Banner Header Komunitas SOP

Kuis Ini Mengukur Seberapa Banyak Pengetahuan Anda tentang Dunia Parenting

Browse By

Beberapa orangtua kadang ragu tentang seberapa baik mereka merawat dan mengasuh anak, namun beberapa yang lain sudah cukup yakin dengan penerapan pola asuh pada anak-anak. Nah, melalui kuis berikut ini, kami mengajukan beberapa pertanyaan mendasar tentang dunia parenting yang sudah pasti bisa Anda jawab dengan mudah. Penasaran, kira-kira seberapa banyak pengetahuan Anda tentang dunia parenting? Yuk, mulai saja menjawab kuis berikut ini.

Berapa usia minimal Time-Out diterapkan pada anak?

usia minimal time out untuk anak
Correct! Wrong!

Time-out adalah salah satu metode mendisiplinkan anak dengan memberikan ruang untuk sendiri. Time-out ini sering digunakan oleh orangtua untuk mengontrol dan menjauhkan anak dari perilaku tertentu yang dianggap kurang tepat.

Sikat gigi apa yang tepat bagi anak usia 1-3 tahun?

sikat gigi yang tepat pada anak usia dini.
Correct! Wrong!

Merawat kesehatan mulut dan gigi memang sangat penting, khususnya bagi anak-anak usia dini. Salah satu cara untuk merawat kesehatan mulut dan gigi adalah dengan menyikat gigi dengan sikat gigi yang sesuai dengan usia anak.

Berapa batasan waktu bermain gadget untuk anak usia 0-2 tahun?

Correct! Wrong!

ASHA (American Speech-Language-Hearing Association) menyarankan penggunaan gadget pada anak sesuai usia anak. Menurut ASHA, penggunaan gadget pada anak memang perlu dibatasi karena beberapa dampak buruk yang bisa ditimbulkan karena penggunaan gadget berlebihan.

Apa sih terrible two itu?

apa sih terrible two itu?
Correct! Wrong!

Banyak dari orangtua yang terkesan tidak sabar dalam menghadapi terrible two pada anak. Sehingga, terrible two ini masih dianggap sebagai salah satu hal yang menjadi topik pembicaraan hangat para orangtua baru. Lalu, apa sih terrible two itu?

Benarkan bermain gadget terlalu lama menyebabkan obesitas pada anak?

bermain gadget terlalu lama bisa sebabkan obesitas pada anak.
Correct! Wrong!

Obesitas memang bisa saja dialami oleh anak. Kebanyakan orangtua menganggap bahwa anak yang memiliki berat badan berlebih terkesan lucu. Padahal kelebihan berat badan atau obesitas bisa meningkatkan resiko anak memiliki penyakit lainnya, seperti kolesterol, jantung bahkan gangguan pernapasan. Selain karena faktor makanan, adakah faktor lain yang menyebabkan anak mengalami obesitas?

Apa sih yang dimaksud dengan Helicopter Parenting?

Apa itu helicopter parenting?
Correct! Wrong!

Banyak sekali tipe pola asuh yang bisa diterapkan pada anak. Mulai dari pola asuh lembut, keras, hingga gabungan antara pola asuh yang lembut dan keras sekaligus. Setiap pola asuh memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Sehingga sudah menjadi tugas orangtua untuk menerapkan pola asuh yang cocok bagi anak.

Apa itu “Elephant Parenting”?

apa itu elephant parenting?
Correct! Wrong!

School of Parenting sudah pernah membahas mengenai elephant parenting ini beberapa saat yang lalu. Apakah Anda sudah memahaminya? Atau Anda terlewat dengan artikel kami yang satu ini? Yuk, ingat-ingat lagi!

Apa itu “teether”?

Apa itu teether?
Correct! Wrong!

Banyak orangtua yang seringkali memberi anak teether pada usia sekitar 6 atau 8 bulan. Nyatanya teether ini memiliki banyak fungsi bagi anak. Lalu, tahukah Anda apa itu teether?

Co-Sleeping adalah…

apa itu co-sleeping?
Correct! Wrong!

Banyak orangtua yang masih bingung tentang co-sleeping. Beberapa orangtua ada yang setuju, tapi tak sedikit pula yang menentang co-sleeping, dengan berbagai macam alasan. Lalu, Anda tim yang mana nih? Untuk memilih team mana, seharusnya tahu dulu apa itu co-sleeping.

Kapan harus mengganti sikat gigi anak?

kapan harus mengganti sikat gigi anak?
Correct! Wrong!

Kesehatan mulut dan gigi bisa dipengaruhi oleh kondisi sikat gigi yang digunakan oleh anak. Itulah mengapa penggunaan sikat gigi tidak boleh bergantian, karena bisa menyebabkan penularan kuman dari mulut ke mulut melalui sikat gigi tersebut.

Seberapa Banyak Pengetahuan Anda tentang Dunia Parenting?
Anda Perlu Belajar Lebih Banyak Lagi Parents!

Ilmu Parenting penting bagi orangtua

Menjadi orangtua memang perlu banyak belajar karena ilmu parenting selalu berkembang. Sebaiknya bekali diri Anda dengan berbagai ilmu parenting melalui melalui berbagai macam referensi. Terus semangat, dan tetap belajar ya Parents!
Anda Sudah Cukup Belajar, Parents! Terus Belajar Jadi Orangtua Lebih Baik.

Meskipun banyak hal yang perlu dipahami mengenai dunia parenting, nyatanya Anda sudah berusaha belajar mengenai dunia parenting. Tingkatkan pemahaman Anda tentang dunia parenting untuk menjadi orangtua yang lebih baik ke depannya!
Anda Sudah Banyak Memahami Materi Parenting, Jangan Lupa Bagi Ilmu Anda dengan Orangtua Lainnya!

Manfaat belajar ilmu parenting

Tidak mudah memang menjadi orangtua, tapi dengan bekal ilmu parenting yang Anda miliki, kami yakin mengasuh dan merawat anak akan menjadi lebih mudah bagi Anda. Tetap semangat menjadi orangtua yang lebih baik, dan jangan lupa bagi ilmu parenting Anda dengan orangtua lainnya, Parents!

Share your Results:

Jadi, apa nih hasil yang Anda peroleh dari menjawab kuis di atas? Berapapun skor yang Anda peroleh tidak menjadi soal. Hal yang paling penting adalah sebagai orangtua perlu banyak belajar ilmu parenting. Sebaiknya jadikan pengalaman menjawab kuis di atas sebagai pemicu semangat untuk terus memperbaiki diri menjadi orangtua yang lebih baik.

Artikel terkait:

  1. Iseng Ikut Kuis Kepribadian Online, Akurat Gak Sih?
  2. Yang Sering Terlupakan: Kesehatan Mental Anak

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *