Anak Sulit Mengutarakan Pendapat = Anak Introvert?

06 September 2021

Pernah memperhatikan bahwa beberapa anak dengan mudah menyampaikan pemikirannya kepada orang lain, sementara ada anak-anak yang susah bahkan kebingungan untuk berkomunikasi dengan orang lain ? 

Benarkah ini disebabkan karena perbedaan kepribadian introvert atau extrovert?

Ternyata ada faktor lain yang bisa mempengaruhi kemampuan komunikasi anak. Yaitu kecerdasan intrapersonal dan interpersonal. Berbeda dengan IQ, ini adalah kecerdasan yang sulit diukur karena itu adalah “kecerdasan personal”, dan tidak mudah dipelajari dari buku. Kabar baiknya adalah ini jenis kecerdasan yang dapat dipraktekkan dan dilatih. 

Apa bedanya Kecerdasan Interpersonal dan Intrapersonal ?

Orang sering tertukar antara kecerdasan interpersonal vs intrapersonal. Tetapi keduanya berlawanan. Kuncinya ada di akar kata — “inter” yang berarti “antara orang atau kelompok”, dan “intra” yang berarti “di dalam seseorang atau kelompok”.  Kedua jenis kecerdasan ini penting dengan caranya sendiri untuk membantu anak  dapat sukses dalam pekerjaan, sekolah, dan kehidupan.

KECERDASAN INTERPERSONAL 

“Inter” berarti “antara” dan melibatkan interaksi antar individu. Ini adalah kecerdasan yang paling sering dikaitkan dengan istilah “keterampilan sosial”, yang mencakup keterampilan komunikasi verbal dan non-verbal. 

Anak-anak dengan kecerdasan interpersonal menunjukkan kecakapan dalam resolusi konflik, pemecahan masalah, hingga bahasa tubuh yang melibatkan komunikasi dengan orang lain. 

KECERDASAN INTRAPERSONAL

“Intra” berarti “di dalam” dan ketika berbicara tentang kecerdasan intrapersonal, yang dimaksud adalah dialog kognitif internal atau di dalam diri sendiri dan self regulation yang diperlukan untuk komunikasi. 

Anak-anak yang memiliki kecerdasan intrapersonal, umumnya mampu untuk mengendalikan diri sendiri, berpikir, menganalisa, self-talk dan mengendalikan emosinya. 

Perbedaan Utama Antara Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal

Perbedaan antara komunikasi intrapersonal dan interpersonal, dapat ditarik dengan jelas dengan alasan sebagai berikut:

  • Komunikasi yang kita lakukan dengan diri kita sendiri, yaitu komunikasi yang terjadi dalam pikiran kita, dikenal sebagai komunikasi intrapersonal. Komunikasi antara dua orang atau lebih, melalui pesan verbal atau nonverbal, disebut komunikasi interpersonal.
  • Komunikasi intrapersonal terjadi secara terus menerus karena merupakan kecenderungan manusia untuk berpikir, menganalisis dan menginterpretasikan sesuatu. Sebaliknya, Komunikasi Interpersonal terjadi secara teratur pada tingkat pribadi dan profesional.
  • Dalam komunikasi intrapersonal, hanya perasaan internal individu yang terlibat. Sebaliknya, komunikasi interpersonal membutuhkan media, yaitu untuk menyampaikan pesan kepada pihak lain.
  • Dalam komunikasi intrapersonal, didasarkan pada pemikiran dan analisis sedangkan komunikasi interpersonal berkaitan dengan pertukaran ide, informasi, pendapat, perasaan dan sebagainya.

Lalu, manakah yang lebih baik dari 2 jenis kecerdasan yang terkait dengan social skill ini ?

Jawabannya tidak ada yang lebih baik, karena masing-masing punya keunggulannya tersendiri. Yang satu tidak lebih penting dari yang lain, dan tidak apa-apa untuk menjadi lebih kuat dalam satu tipe keterampilan sosial.

Tetapi baik kecerdasan interpersonal maupun intrapersonal bisa dikembangkan, dan ini akan menguntungkan anak jika Anda ingin berhasil di sekolah dan pekerjaan kelak maupun dalam relasi pribadi.

Bagaimana kecerdasan Interpersonal dan Intrapersonal dapat membantu untuk kesuksesan Anak?

Pada kenyataannya , kecerdasan intrapersonal adalah persyaratan untuk keterampilan interpersonal yang baik secara konsisten. Sebab, jika anak tidak memahami dirinya sendiri, ia tidak dapat dengan mudah berkomunikasi apalagi memahami orang lain. Kepercayaan diri anak yang di bangun melalui komunikasi intrapersonal akan mempengaruhi interpersonalnya secara positif.

Nah, bagaimana mengembangkan kekuatan interpersonal dan intrapersonal ? Mari belajar bersama di tanya kelas online berikut ini. Klik poster berikut ini untuk pendaftaran 

Baca Juga:

  1. Mengenal Jenis Kecerdasan Anak
  2.  Mana yang Lebih Penting EQ atau IQ
Bagaimana Menurut Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
2
+1
0
+1
0
Share with love
Member Premium SOP Member Premium SOP

Gabung Member Premium

Mulai perjalanan memahami emosi diri dan keluarga

Nikmati akses Kelas Video Belajar kapanpun & dimanapun

Gabung Sekarang

Sudah Member Premium? Masuk Di Sini

Contact Us School of Parenting
×

Info Masa Keanggotaan

Perpanjang Paket