Banner Header Promo OVO SOP

“Setiap Keluarga Punya Rahasia”: Ulasan Film NKCTHI

Browse By

“Setiap Keluarga Punya Rahasia.”

Apa jadinya jika sebuah keluarga yang kelihatan biasa saja dan normal di luar, ternyata memiliki beragam konflik dan rahasia-rahasia.

Bisa jadi setiap keluarga pernah mengalami cerita serupa. Sama seperti cerita Angkasa, Aurora, dan Awan. Tiga bersaudara yang hidup di tengah keluarga dengan segala konflik dan ceritanya di film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” (NKCTHI).

Diadaptasi dari buku best seller –yang lebih seperti buku kumpulan kutipan–  karya Marchella FP dengan judul sama, NKCTHI sukses menghadirkan rasa ingin tahu, akan seperti apakah filmnya? 

Pemeran dari tokoh-tokoh di film tersebut pun jelas punya track record yang gemilang dalam perfilman Indonesia. Sebut saja Rio Dewanto sebagai Angkasa (si sulung), Sheila Dara sebagai Aurora (si anak tengah), dan Rachel Amanda sebagai Awan (si bungsu). Belum lagi beberapa nama senior seperti Susan Bachtiar, Oka Antara hingga Donny Damara yang menambah kualitas film NKCTHI.

Film NKCTHI arahan sutradara Angga D. Sasongko merupakan film yang sangat lekat dengan kehidupan keluarga. Konflik yang muncul di film NKCTHI cukup relate dengan apa yang dirasakan oleh banyak penontonnya.

Melalui film NKCTHI, ditunjukkan betapa peran pola asuh kedua orang tua sangat mempengaruhi kehidupan anak-anak. Sosok Ayah yang selalu merasa bertanggung jawab atas kebahagiaan setiap anggota keluarga. Apa yang diyakini Ayah membuatnya melakukan berbagai cara yang ia pikir membawa dampak baik.

“Jangan pernah tinggalkan adik-adikmu, mereka adalah tanggung jawabmu!”

Sebuah pesan dari Ayah kepada anak sulungnya ini dan membuat Angkasa memiliki beban yang lebih dari adik-adiknya. Ia selalu harus mendahulukan kepentingan adik-adiknya, ini berimbas kepada kehidupan pribadi Angkasa menjadi nomor kesekian.

Bukan hanya Angkasa yang merasa tertekan dan tak bahagia. Aurora, Awan bahkan Ibu juga merasa tertekan dengan semua “aturan” yang dibuat oleh Ayah. “Aturan” yang menurut Ayah akan membuat semua anggota keluarga bahagia ini ternyata justru semakin membuat anak-anak mencari celah untuk menemukan “kebahagiaan” mereka sendiri. Tentunya, dengan cara yang berbeda dengan “aturan” Ayah dalam keluarga.

Konflik di tengah keluarga ini semakin menjadi ketika si anak bungsu merasa bahwa ia terlalu dikekang dan terlalu dilindungi. Sampai-sampai, dalam kehidupan Awan, ia tak pernah merasakan sulitnya memilih atau indahnya berusaha menyelesaikan masalahnya sendiri. Kondisi itulah yang membuat Awan mulai memberontak untuk menemukan kebahagiaan dengan caranya sendiri. 

Apa yang dilakukan oleh Awan ternyata mempengaruhi semua anggota keluarga. Mulai dari Ayah, Ibu, Angkasa, dan Aurora. Lalu, bagaimana keluarga ini mengatasi konflik tersebut?

Kenapa Ayah terlalu over protective pada Awan? Bagaimana Angkasa mampu bertahan di tengah tanggung jawab yang diberikan Ayah sebagai anak pertama dan menjalani kehidupan pribadinya? 

Lalu apa yang sebenarnya terjadi dalam diri dengan Aurora? Bagaimana Ibu menghadapi konflik keluarga ini? 

Semua akan terjawab dalam film NKCTHI yang masih tayang selama bulan Januari 2020 ini.

Di luar semua konflik yang relate dengan kehidupan keluarga, kita bisa belajar berbagai hal dari film NKCTHI. Setiap tokoh dalam film tersebut memberikan pelajaran penting bagi kita dalam menjalani peran di tengah keluarga, sebagai anak, sebagai saudara kandung, juga sebagai orangtua. 

Sebuah tontonan “bergizi” di awal tahun bagi kita, karena #SetiapKeluargaPunyaRahasia , apa rahasiamu? 

Baca juga:

  1. “Dancing in The Rain”, Perjalanan Persahabatan Anak Autis
  2. Review Film “Keluarga Cemara”: Keluargaku Adalah Harta Terindahku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *