× DAFTAR GRATIS Masuk
Artikel Kelas Online Tanya Ahli Workshop Online Mitra Sekolah Belanja Pintar Tentang Kontak
Curiga Anak Cacingan? Kenali Tandanya!

Cacingan pada anak mungkin saja disepelekan oleh beberapa orangtua. Banyak yang masih menganggap bahwa cacingan pada anak adalah hal wajar yang pasti dialami oleh anak. Padahal cacingan pada anak ini juga cukup berbahaya, seperti penyakit lainnya jika tidak ditangani dengan baik.

Dilansir dari doktersehat.com, menurut dr. Adi Tagor SpA DPH dari RS. Pondok Indah Jakarta, dampak cacingan pada anak ternyata tidak sepele seperti yang dibayangkan oleh para orangtua. Dr. Adi mengatakan bahwa cacingan yang tidak ditangani dengan baik akan meningkatkan resiko pertumbuhan fisik yang terhambat, penurunan IQ, dan anemia atau kadar (Hb) hemoglobin yang rendah. Dr. Adi menambahkan bahwa, fungsi Hb seperti truk pengangkut beras. Apabila truknya sedikit, maka beras yang dibawa pun menjadi sedikit. Akibatnya suplai oksigen ke otak dan ke ginjal pun menjadi sedikit.  

Kenapa Sih Anak-Anak Rentan Cacingan?

Cacingan pada anak sering disebabkan karena anak-anak belum sadar atas arti penting kebersihan. Misalnya setelah bermain, si kecil langsung saja makan tanpa mencuci tangan. Akibatnya telur cacing yang ada di tempat bermain masuk melalui pencernaan, kulit, usus, paru-paru bahkan otot.

Contact Us School of Parenting
×

Info Masa Keanggotaan

Perpanjang Paket