Banner Header Komunitas SOP

Micro Cheating: Evolusi Selingkuh di Era Digital

Browse By

Siapa yang tidak paham dengan “selingkuh”? Mendengar kata selingkuh saja seringkali membuat Anda geram dan berharap bahwa Anda tidak pernah mengalaminya. Tapi, bagaimana jika ternyata pasangan yang selama ini terlihat menyayangi Anda dan keluarga terbukti berselingkuh? Mungkin saja tandanya tidak terlalu nampak seperti kebanyakan orang yang berselingkuh, tapi nyatanya perselingkuhan tersebut sudah berjalan lama.

Lalu, selingkuh seperti apa sih yang tidak terlalu nampak ini?

Ya, layaknya manusia yang ber-evolusi atau mengalami perubahan dalam masa kehidupannya, “selingkuh” juga mengalami evolusi. Hal ini disampaikan oleh Dr. Martin Graff, seorang profesor psikologi dari Universitas South Wales, dilansir dari laman kompas.com. Menurut Dr. Graff, selingkuh atau perselingkuhan kini telah berevolusi seiring dengan semakin banyaknya waktu yang seseorang habiskan di dunia maya.

Nah, selingkuh yang banyak dilakukan di dunia maya tersebut biasanya disebut dengan micro cheating atau selingkuh kecil. Selingkuh kecil (micro cheating) ini merupakan rangkaian perilaku kecil yang menandakan bahwa seseorang sudah beralih fokus, baik secara emosional maupun fisik pada orang lain selain pasangan resminya.

Tapi, meskipun kecil dan sedikit, yang namanya selingkuh tetaplah selingkuh dan tanda-tandanya sangat perlu Anda pahami demi kesehatan pernikahan anda.

10 tahun yang lalu, tanda pasangan yang selingkuh mungkin bisa terlihat dari banyaknya minyak wangi yang digunakan, pakaiannya yang selalu rapi, atau dirinya yang sering bersolek.

Namun, tidak begitu dengan era yang serba digital sekarang ini. Perselingkuhan sekarang ini nyatanya lebih banyak ditemukan melalui dunia maya, misalnya melalui media sosial yang dimiliki oleh pasangan. Inilah yang menyebabkan tanda perselingkuhan pada era ini berbeda atau mengalami revolusi.

Apa Saja Tanda Selingkuh Kecil (Micro Cheating)?

💔 Jadi Lebih Sering Menyembunyikan Sesuatu

Seseorang yang sedang melakukan selingkuh kecil seringkali menyembunyikan sesuatu pada pasangan, misalnya menjadi sering menyembunyikan ponsel, menyembunyikan aplikasi tertentu dari pasangan atau sengaja sembunyi-sembunyi saat menerima telepon.

Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Gary Brown, seorang ahli terapi pernikahan. Dr. Brown bahkan menambahkan, saat seseorang melakukan selingkuh kecil, mereka akan menyembunyikan sesuatu lebih sering dari biasanya. Jika kondisi ini terus saja berlangsung, maka Anda perlu curiga pada pasangan, karena kemungkinan ia sedang melakukan selingkuh kecil (micro cheating)

💔 Seringkali Diam-Diam Menghubungi Mantan

Menjalin pertemanan dengan mantan sebenarnya bukan masalah yang besar asalkan sesama pasangan saling mengetahuinya. Hal yang menjadi masalah adalah jika hubungan dengan mantan dijalin secara sembunyi-sembunyi.

Misalnya saja bertegur sapa di grup WA atau media sosial lainnya, tanpa sepengetahuan pasangan. Mungkin hal ini sepele bagi sebagian orang, namun hal yang sepele inilah yang tergolong tanda selingkuh kecil.

💔 Sering Memeriksa Akun Medsos Lawan Jenis / Mantan

Tidak ada yang aneh memang saat pasangan melihat-lihat akun medsos lawan jenis, khususnya mantan, jika hal ini dilakukan tanpa sengaja dan hanya sekali. Namun, jika perilaku ini menjadi kebiasaan yang seringkali dilakukan oleh pasangan, bahkan dengan sembunyi-sembunyi, nampaknya Anda perlu curiga. Pasalnya, pasangan mungkin saja sedang merasa tertarik, baik secara fisik maupun emosional pada lawan jenis atau mantan tersebut. Kondisi ini juga bisa tergolong tanda selingkuh kecil, loh!

💔 Sedikit Menjaga Jarak Dari Anda

Bukankah seharusnya tiap orang selalu ingin merasa dekat dengan pasangannya? Tapi, bagaimana jika pasangan sekarang ini justru sedikit mengambil jarak dengan Anda? Apalagi, jika pasangan jadi lebih sering bermain dengan ponselnya. Mungkin saja, pasangan sedang memperhatikan atau tertarik dengan lawan jenis lainnya. Hal ini pun termasuk tanda selingkuh kecil (micro cheating) yang bisa nampak dari pasangan.

💔 Menandai Nama Seseorang dengan Kode di Ponsel

Tanda selingkuh kecil lainnya yang bisa saja dilakukan oleh pasangan adalah menandai nama seseorang dengan kode tertentu di ponsel. Tujuannya, agar Anda tidak mengenal orang tersebut.

Bisa jadi, karena nama yang disembunyikan adalah nama yang selama ini Anda kenal. Nah, jika kode nama tersebut sering muncul di ponsel pasangan, maka Anda perlu waspada. Sebaiknya segera cari tahu dengan bertanya baik-baik secara langsung.

💔 Berbohong Soal Status di Medsos

Zaman sekarang ini siapa sih yang tidak memiliki media sosial (medsos)? Sepertinya hampir semua orang memilikinya.

Pasangan yang sedang melakukan selingkuh kecil biasanya sering berbohong mengenai status pernikahan di media sosialnya. Hal ini mungkin saja dilakukan agar seseorang yang sedang didekatinya tidak berubah haluan, dan tetap menjalin hubungan dengannya. Kondisi inilah yang seringkali termasuk tanda selingkuh kecil yang dilakukan oleh seseorang.

Apakah Selingkuh Kecil (Micro Cheating) Merusak Hubungan?

Banyak yang meragukan bahwa selingkuh kecil akan merusak hubungan, namun tak sedikit juga yang mengatakan bahwa micro cheating berpotensi untuk menimbulkan ketidaksetiaan.

Ya, ketidaksetiaan inilah yang nantinya bisa merusak hubungan jika tidak segera diselesaikan atasi dengan tepat. Lalu bagaimana mengatasinya?

Fokus Pada Hubungan Pernikahan, Jauhkan Pasangan Dari Micro Cheating!

Alih-alih terus meributkan dan memperbesar selingkuh kecil yang dilakukan oleh pasangan, sebaiknya Anda lebih fokus untuk membangun komunikasi yang lebih efektif dan mengusahakan keharmonisan hubungan pernikahan. 

Salah satu caranya adalah dengan membuat aturan penggunaan ponsel untuk Anda dan pasangan (suami istri). Aturan penggunaan ponsel ini sedikit banyak akan membantu pasangan untuk fokus pada Anda saat sedang bersama.

Anda juga bisa berdiskusi tentang batasan perilaku yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh masing-masing pihak. Batasan tersebut haruslah mengarah pada perilaku mana saja yang termasuk selingkuh (micro cheating) dan mana saja yang tidak termasuk dalam micro cheating.

Hal yang paling penting dalam menjalin hubungan pernikahan adalah komunikasi yang baik, kejujuran satu sama lain, saling menghargai, dan sikap saling percaya. Jika beberapa hal tersebut bisa dilaksanakan dengan baik, maka kemungkinan besar pernikahan Anda akan terjauh dari badai perselingkuhan besar maupun kecil.

Baca juga:

  1. Awal Perselingkuhan: Benarkah Karena Rasa Bosan?
  2. Tanda Pasangan Sudah Tidak Mencintai Anda
  3. Cek HP Pasangan: Hanya Jaga-Jaga Atau Tanda Tidak Percaya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *