Banner Header Komunitas SOP

Bantu Anak Beradaptasi di New Normal Yuk!

Browse By

“Aku gak mau pakai masker ah Bund, kan pengap!”

“Nanti perginya gak usah pakai masker aja ya Mah, kan udah New Normal….”

Si kecil merengek tidak mau menggunakan masker lagi dengan berbagai macam alasan? Mulai dari merasa pengap, tidak bisa bernapas dengan lega, panas, risih, dan anggapan bahwa semua sudah kembali NORMAL?

Ya, bagi si kecil istilah New Normal mungkin saja diartikan dengan tidak menggunakan masker, atau tidak perlu sering cuci tangan. Padahal, meskipun sebutannya New Normal, kita wajib terus mematuhi protokol kesehatan. Lalu, bagaimana sih membantu anak beradaptasi dengan perubahan di new normal ini? 

 

Bantu Anak Adaptasi di New Normal!

  1. Jelaskan Apa Saja yang Berubah dan Tidak Berubah

Perubahan yang terjadi tentu saja membuat anak bingung. Maka jelaskan pada anak apa saja yang berubah dan tidak berubah di new normal ini, Misalnya, jelaskan bahwa anak masih boleh menelpon teman, masih boleh pergi bersama keluarga terdekat, boleh bermain sepeda atau melakukan aktivitas di luar ruangan lainnya. 

Jangan lupa jelaskan juga bahwa anak masih harus menggunakan masker, menjaga jarak dengan teman dan rajin mencuci tangan. Khususnya setelah selesai bermain. Bantu anak memahami aktivitas rutin yang tetap mereka lakukan. 

Kemudian sebutkan aktivitas apa saja yang berubah. Misalnya, rencana bahwa anak akan mulai masuk sekolah hingga pekerjaan orang tua yang sekarang mulai dilakukan di kantor kembali.  

2. Gunakan Bahasa Sederhana

Gunakan bahasa sederhana saat membantu anak memahami tentang new normal. Sebagai contoh, “dek kita sudah boleh pergi ke mall lagi loh sekarang, tapi tetap pakai masker ya”; “dek sebentar lagi mau masuk sekolah nih, kan udah new normal.”

bantu anak memahami new normal

 

3. Bicarakan tentang Protokol Kesehatan

Bantu anak beradaptasi dengan menjelaskan mengenai protokol kesehatan yang wajib dipatuhi. Misalnya, jelaskan bahwa si kecil boleh bermain bersama teman tapi hanya beberapa orang saja dan tidak boleh menggerombol. Parents bisa memberikan opsi beberapa permainan yang membuat anak tidak saling berdekatan. Misalnya saja lompat tali, permainan telepon benang dan botol plastik, atau bermain pesawat kertas. 

4. Jelaskan bahwa Masker itu Penting dan Tidak Menakutkan

Si kecil mungkin mulai menolak menggunakan masker karena tidak nyaman. Mak, bantu anak memahami bahwa penggunaan masker itu penting dan bukan hal yang menakutkan. Dengan begitu, anak akan mulai beradaptasi dengan new normal.

Trik Anak Betah Pakai Masker

Beberapa trik berikut ini bisa Parents coba agar anak betah pakai masker!

  • Berlatih menggunakan masker selama di rumah. Mulai dari 5 menit, kemudian semakin lama tingkatkan waktunya
  • Beri masker pada mainan kesukaan anak. Misalnya boneka, bola, atau mobil-mobilan untuk menarik perhatian anak.
  • Beri kesempatan anak memilih masker sendiri atau mendekorasi ulang masker menggunakan pernak pernik lucu favorite anak. 
  • Ajak anak membuat masker untuk mainannya
  • Jaga anak agar tangannya tetap sibuk sehingga mereka lupa tidak memegang area wajah
  • Ajarkan anak mengusap wajah menggunakan lengan bagian dalam yang tertutupi baju, atau menyingkirkan rambut di area wajah menggunakan pulpen dan bukan langsung menggunakan tangan.

Tips Agar Anak Semangat Mencuci Tangan

  • Ajak anak mencuci tangan sambil bernyanyi. Ada banyak sekali lagu tentang cuci tangan untuk anak yang bisa Parents coba nyanyikan bersama anak
  • Beri contoh cuci tangan, sehingga anak juga mengikuti
  • Buatlah kegiatan mencuci tangan sebagai aktivitas rutin sehari-hari.

Perubahan yang terjadi di the new normal  mungkin saja belum dipahami sepenuhnya oleh anak. Maka dari itu, orang tua wajib membantu anak untuk memahami sembari beradaptasi dengan The New Normal ini. 

Baca Juga:

  1. New Normal Artinya …
  2. Skenario Sekolah Setelah Pandemi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *