Banner Header Komunitas SOP

Kuis: Apa Saja sih Batas Memanjakan Anak? Pastikan dengan Jawab Pertanyaan Di sini!

Browse By

A: “Anak itu jangan dibelikan mainan terus, nanti manja loh!”

B: “tidak memanjakan kok, cuma bantu anak tenang dan tidak merengek terus minta mainan.” 

Apakah membelikan mainan untuk anak termasuk memanjakan, sedangkan orangtua hanya berusaha membuatnya tenang dan tidak tantrum?

Nah, beberapa pertanyaan berikut ini bisa membuka mata Anda, mana perilaku yang cenderung berpotensi memanjakan anak dan mana contoh perilaku yang tidak memanjakan anak.

Memakaikan baju seragam anak agar anak cepat bergegas ke sekolah sebenarnya termasuk memanjakan anak bukan sih?

batasan memanjakan anak
Correct! Wrong!

Memakaikan baju seragam anak dengan tujuan agar anak bergegas ke sekolah, cenderung berpotensi memanjakan anak. Pasalnya, jika hal ini terus Anda lakukan setiap hari, anak akan cenderung bergantung pada Anda dan kurang bisa mandiri.

Memberikan anak kelonggaran menonton TV dan bermain gadget dengan batasan tertentu, kira-kira termasuk memanjakan anak bukan sih?

batasan memanjakan anak
Correct! Wrong!

Meskipun banyak yang berpendapat bahwa membiarkan anak bermain gadget dan menonton TV termasuk salah satu perilaku memanjakan anak, namun sebenarnya perilaku ini tidak terlalu berpotensi memanjakan anak loh. Asalkan, orangtua memberikan batasan waktu saat anak menonton TV atau bermain gadget. Misalnya, menonton TV tidak boleh sampai larut malam atau hanya boleh bermain gadget setengah jam per hari.

Memberikan semua hal yang diinginkan anak saat ulang tahunnya, termasuk memanjakan anak bukan sih?

batasan memanjakan anak
Correct! Wrong!

Meskipun Anda berdalih bahwa anak hanya diberi semua hadiah yang diinginkan saat ulang tahun, perilaku ini cenderung memanjakan anak loh. Terlebih jika hadiah yang Anda berikan memiliki nilai mahal dan cenderung tidak sesuai dengan kebutuhan dan usia anak. Misalnya, memberikan anak hadiah mobil mewah padahal anak masih berusia balita.

Membelikan anak mainan karena anak terus menangis dan merengek di toko mainan, kira-kira termasuk memanjakan anak bukan ya?

batasan memanjakan anak
Correct! Wrong!

Membelikan anak mainan dengan alasan agar anak tidak rewel dan tidak merengek saat di toko mainan cenderung berpotensi memanjakan anak. Dalam hal ini, tujuan orangtua bukan karena ingin membelikan mainan, tapi hanya karena ingin agar anak tidak merengek. Padahal, orangtua bisa menggunakan cara lain, (selain membelikan mainan) agar anak tidak merengek.

Pada suatu saat, Anda meminta si kakak untuk mengalah pada adik agar mainan kakak bisa dimainkan oleh adik, kira-kira, perilaku ini termasuk memanjakan si adik bukan sih?

batasan memanjakan anak
Correct! Wrong!

Contoh perilaku di atas cenderung berpotensi memanjakan anak. Untuk menghadapi situasi seperti ini seharusnya, orangtua mendampingi si adik dan meminta adik untuk belajar menunggu, meskipun pada akhirnya adik akan merasa marah, jengkel dan tantrum.

Apakah Anda Memanjakan Anak?
Selamat! Pola asuh yang Anda terapkan pada anak ternyata membuatnya tidak manja

batasan memanjakan anak

Pola asuh yang Anda terapkan selama ini pada anak ternyata membuatnya tidak manja. Beberapa batasan yang Anda buat justru membuat anak semakin mandiri. Pertahankan pola asuh Anda, dan teruslah belajar menjadi orangtua yang lebih baik setiap saat. Semangat parents!
Sayang sekali! Pola asuh yang Anda terapkan pada anak mendorongnya untuk manja

batasan memanjakan anak

Pola asuh yang Anda terapkan pada anak selama ini justru membuat anak semakin manja loh! Kelonggaran-kelonggaran yang Anda berikan pada anak dengan alasan agar anak bahagia, ternyata membuatnya kurang mandiri. Yuk, perbaiki pola asuh Anda pada anak. Tetaplah semangat menjadi orangtua yang lebih baik, Parents!

Share your Results:

Nah, seberapa banyak sih Anda memanjakan anak setelah menjawab kuis di atas? Hal yang paling penting dalam menerapkan pola asuh pada anak adalah memahami setiap perilaku yang kita tujukan pada anak. Apakah perilaku tersebut cenderung memanjakan anak atau bukan. 

Baca juga:

  1. Kuis Ini Mengukur Seberapa Banyak Pengetahuan Anda tentang Dunia Parenting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *