Pilih SD negeri atau SD swasta?
Parenting School Life Usia Sekolah

Timbang-Timbang Pilih Sekolah SD, Enaknya Negeri atau Swasta Ya?

“Bu Sekar, anaknya besok mau di sekolahkan di SD mana?”

“Wah Bu saya belum tahu, masih milih-milih ini. Kalau Bu Santi sendiri bagaimana?”

“Ooo… ya sama, saya masih bingung, kira-kira mau memilih sekolah negeri atau swasta ya?”

————————————————————————————————————————

Perbincangan di atas tentu menjadi hal yang paling sering dilakukan Ibu-Ibu belakangan ini. Pasalnya, awal ajaran baru memang sudah dekat, sehingga banyak orangtua yang berlomba-lomba mencari informasi tentang berbagai sekolah dasar (SD). Nah, berbicara tentang memilih sekolah, masih banyak nih orangtua yang bingung ingin memilih SD negeri atau SD swasta bagi buah hati.

Kebingungan orangtua dalam memilih SD negeri atau swasta ternyata hampir selalu dirasakan tiap tahunnya loh. Lalu apa sih yang membuat orangtua bingung? Ya, apalagi kalau bukan berbagai macam pertimbangan terkait biaya dan fasilitas dari masing-masing SD tersebut.

Tapi, ternyata bukan hanya dua hal tersebut yang selalu menjadi pertimbangan utama orangtua. Banyak faktor lain yang mulai dipertimbangkan orangtua dalam memilih sekolah SD negeri atau swasta. Beberapa faktor yang menjadi pertimbangan orang tua dalam memilih SD negeri atau SD swasta adalah sebagai berikut:

Pertimbangan Memilih SD Negeri dan SD Swasta:

  • Biaya Sekolah

Biaya sekolah mungkin menjadi pertimbangan pertama orangtua dalam rangka memilih sekolah untuk anak. Pasalnya biaya antar sekolah satu dengan sekolah lain memang berbeda. Biasanya biaya SD negeri memang jauh lebih murah dari pada SD swasta. Hal ini karena aturan pemerintah yang membebaskan murid SD negeri untuk membayar uang bulanan.

Walaupun dalam praktiknya masih saja ada beberapa SD negeri yang mewajibkan siswanya membayar beberapa iuran tambahan, untuk alasan tertentu. Misalnya uang untuk les tambahan, sumbangan pembangunan gedung atau beberapa tambahan biaya untuk pentas seni tahunan. Namun, rasa-rasanya biaya ini tetap lebih terjangkau daripada biaya SD swasta.

Pasalnya, SD swasta memang mewajibkan siswanya untuk membayar uang bulanan dan uang gedung dengan jumlah tertentu. Belum lagi biaya pendaftaran ulang di awal tahun ajaran.

  • Fasilitas

Setelah biaya sekolah, hal selanjutnya yang menjadi pertimbangan orangtua dalam memilih SD negeri atau SD swasta adalah masalah fasilitas yang diperoleh. Misalnya, apakah ada fasilitas lapangan terbuka untuk tempat bermain anak, bagaimana dengan kondisi gedung sekolah, hingga apakah ada fasilitas LCD dan fasilitas penunjang belajar lainnya di tiap kelas.

Fasilitas-fasilitas tersebut biasanya akan mendorong orangtua dalam memilih SD negeri atau swasta. Tentunya, orangtua tidak ingin anaknya bersekolah di tempat yang memiliki fasilitas kurang layak, karena bisa mengganggu konsentrasi belajarnya.

  • Lamanya Jam Belajar

Lamanya belajar siswa juga menjadi pertimbangan orangtua dalam memilih SD negeri atau SD swasta.

Cukup banyak orangtua yang mulai sadar bahwa jika anak terlalu lelah saat di sekolah, mungkin karena jam belajar yang terlalu lama, maka akan mempengaruhi kehidupan sosialnya.

Contoh, saat pulang sekolah anak jadi tidak punya waktu lagi untuk bermain bersama dengan teman. Akibatnya kehidupan sosial anak menjadi terganggu. Oleh karena itu, orangtua biasanya memilih sekolah dengan waktu atau jam belajar standar.

  • Lingkungan Pergaulan

Lingkungan pergaulan memang dianggap sebagai salah satu hal yang bisa mempengaruhi sikap dan moral anak. Itulah mengapa kebanyakan orangtua memilih sekolah yang memiliki lingkungan pergaulan positif. Beberapa orangtua mungkin akan memilih SD swasta khususnya yang berbasis agama, karena dianggap memiliki lingkungan pergaulan yang positif bagi anak-anak.

Tapi, tak jarang nih beberapa orangtua justru memilih SD negeri atau SD Swasta Nasional karena menganggap kedua jenis sekolah tersebut memiliki murid lebih beragam sehingga anak bisa belajar tentang toleransi , baik dalam perbedaan agama maupun perbedaan etnis.

  • Jumlah Siswa

Jumlah siswa tiap kelas juga menjadi bahan pertimbangan orangtua dalam memilih SD negeri atau SD swasta untuk buah hati. Orangtua menganggap semakin sedikit jumlah murid dalam satu kelas, maka guru akan semakin fokus dan memperhatikan tiap muridnya.

Sedangkan semakin banyak jumlah murid dalam satu kelas, tentu akan mempengaruhi konsentrasi anak dalam belajar. Anak yang sudah memiliki kecenderungan tidak fokus tentu akan kesulitan dalam berkonsentrasi dan memahami tiap mata pelajaran.

  • Lokasi Sekolah

Lokasi sekolah memang cukup penting dan menjadi pertimbangan orangtua dalam memilih SD, baik SD negeri maupun SD swasta. Kebanyakan orangtua memilih sekolah yang dekat dengan rumah, atau dekat dengan  tempat kerja sehingga orangtua bisa mengantar dan menjemput anak tiap harinya.

Hal ini wajar dilakukan mengingat banyaknya pelaku kejahatan yang ada di luar sana. Sehingga orangtua perlu memberikan pengawasan ekstra pada anak. Bukan hanya itu, lokasi sekolah juga biasanya dipilih dekat dengan pertimbangan mudahnya akses transportasi menuju sekolah. Sehingga, terhindar dari macet dan telat masuk sekolah.

  • Kenyamanan Anak

Kenyamanan anak ternyata menjadi faktor yang cukup penting dalam memilih SD negeri atau SD swasta. Hal ini karena sekolah layaknya rumah kedua bagi anak, sehingga penting bagi orangtua memilih SD yang memang membuat anak nyaman.

Anda bisa melakukan kunjungan baik di SD negeri atau SD swasta bersama dengan anak. Kemudian tanyakan pada anak kira-kira lebih nyaman bersekolah di SD mana. Sebaiknya tanyakan juga alasan anak memilih SD tertentu.

  • Terbukanya Akses Komunikasi Orangtua dan Pihak Sekolah

Yang tidak kalah penting dalam memilih SD negeri atau SD swasta adalah terbukanya akses komunikasi antar orangtua dan pihak sekolah. Sehingga mempermudah orangtua dalam memantau perkembangan anak.

Mana yang Lebih Baik, SD Negeri atau Swasta?

Baik SD negeri atau SD swasta tentu bisa berdampak positif bagi anak. Yang paling penting adalah perhatian yang diberikan orangtua pada anak setiap harinya. Orangtua perlu memantau perkembangan pendidikan anak, baik di SD negeri maupun SD swasta. Sebaiknya terus berikan semangat belajar yang tinggi pada anak tiap harinya dengan cara-cara sederhana.

Misalnya temani anak belajar, tanyakan pada anak apakah ada mata pelajaran yang dianggap sulit atau belum dikuasai, tanyakan juga bagaimana pergaulannya dengan teman-teman di sekolah. Perhatian dan kepedulian yang Anda berikan pada anak tentu akan membuat anak semangat dalam belajar.

Jadi, apapun pilihan sekolah dasar (SD) bagi anak, yang paling penting adalah perhatian dan pendidikan moral yang Anda berikan di rumah. Karena sekolah pertama anak-anak adalah di rumah bersama Anda, orangtuanya. Sehingga perkembangan pendidikan anak bukan hanya tanggung jawab guru di sekolah, namun juga menjadi tanggung jawab Anda sebagai orangtua di rumah.

Selain itu, sebaiknya dalam memilih sekolah perlu dilakukan observasi terlebih dahulu. Anda bisa mulai mengumpulkan informasi tentang SD swasta maupun SD negeri yang menjadi dambaan Anda.

Baca juga:

  1. Mau Memilih Sekolah? Cek Dulu Daftar Ini!
  2. Usia 6 Tahun Boleh Kok Masuk SD, Asal…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *