× DAFTAR GRATIS Masuk
Artikel Kelas Online Tanya Ahli Workshop Online Mitra Sekolah Belanja Pintar Tentang Kontak
Kesalahan Paling Sering Dilakukan Ortu Saat Bicara Pada Anak

Menjadi orangtua adalah salah satu tantangan paling besar dan paling berat dalam kehidupan seseorang. Terlebih saat orangtua harus mulai menerapkan pola asuh pada anak. Tentunya, pola asuh yang diterapkan pada anak yang satu dan anak lainnya berbeda-beda dan bergantung pada temperamen anak. Beberapa orangtua mungkin menerapkan pola asuh permisif yang tidak membatasi anak akan sesuatu. Namun, beberapa yang lain mungkin saja menerapkan pola asuh “Helicopter Parenting” yang selalu mengawasi anak-anak kapan saja dan di mana saja. 

Memang, penerapan pola asuh orangtua pada anak adalah hak Anda sebagai orangtua. Namun, perlu disadari bahwa pola asuh yang baik adalah pola asuh yang adil, fleksibel, saling menghargai satu sama lain, dan menjadikan proses belajar sebagai hal utama daripada pencapaian anak akan sesuatu. Keadilan yang dimaksud di sini adalah mengajarkan anak untuk bisa mendengarkan, saling menghargai perasaan, memberikan pilihan pada anak, dan menetapkan batas yang jelas dan adil pada perilaku yang diterima. 

Untuk itu, penting bagi orangtua untuk bisa mengkomunikasikan hal tersebut dengan baik pada anak. Sayangnya, beberapa orangtua justru salah bicara pada anak sehingga membuat anak semakin bingung atas apa yang diinginkan orangtuanya. Apa saja sih kesalahan paling sering yang dilakukan orangtua saat bicara pada anak?

Contact Us School of Parenting