Banner Header Komunitas SOP

Kuis: Anak Sudah Kecanduan Gadget? Cek Di Sini Yuk!

Browse By

Siapa yang tidak tahu bahwa terlalu banyak waktu dengan gawai seperti bermain game, atau menonton video di layar smartphone itu berbahaya? Hampir semua orangtua paham hal ini, namun beberapa orangtua tidak bisa berbuat banyak karena anak-anak sudah terlanjur kecanduan bermain gadget.

Kondisi ini memang sangat disayangkan nih Parents karena banyak hal negatif yang muncul akibat penggunaan gadget berlebihan pada anak. Misalnya saja masalah kesehatan seperti sindrom “text neck” yang timbul karena terlalu sering bermain dengan gawai. 

Nah, pertanyaannya kemudian apakah anak kita sudah kecanduan gadget? Yuk, cek dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini!

Apakah Anak selalu ingin bermain dengan gadget walaupun ada mainan lainnya?

kecanduan gadget 1
Correct! Wrong!

Beberapa anak mungkin senang sekali bermain gadget bahkan sudah tidak memperdulikan mainan barunya karena menurutnya bermain gadget lebih mengasyikkan. Jika situasi ini sering dialami oleh anak, kemungkinan anak sudah cenderung kecanduan gadget.

Apakah anak selalu meminta gadget di manapun dan jika tidak diberi langsung tantrum (ngamuk)?

Correct! Wrong!

Tantrum bagi anak-anak memang wajar sih, tapi bagaimana jadinya ya jika tantrum pada anak ini dipicu karena orangtua melarangnya bermain gadget? Apakah Anda juga mengalaminya? Jika hal ini terus saja dialami oleh anak, bisa jadi anak Anda cenderung kecanduan gadget.

Apakah keinginan anak untuk bermain dengan teman-teman lain semakin berkurang karena sudah asyik dengan gadget?

kecanduan gadget 3
Correct! Wrong!

Meskipun bermain gadget mengasyikkan, namun beberapa anak rela loh meletakkan gadgetnya saat diajak bermain bola di luar rumah. Nah, apabila anak Anda masih bisa meletakkan gadget dan bermain bersama teman, maka tidak perlu khawatir.

Bagaimana Anda menggambarkan aktivitas anak di luar rumah?

kecanduan gadget 4
Correct! Wrong!

Bermain di luar rumah memang mengasyikkan bagi anak-anak. Apalagi jika anak-anak bisa berlarian dengan bebas bersama teman-teman sebayanya. Tapi, hal ini tidak berlaku bagi anak-anak yang sudah kecanduan gadget loh! Apakah anak Anda juga mengalaminya?

Bagaimana aktivitas sehari-hari anak?

kecanduan gadget 5
Correct! Wrong!

Beberapa anak yang sudah mengenal gadget, bisa jadi tidak mau melakukan aktivitas sehari-hari tanpa bermain gadget terlebih dahulu loh Parents. Misalnya saja, tidak mau makan jika tidak bermain gadget dulu, atau tidak mau tidur jika tidak melihat video di gadget kesayangannya.

Apa yang terjadi saat Anda mengajak anak pergi keluar tanpa membawakan gadget?

kecanduan 6
Correct! Wrong!

Perasaan tidak tenang dan selalu ingin bermain dengan gadget akan selalu menghampiri anak-anak yang sudah kecanduan gadget. Bahkan, saat ia pergi keluar bersama orangtuanya.

Berapa lama durasi anak bermain gadget?

kecanduan gadget 7
Correct! Wrong!

Semakin banyak anak kecanduan gadget, akan semakin lama pula anak ingin bermain dengan gadget. Beberapa anak bahkan bisa bermain gadget berjam-jam tanpa bosan dan sangat sulit dicegah.

Apa yang terjadi saat Anda mencegah anak bermain gadget?

Correct! Wrong!

Banyak sekali anak yang mengalami tantrum saat ia dicegah berhenti bermain gadget. Hal ini merupakan salah satu gejala bahwa anak sudah mengalami kecanduan bermain gadget.

Apakah ada keluhan kesehatan pada anak?

kecanduan gadget 9
Correct! Wrong!

Beberapa masalah kesehatan seperti nyeri punggung, sakit kepala atau leher bisa saja dialami oleh anak-anak yang kecanduan gadget loh Parents! Jika anak sering mengeluhkan rasa sakit di area leher, punggung atau kepala setelah terlalu lama bermain gadget, maka Parents perlu segera berkonsultasi dengan ahli kesehatan.

Bagaimana Anda menggambarkan interaksi anak dengan orang lain?

kecanduan gadget 10
Correct! Wrong!

Tidak bisa dipungkiri bahwa rayuan gadget membuat anak-anak semakin tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Misalnya saja ketidakpedulian anak untuk berinteraksi dengan orang lain, karena sudah sangat sibuk bermain gadget. Jika kondisi ini terus saja dialami oleh anak, bisa jadi ia sudah kecanduan gadget.

Anak Sudah Kecanduan Gadget?
Selamat! Anak anda ternyata tidak memiliki kecenderungan kecanduan gadget.

hasil kecanduan gadget baik

Meski demikian, jangan pernah lengah dan terus beri anak pemahaman bahwa gadget bukanlah alat yang bisa dimainkan terus-menerus.
Anak anda ternyata cenderung kecanduan gadget loh. Parents!

hasil kecanduan gadget buruk

Yuk, segera ambil langkah untuk mengatasi situasi ini. Jangan sampai kecanduan gadget ini mengganggu tumbuh kembangnya apalagi hingga mengganggu kesehatan anak.

Share your Results:

Baca juga:

  1. Ketika Anak Telah Kecanduan Gadget
  2. Smartphone “Kontrak” untuk ABG

Rekomendasi kelas online bersama ahli : Emeldah, M.Psi., Psikolog

  1. Kecanduan Internet Pada Anak dan Remaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *