnya warna apa saja yang kamu lihat? Apa yang terjadi dengan tisu ini? Perubahan apa yang terjadi dengan gelas kosong ini?

Bagaimana, cukup mudah dan edukatif bukan? Tunggu apa lagi, segera ambil gelas plastik kosong dan pewarna makanan dan mulailah belajar warna bersama anak dengan cara yang lebih fun.

Baca juga quality time lainnya:

  1. Quality Time Activity: Bunga Warna – Warni
  2. Quality Time Activity: Gantungan Pintu Natal dari Gelas Plastik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *