Banner Header Komunitas SOP

10 “Balas Dendam” yang Terlarang Dilakukan Saat Pasangan Ketahuan Selingkuh

Browse By

Tidak ada hal yang lebih menyakitkan dalam pernikahan selain perselingkuhan. Kenapa? Karena Anda masih bisa mengatasi masalah yang timbul karena kehilangan pekerjaan, masalah yang muncul saat anak sakit hingga kesedihan saat kehilangan orangtua. Semua permasalahan tersebut bisa diatasi bersama dengan pasangan karena pasangan mungkin saja memiliki solusi untuk menghadapi semua masalah tersebut.

Tapi perselingkuhan? Perselingkuhan ibarat hama yang menyerang tanaman. Mungkin tidak nampak, tapi tiba-tiba saja semua tanaman yang Anda tanam bisa layu dan akhirnya mati.

Saat perselingkuhan “hadir” dalam rumah tangga, Anda seperti hidup dan berjuang sendiri. Sebab pasangan malah memperhatikan dan mencintai orang lain.

Lalu, apakah Anda harus berhenti berjuang mempertahankan pernikahan?

Tidak! Anda tidak boleh berhenti berjuang mempertahankan pernikahan meskipun harus berusaha sendiri. Setidaknya Anda bisa mencoba untuk mempertahankannya meskipun ini sulit.

Namun, sekalipun anda seperti hendak melakukan segala macam upaya “balas dendam” saat pasangan ketahuan selingkuh, urungkan niat untuk lakukan 10 hal ini.

10 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Pasangan Selingkuh

1. Jangan Mengacuhkan Perselingkuhan

Hal pertama yang perlu dilakukan saat Anda mengetahui bahwa pasangan selingkuh adalah jangan pernah mengacuhkan perselingkuhan. Meskipun pada awalnya Anda takut dan ragu bahwa ia selingkuh, tapi lebih baik jika Anda melakukan pengecekan ulang beberapa kali hingga Anda tahu jawaban yang sebenarnya.

Bisa dengan memeriksa daftar telepon atau daftar pesan di smartphonenya karena perselingkuhan di era digital saat ini paling sering terjadi melalui media sosial atau layanan messengers

Sebaiknya jangan langsung menghakimi pasangan karena beberapa bukti perselingkuhan yang Anda temukan. Akan lebih baik menanyakan kebenarannya dengan kepala dingin dan segera mencari solusi atas permasalahan yang terjadi.

  1. Stop Bercerita Keburukan Pasangan Pada Orang lain

Siapa yang tidak kesal melihat pasangan sendiri selingkuh? Kekesalan tersebut biasanya mendorong Anda bercerita tentang keburukan pasangan pada orang lain. Tapi, apakah cara ini bisa menyelesaikan masalah yang Anda hadapi?

Tentu saja tidak! Semakin banyak Anda bercerita tentang keburukan pasangan, semakin banyak orang lain tahu juga tentang keburukan Anda sendiri. Maka hindarilah melakukan hal ini.

  1. Hindari Merusak Barang-Barang Saat Marah

Kemarahan yang muncul karena melihat pasangan Anda selingkuh, tak jarang membuat Anda khilaf dengan merusak semua barang yang ada di sekitar. Misalnya dengan melempar atau memecahkan barang-barang. Tapi ketahuilah bahwa cara ini sama sekali tidak akan memperbaiki keadaan.

Merusak barang-barang hanya akan merugikan Anda sendiri, terlepas apakah barang yang Anda rusak miliki pribadi ataupun milik pasangan. Sebaiknya, salurkan amarah Anda dengan cara lain. Bisa dengan menangis atau berteriak. Tapi, lakukan hal ini saat sedang tidak berada disamping anak-anak.

  1. Jangan Libatkan Anak-Anak

Hal lain yang tidak boleh Anda lakukan saat pasangan berselingkuh adalah melibatkan anak-anak dalam permasalahan Anda. Anak-anak tak seharusnya menjadi penengah atau bahkan tameng diantara permasalahan Anda dan suami. 

Sebaiknya hindari mengatakan pada anak bahwa Ayah atau Ibu mereka sedang pergi bersama wanita atau pria lain dan meninggalkan Anda dan anak-anak di rumah. Sungguh, anak-anak tidak perlu mendengar semua cerita ini di masa kanak-kanak mereka. 

  1. Jangan Pernah Balas Dendam dengan Balik Selingkuh

Sebaiknya jangan pernah membalas dendam pada pasangan dengan berselingkuh saat Anda mengetahui ia berselingkuh. Seburuk apapun perselingkuhan yang ia lakukan, jangan pernah membalasnya dengan melakukan hal yang sama karena hal tersebut sama sekali tidak akan menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi. Rumah tangga yang telah dibangun bersama justru akan semakin berada di ujung tanduk karena masalah perselingkuhan ini akan semakin panjang.

 yang tidak boleh dilakukan saat pasangan berselingkuh

  1. Jangan Pernah Beranggapan Anda Pantas Diselingkuhi!

Beberapa orang menganggap bahwa ia pantas diselingkuhi karena satu dan lain hal. Tapi ini adalah pemikiran yang keliru. Tidak ada satupun suami / istri yang pantas diselingkuhi selama masih dalam ikatan pernikahan yang sah. Setiap pasangan wajib merasa bahagia. Maka jangan pernah memiliki pemikiran seperti ini.

  1. Stop Melakukan Kekerasan Fisik Pada Pasangan

Memukul, menampar atau melakukan kekerasan lainnya pada pasangan saat mengetahui ia selingkuh bukanlah cara yang bijak untuk dilakukan. Bukankah dengan melakukan kekerasan fisik pada pasangan, hati Anda akan semakin hancur? 

Tak hanya itu, setiap kekerasan fisik yang Anda lakukan pada pasangan justru bisa memberinya alasan untuk meninggalkan Anda dan memilih hidup bersama selingkuhannya. Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan?

  1. Hentikan Oversharing di Medsos

Banyak orang di luar sana yang sengaja mengumbar semua hal pribadi dalam hidupnya di medsos. Mulai dari hal yang membahagiakan hingga hal-hal yang menyedihkan, seperti perselingkuhan yang dialami. Tapi, bukankah hal ini sama saja mengumbar aib pribadi?

Meskipun tujuan Anda adalah “balas dendam” atau mempermalukan orang yang berselingkuh dengan pasangan anda, tapi langkah ini sama sekali bukan hal yang bijak dan tidak akan menyelesaikan masalah. Sebaiknya, hindari melakukan hal ini jika Anda mengetahui pasangan selingkuh.

  1. Jangan Sepelekan Masalah Perselingkuhan

Jangan pernah anggap perselingkuhan sebagai angin lalu yang nantinya akan berhenti dengan sendirinya. Perselingkuhan bukanlah permasalahan yang bisa selesai dengan sendirinya tanpa ada pihak yang berusaha menyelesaikan. 

Anda juga tidak boleh takut dalam menyelesaikan masalah perselingkuhan yang terjadi. Jangan karena menganggap pasangan adalah satu-satunya orang yang membuat Anda bahagia, lalu Anda memilih membiarkan pasangan berselingkuh daripada Anda kehilangan pasangan untuk selamanya.

  1. Jangan Anggap Hidup Anda Berakhir Karena Perselingkuhan

Hidup Anda memang sedang kacau karena masalah perselingkuhan yang sedang dihadapi, tapi bukan berarti kehidupan Anda akan berakhir selamanya. Jika pada akhirnya pun pasangan lebih memilih orang lain, sebaiknya angkat kepala Anda dan mulailah kehidupan baru yang lebih bahagia. Temukan kebahagiaan dari dalam diri anda sendiri, dan anak-anak anda!

Perselingkuhan jelas bukanlah hal yang sepele. Perselingkuhan harus dihadapi dan diselesaikan secara tuntas. Jangan biarkan “balas dendam” yang anda lakukan karena emosi sesaat merusak masa depan anda dan keluarga. 

Baca Juga:

  1. Micro Cheating: Evolusi Selingkuh di Era Digital
  2. Yuk, Rebut Pasangan dari Rayuan Teknologi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *