× DAFTAR GRATIS Masuk
Artikel Kelas Online Tanya Ahli Workshop Online Mitra Sekolah Belanja Pintar Tentang Kontak
Tips Anti Student Burnout selama PJJ

07 November 2020

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) membuat anak menjadi tertambat pada penggunaan layar. Padahal aktivitas yang bertumpu pada penggunaan layar mengakibatkan beberapa efek buruk, salah satunya Burnout selama pembelajaran jarak jauh.

Burnout selama proses PJJ mungkin sekali dirasakan oleh anak hampir setiap hari. Jadwal pelajaran yang padat, tugas dari setiap mata pelajaran, atau waktu PJJ yang saling berdekatan membuat anak semakin lama berada di depan layar. Akibatnya, kelelahan fisik seperti sakit punggung dan rasa pegal di mata tak terhindarkan. Belum lagi kelelahan secara mental karena terlalu banyak tugas dan kurangnya interaksi sosial anak dengan teman sebaya, menambah burnout pada anak. 

Secara luas, burnout dapat didefinisikan sebagai kehilangan motivasi atau energi akibat stres maupun kelelahan. Hal ini bisa ditandai dengan adanya rasa marah, mudah tersinggung, cemas, kehilangan fokus, dan permasalahan dalam menyelesaikan persoalan, jelas Dr.Pam Hurst-Della Pietra, founder dan presiden dari Children and Screen: Institusi Media Digital dan Perkembangan Anak, yang meneliti mengenai dampak teknologi terhadap anak.

Contact Us School of Parenting