Banner Header Komunitas SOP

6 Alasan Penting Mengapa Orangtua Seharusnya Mengikuti Kelas Parenting

Browse By

Pikirkan kembali usaha terbesar dan paling penting yang pernah Anda lakukan. Mungkin Anda sedang presentasi untuk pertama kali di depan CEO perusahaan, berlari maraton atau mengikuti ujian masuk dengan harapan bisa masuk ke universitas impian Anda.

Di sebagian besar waktu dalam hidup kita, kita tidak akan berani melakukan sesuatu yang besar atau penting tanpa persiapan. Kita akan meminta saran, belajar dan menemukan strategi untuk performa yang lebih baik, dan berlatih, berlatih, berlatih.

Namun untuk beberapa alasan, kita sebagai orangtua sering merasa ragu untuk mengambil pendekatan yang sama dalam hal parenting. Ada persepsi bahwa ibu dan ayah seharusnya secara alamiah tahu apa yang harus dilakukan -bahwa semuanya akan “benar” jika kita cukup mencintai anak-anak kita. Benarkah? Tapi ternyata keputusan yang diambil secara intuitif atau berdasarkan pengalaman tidak selalu keputusan yang tepat.

Mengikuti Kelas Parenting Bisa Membuat Perbedaan Besar

Bagaimana mungkin ikut kelas-kelas parenting bisa berpengaruh positif atau membantu kita sebagai orang tua? Ini penjelasan logisnya:

1. MENGUASAI DASAR-DASAR PARENTING

Kebanyakan orang tua, tidak peduli latar belakang atau status sosial ekonomi mereka, agak ketakutan saat mereka menyambut anak pertama mereka ke dunia. Belajar menyuapi  dan merawat bayi merupakan salah satu tantangan yang akan Anda hadapi. Mempersiapkan anak Anda untuk masuk dan berkembang dalam masyarakat dan lingkungan adalah tantangan yang berbeda lagi.

Kelas parenting dapat membantu orang tua belajar lebih banyak tentang apa yang akan terjadi atau tantangan yang sedang terjadi dan mempersiapkan diri untuk setiap tahap perkembangan. Menguasai dasar-dasar parenting akan jadi sangat berharga, dan anda bisa mendapatkannya dari kelas-kelas parenting yang diisi oleh para pakar.

2. UPDATE TENTANG PERKEMBANGAN ILMU PARENTING

Sebagai orang tua yang sibuk, sulit untuk tetap mengetahui temuan ilmiah atau metode-metode terbaru-tapi sangat penting untuk mempelajari ini karena zaman terus berubah, demikian juga lingkungan masyarakat yang akan dihadapi anak-anak kita.

Misalnya, para peneliti dalam bidang psikologi perkembangan anak telah menemukan bahwa mudah bagi orang tua untuk secara tidak sengaja menyebabkan kerusakan karakter anak  dengan cara memuji anak-anak mereka secara berlebihan. Banyak orang tua secara naluriah mengatakan kepada anak-anak mereka bahwa mereka pintar saat melakukan sesuatu yang mengesankan atau tepat pada usaha pertama – namun penelitian telah menunjukkan bahwa ini sebenarnya bisa menjadi hal yang kontraproduktif.

Juga kelas-kelas parenting tentang perkembangan anak yang berkaitan dengan pendidikan maupun kesehatan anak. Menghadiri kelas parenting dapat membantu Anda tetap mengikuti perkembangan seperti itu. Anda akan mendapatkan kesempatan untuk  dari para ahli dan mengajukan pertanyaan Anda – dan kemudian dapat menerapkan saran mereka.

3. PELAJARI CARA TERLIBAT YANG EFEKTIF DALAM PERKEMBANGAN  ANAK

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua merupakan salah satu faktor terpenting dalam pencapaian akademik siswa. Dalam sebuah studi yang melibatkan lebih dari 10.000 siswa, orang tua, guru dan administrator, periset di North Carolina State University, Universitas Brigham Young dan University of California, menemukan bahwa orang tua dapat membuat anak mereka lebih mungkin untuk sukses di sekolah dan kehidupan dengan rutin terlibat dalam pekerjaan rumah mereka dan menghadiri acara sekolah.

Dari memberi nasehat tentang pertanyaan yang harus Anda tanyakan kepada anak Anda, berbagi strategi tentang bagaimana cara terlibat yang efektif dengan pelajaran anak-anak Anda, kelas parenting dapat membantu Anda belajar cara-cara untuk lebih terlibat secara efektif dan positif.

4. MENEMUKAN CARA MENCOCOKKAN GAYA PARENTING ANDA DENGAN KEPRIBADIAN ANAK ANDA.

Sebagai orang tua, Anda mungkin telah dengan cepat belajar bahwa pola asuh juga berarti menyesuaikan antara disiplin, pujian dan strategi pengasuhan anak terhadap kebutuhan individual anak Anda. Dan hal ini berdampak kepada pribadi anak kelak.

Menurut sebuah studi di University of Washington, orang tua dapat mengurangi separuh kecenderungan anak mereka untuk depresi atau gangguan kecemasan dengan menggunakan gaya mengasuh anak yang diarahkan pada kepribadian anak mereka. Sebaliknya, orang tua yang menggunakan gaya yang tidak sesuai dengan kepribadian anak bisa melipatgandakan kemungkinan anak menjadi depresi atau cemas.

Wajar saja, kebanyakan orang tua mencoba memahami kebutuhan anak mereka, tapi tidak selalu mudah untuk diketahui, terutama saat masalah perilaku atau emosional masuk di dalamnya. Kelas parenting yang ditujukan untuk anak-anak dengan masalah tertentu, atau usia tertentu, benar-benar dapat membantu Anda mengatasi masalah itu.

manfaat mengikuti kelas parenting

5. MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ORTU

Menjadi orang tua membutuhkan banyak keberanian untuk mengatasinya dan kadang berpura-pura tahu apa yang sedang Anda lakukan. Sebenarnya, kepercayaan diri sangat penting untuk mengasuh anak dengan baik. Anak-anak Anda harus percaya bahwa Anda tahu apa yang Anda lakukan, atau mereka nantinya merasa tidak aman dan sulit untuk mempercayai orang lain (yang secara teratur disebut sebagai faktor penting dalam kesuksesan anak)

Bagaimana kelas parenting bisa berfungsi mengatasi ini? Kelas-kelas ini bisa memberi kepercayaan pada tindakan Anda sehingga Anda bisa menularkan kepercayaan itu kepada anak-anak. Anda akan punya cukup keyakinan bahwa Anda satu pola asuh dengan benar, berkesempatan bertemu dengan orang tua lain yang berada dalam situasi yang sama dan menemukan strategi yang dapat Anda gunakan saat Anda membutuhkan.

6. BERTEMU ORANG TUA LAIN DENGAN PENGALAMAN YANG SAMA

Mari kita mengakui ini: mengasuh anak kadang-kadang sulit dilakukan! Itulah mengapa penting untuk bertemu dengan orang tua lain yang menghadapi tantangan yang sama dengan Anda. Sambil belajar strategi mengasuh anak baru, terkadang Anda hanya perlu seseorang untuk mendengarkan dan  memahami apa yang Anda alami. Apakah Anda memiliki seorang anak berusia 18 bulan yang tidak akan membiarkan anda berhenti mengendongnya a atau putri berusia 5 tahun yang tidak berhenti menangis saat ditinggal pengasuhnya pulang? Kelas parenting dapat membantu Anda menemukan orang tua lain yang mengerti apa yang sedang  Anda hadapi.

Ada satu pesan untuk poin ini: kelas parenting tidak sama dengan kelompok sharing. Jangan pergi ke kelas, workshop atau seminar  parenting dan mengharapkan diskusi mendalam perasaan dan tantangan Anda sepanjang sesi. Sebagai gantinya, gunakan kelas parenting sebagai kesempatan untuk belajar keterampilan baru sekaligus mendapat dukungan dari sesama orang tua. Terkadang cukup untuk bisa berada bersama orang tua lain yang mengalami pengalaman yang sama.

KELAS SCHOOL OF PARENTING UNTUK ANAK DAN ORANG TUA YANG LEBIH BAHAGIA

Kelas parenting dari School Of Parenting (SOP) tidak hanya untuk orang tua muda atau orang tua yang tidak berpengalaman; kelas kami untuk semua orang yang ingin menjadi orang tua yang lebih baik. Bahkan jika Anda mengikuti buku dan blog parenting, membaca penelitian terbaru dan sangat terlibat dalam pendidikan anak Anda, kelas parenting dapat memberi Anda akses ke banyak pengetahuan dan pengalaman yang berbeda dengan apa yang anda miliki sebelumnya. Dengan memilih menghabiskan beberapa jam bersama orang tua lainnya, anda bisa berbagi dan mendapati sudut pandang yang baru.

Pada akhirnya, memang benar setiap anak berbeda. Apa yang berhasil untuk satu anak mungkin tidak berhasil pada anak yang lain, dan kelas parenting kami bisa jadi tidak dapat menyelesaikan semuanya. Namun, mereka dapat memberi Anda banyak strategi yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari Anda, membantu Anda menemui orang tua lain di situasi yang sama dan meningkatkan kepercayaan diri terhadap kemampuan mengasuh anak Anda sendiri.

Jadi, apakah Anda masih ragu untuk belajar lagi, Parents?

Baca juga:

  1. Cermat Belajar Parenting Lewat Sosmed
  2. Kelas Online VS Kelas Tradisional Bagus Mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *