Banner Header

Ayah Dekat dengan Putrinya? Ini Manfaatnya

Browse By

Beberapa pendapat masyarakat mengatakan bahwa anak laki-laki lebih dekat dengan Ibu, sedangkan anak perempuan cenderung lebih dekat dengan Ayah. Meskipun ada juga yang berpendapat sebaliknya. Tetapi, bagaimanapun juga, kedekatan anak dengan orang tua memang harus menjadi perhatian utama.

Nah, kedekatan antara Ayah dengan putrinya ini ternyata banyak sekali poin positifnya. Lalu, apa saja sih manfaat kedekatan Ayah dengan putrinya?

Manfaat Kedekatan Ayah dengan Putrinya:

Berdasarkan penelitian, berikut ini beberapa poin positif kedekatan Ayah dengan putrinya:

  1. Anak perempuan yang dekat dengan ayahnya akan merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri.
  2. Merasa lebih percaya diri saat berhubungan dengan pria pada umumnya.
  3. Cenderung memiliki pendidikan yang tinggi.
  4. Memiliki sikap asertif.

Beberapa poin positif kedekatan Ayah dan putrinya di atas tentunya diinginkan oleh setiap orang tua, terlebih para Ayah. Namun, bagaimana nih jika Ayah sendiri sulit dekat dengan putrinya? Pasalnya, Ayah yang sibuk bekerja, hampir-hampir tidak memiliki waktu untuk dekat dengan putrinya. Belum lagi keinginan dan hobi anak perempuan, seringkali berbeda jauh nih dengan Ayah. Sehingga banyak Ayah merasa kesulitan untuk dekat dengan putrinya. Walaupun sebenarnya keinginan Ayah untuk akrab dengan anak perempuannya cukup besar loh.

Tenang, Yah, kami sudah punya beberapa kunci jawabannya untuk para Ayah berikut ini.

Cara Ayah Dekat dengan Putrinya:

👧 Mulai dengan Hari Ulang Tahunnya

Mengingat dan ikut terlibat di hari ulang tahun putri tercinta sebenarnya adalah salah satu langkah sederhana untuk mendekatkan diri. Caranya adalah dengan ikut mempersiapkan pesta ulang tahun, atau sekedar memberi ucapan selamat ulang tahun. Tak hanya itu, Ayah juga bisa menghabiskan banyak waktu saat akhir pekan atau liburan agar putri kecil Ayah semakin dekat dengan Ayah.

👧 Ajarkan Putri Ayah Hal Baru

Cara lain agar Ayah dekat dengan putrinya adalah dengan mengajarkan hal baru. Ayah bisa juga loh mengajarkan putrinya untuk naik sepeda, memperbaiki mainan yang rusak, mengajari memancing atau hal lainnya yang biasanya diajarkan atau dilakukan oleh anak-anak cowok. Cara ini akan menumbuhkan rasa percaya diri putri Ayah, karena Ia merasa bahwa ayah tidak membedakan kemampuan anak perempuan dan laki-laki.

👧 Dengarkan Putri Ayah

Jangan kaget jika putri Ayah lebih banyak bicara dan bercerita daripada anak lelaki,karena begitulah anak perempuan. Untuk itu, Ayah juga harus mau mendengarkan cerita darinya.

Tapi, jangan hanya mendengarkan ya, karena Ayah juga perlu memberinya perhatian saat Ia bercerita tentang berbagai hal. Misalnya tentang apa saja yang ada dipikirannya saat ini, tentang mimpi-mimpinya dan harapannya dalam kehidupan ini.

Sebaiknya Ayah menanggapinya baik, agar putri Ayah merasa perhatian Ayah tulus dan sungguh-sungguh. Ingat juga jika putri Ayah melarang Ayah bercerita ke orang lain tentang beberapa rahasia. Jangan bocorkan rahasianya, karena itu bisa merenggangkan hubungan yang telah terjalin.

👧 Katakan Kalau Ia Cantik

Setiap anak perempuan tentu ingin dianggap cantik, begitu pula dengan putri Ayah. Nah, cara lain untuk dekat dengan putri Ayah adalah dengan mengatakan bahwa dirinya cantik. Hal ini penting agar anak merasa percaya diri dan tentunya mencintai dirinya sendiri, setelah banyak hal di luar sana yang bisa menjatuhkan rasa percaya dirinya.

Sambil contoh, budaya yang menyebutkan bahwa cantik itu adalah saat seseorang tidak bertubuh gemuk, atau saat seseorang memiliki kulit yang putih, mata yang besar, hingga rambut yang lurus.

Putri Ayah tentu butuh dukungan agar merasa bahwa dirinya juga cantik. Untuk itu, Ayah bisa memujinya dengan berbagai cara. Misalnya katakan padanya, “Wah senyum adek manis ya, cantik sekali”. Ayah juga bisa memuji kecantikannya dengan cara lain.

👧 Hargai Keunikan Putri Ayah

Selain mengatakan putri Ayah cantik, hargai juga keunikannya. Bantu juga Ia untuk menghargai dirinya apa adanya. Jangan sampai putri Ayah merasa bahwa keunikannya adalah hal yang buruk.

👧 Ciptakan Quality Time dengan Putri Ayah

Bukan hanya putra Ayah loh yang butuh quality time bersama Ayah. Putri Ayah juga butuh hal yang sama bersama dengan Ayah. Untuk itu, Ayah bisa merancang berbagai kegiatan bersama di akhir pekan bersama dengan putri Ayah. Misalnya, tentukan jadwal untuk membacakan dongeng untuknya, pergi ke toko buku bersama, melakukan olahraga bersama dan lain sebagainya. Menciptakan quality time antara Ayah dan Anak tentu memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menciptakan kedekatan dengan putra putri Ayah.

👧 Jadilah Contoh Pria yang Baik

Cara putri Ayah melihat Ayah memperlakukan wanita tentu membuat perbedaan besar pada dirinya. Khususnya saat putri Ayah melihat pria dikemudian hari. Dengan berperilaku baik, sopan pada semua wanita tentu akan membuat putri Ayah mengetahui apa yang dia harapkan dari pria di masa hidupnya nanti.

👧 Dukungan dan Beri Penghargaan

Dukunglah putri Ayah meraih impian dan mimpi-mimpinya. Bantulah putri Ayah untuk mewujudkannya. Jangan lupa beri juga penghargaan atas kerja kerasnya walaupun Ia belum mampu mewujudkan impiannya. Dengan begitu, putri Ayah akan merasa bahwa Ayah adalah salah satu sumber kekuatannya. Sehingga kedekatan dengan putri Ayah secara tidak langsung akan terbentuk.

👧 Minta Saran dari Ayah Lain

Cara lain agar Ayah dekat dengan putrinya adalah dengan meminta saran dari Ayah lain. Kebanyakan Ayah menghadapi pengalaman yang sama dengan putri mereka. Untuk itu Ayah bisa meminta saran dari Ayah lain terkait hal-hal tertentu tentang putrinya.

Kedekatan Ayah dengan putrinya memberikan banyak dampak positif bagi kehidupan putrinya kelak. Untuk itu, jika Ayah saat ini belum terlalu dekat dengan putri Ayah, maka cara di atas bisa digunakan sebagai referensi.

Baca Juga:

  1. Aku Butuh Ayah”… Ini Catatan Kecil Untukmu!
  2. Menjadi Ayah Idola Anak

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *