× DAFTAR GRATIS Masuk
Artikel Kelas Online Tanya Ahli Workshop Online Mitra Sekolah Belanja Pintar Tentang Kontak
Sudah Cukupkah Waktu Kita untuk Keluarga?

Sudahkah kita berdamai dengan waktu? Bagi ibu yang juga menjalankan peran sebagai ibu bekerja, rasanya waktu yang 24 jam sehari itu masih saja kurang. Ada banyak sekali hal yang harus dilkukan, tetapi waktu cepat sekali berlalu. Sering sekali tiba-tiba waktu beranjak sore, lalu malam, lalu pagi lali dan kita terjebak dalam rutinitas yang tidak semestinya. Lalu, dalam satu hari yang cepat berlalu itu, seberapa lama kita bisa meluangkan waktu untuk keluarga? Persoalannya bukan semata-mata tentang jumlah jam yang kita sediakan untuk keluarga, melainkan seberapa berkualitasnya waktu yang tidak banyak tersebut.

Sebagai ibu yang bekerja, memang tidak seharusnya terus-terusan merasa bersalah atas segala kesibukan yang kita punya. Akan tetapi, pertanyaan ini cukup meresahkan saya. Apakah saya sudah cukup memberikan waktu untuk anak? Apakah anak merasa cukup dengan waktu yang saya sediakan? Jujur. Pertanyaan ini susah sekali dijawab.

Mungkin, sebagian besar dari kita berpikir bahwa weekend adalah waktunya keluarga. Namun, benarkah demikian? Pada kenyataannya, toh kita masih saja disibukkan dengan agenda-agenda lain. Pun ketika kita bisa pergi bersama keluarga ke mall, tak jarang anak malah dititipkan ke penitipan anak, sementara ayah menunggu di cafe, dan kita sendiri asyik berbelanja. Berkualitaskah waktu seperti ini?

Contact Us School of Parenting