× DAFTAR GRATIS Masuk
Artikel Kelas Online Tanya Ahli Workshop Online Mitra Sekolah Belanja Pintar Tentang Kontak
Yuk, Cocokan Pola Asuh dengan Temperamen Anak

Pola asuh antara orang tua satu dengan lainnya pasti berbeda. Ada orang tua yang lebih longgar dalam hal menerapkan aturan pada anak-anak, namun ada juga yang sangat ketat dalam mendisiplinkan anak. Tak jarang nih beberapa orang tua yang cukup ketat mendisiplinkan anak terkesan “cerewet” dalam memberikan arahan. Misalnya, selalu saja mengingatkan anak berkali-kali untuk gosok gigi sebelum tidur

Cara ini dianggap cara yang jitu diterapkan bagi anak yang terkesan “sulit” (difficult) diatur dan cenderung memiliki pengendalian diri yang rendah. Tapi bagaimana dengan anak yang “mudah” (easy) diatur dan cenderung memiliki pengendalian diri baik? Bisa jadi anak yang “mudah” diatur ini justru protes karena dia selalu diingatkan, padahal anak tersebut selalu menggosok gigi sebelum tidur bahkan sebelum orang tuanya mengingatkan.

Liliana Lengua, Ph.D., profesor psikologi mengungkapkan bahwa orang tua yang menawarkan banyak bimbingan dan arahan pada anak yang sudah memiliki kendali diri akan dianggap memberikan kontrol berlebihan dalam hal mendisiplinkan anak. Menurutnya, pola asuh yang tidak sesuai dengan temperamen anak justru akan menimbulkan efek yang berlawanan bagi anak.

Contact Us School of Parenting