Banner Header

7 Hal Mengejutkan saat Memiliki Anak Kedua

Browse By

Siapa nih yang ingin menambah momongan? Bukan hanya orangtua, namun biasanya anggota keluarga yang lain juga mengharapkan kehadiran anak kedua. 

Meskipun menambah momongan adalah hal yang membahagiakan bagi Anda dan anggota keluarga lain, namun memiliki anggota keluarga baru berarti juga menambah kesibukan dan kerepotan bagi Anda. 

Setidaknya, Anda harus mengulang kembali rutinitas bangun malam untuk menyusui atau mengulang kembali rutinitas begadang karena anak terbangun di malam hari, dsb. 

Semua rutinitas yang akan Anda alami saat memiliki anak kedua tidak akan banyak berbeda dengan rutinitas yang Anda lakukan saat baru memiliki anak pertama dulu. 

Jika saat memiliki anak pertama dulu Anda cukup terkejut dengan berbagai rutinitas baru yang harus Anda lakukan setiap harinya, hal yang sama juga akan Anda alami saat memiliki anak kedua. Nah, hal mengejutkan apa saja sih yang Anda alami saat memiliki anak kedua nanti?

7 Hal Mengejutkan Saat Memiliki Anak Kedua

👶 Anak Kedua Ingin Menjadi Besar Lebih Cepat

Hal mengejutkan pertama saat memiliki anak kedua adalah mengetahui bahwa anak kedua Anda sangat ingin menjadi cepat dewasa atau lebih cepat besar. 

Ia seringkali meminta untuk makan sendiri, ingin main sendiri tanpa perlu Anda perhatikan bahkan ingin mempraktikkan potty training sendiri. Seolah-olah Ia sudah bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan Anda. 

Semua keinginannya ini tidak lain karena terpengaruh oleh anak pertama Anda yang sudah lebih mandiri. Melihat kakaknya yang sudah bisa melakukan segala hal sendiri, tentu mendorong si adik untuk ikut melakukannya. Bisa dibilang, semua hal yang dilakukan oleh si kakak juga ingin dilakukan oleh anak kedua Anda.  

Seberapapun kuatnya Anda menahan anak kedua Anda ini, rasanya cukup sulit, karena hampir setiap saat ia bersama dengan si kakak dan memperhatikan semua tingkah laku kakaknya. Jadi, jangan kaget jika Anda akan sering melarang, atau mencegah si kecil melakukan ini dan itu.

👶 Anak Pertama Anda Ingin Terus Menjadi Kecil Saat Memiliki Adik

Saat si adik ingin menjadi lebih cepat besar dan dewasa, si kakak justru tidak ingin menjadi besar. Entah apa alasan pastinya, yang jelas bagi si kakak menjadi besar artinya kehilangan perhatian dari Anda. 

Boleh dibilang anak pertama Anda sedang dalam masa sensitif dan cemburu terhadap kehadiran adiknya. 

Anda tidak akan pernah bisa menduga hal apa saja yang bisa dilakukan oleh si kakak karena merasa cemburu dengan adiknya. Hal inilah yang membuat Anda harus bersiap setiap saat, sehingga bisa mengatasi rasa cemburu si kakak dengan baik. 

👶 Dunia Anda akan Berjalan Lebih Lambat

Hal mengejutkan lainnya yang akan Anda alami saat memiliki anak kedua adalah merasa bahwa dunia berjalan jauh lebih lambat dari biasanya. Jika ketika memiliki anak pertama dulu, Anda bisa dengan mudah membawanya berbelanja, atau sekedar pergi berjalan-jalan di taman. Tidak demikian saat Anda sudah memiliki dua anak sekaligus. 

Bayangkan saja berapa lama waktu yang diperlukan untuk mempersiapkan dua anak Anda sebelum pergi. Misalnya, mengganti pakaiannya, menyiapkan perlengkapan sebelum pergi, menyiapkan stroller si kecil, hingga harus menurunkan si kakak dan si adik dari kendaraan pribadi. Semua rutinitas ini membutuhkan banyak waktu yang membuat Anda merasa bahwa dunia berjalan sangat lambat. 

👶 Anda Tidak Bisa Pergi Bebas Kemanapun dengan Membawa 2 Anak

Belum cukup hanya terkejut karena si kakak cemburuan dengan adiknya, hal mengejutkan lainnya yang akan Anda alami saat memiliki anak kedua adalah Anda tidak bisa pergi kemanapun dengan bebas sambil membawa dua anak sekaligus. 

Bayangkan saja harus berjalan dengan kedua anak Anda sambil membawa tas bayi, stroller, dan tas pribadi Anda sendiri. Bayangkan juga betapa repotnya harus lebih memperhatikan si kakak yang iri dengan adiknya karena tidak perlu jalan dan bisa naik stroller.  

👶 Merasa Damai saat Melihat Kedua Anak Anda Bermain Akur Bersama

Rasanya akan sangat damai dan bahagia melihat anak pertama dan kedua Anda bermain dengan akur. Mengingat di tahun-tahun awal kelahiran anak kedua, si kakak sering sekali bertengkar dengannya. 

Kini tiba saatnya kedua anak Anda bisa saling memahami dan bermain dengan akur, maka tidak ada hal lain yang Anda rasakan selain bahagia dan merasa damai. Inilah hal lain yang mengejutkan saat memiliki anak kedua.

perubahan saat memiliki anak kedua

👶 Merasa Sangat Frustasi saat Kedua Anak Bertengkar

Saat Anda merasa sangat damai melihat kedua anak bermain dengan akur, maka sebaliknya Anda akan merasa sangat frustasi saat melihat mereka bertengkar. 

Pertengkaran yang terjadi ini bukan hanya sekali dalam sehari,loh. 

Biasanya kedua anak Anda akan kerap bertengkar karena hal-hal yang sepele, meskipun pada akhirnya mereka akan kembali berbaikan. Inilah hal mengejutkan yang akan Anda rasakan saat memiliki anak kedua. 

👶 Anak Kedua akan Melengkapi Keluarga Anda

Seberapa banyaknya Anda merasa lelah karena merawat dan mengasuh dua anak sekaligus. Kehadiran anak kedua akan semakin melengkapi keluarga Anda. 

Rasa lelah, frustasi dan kebingungan yang anda alami akan mendadak hilang dan seperti mendapat kebahagiaan 2x lipat ketika mereka menunjukkan rasa sayangnya pada anda. 

Menambah momongan setelah memiliki satu anak memang hal yang harus dipikirkan dan dipersiapkan dengan baik. Persiapan yang perlu Anda lakukan misalnya persiapan finansial,dan tentunya persiapan mental menyambut kehadiran anggota keluarga baru.  Terlebih, persiapkan mental anak pertama menyambut kelahiran adik baru.

Percaya atau tidak, dengan kehadiran anak kedua bahkan ketiga akan menambah kebahagiaan Anda sebagai orangtua. Jadi sebaiknya jangan terlalu takut untuk menambah momongan jika merasa sudah siap,ya!

 Baca juga:

  1. Siapkan Mental Anak Menyambut Adik Baru
  2. Ingin Menambah Momongan? Pahami Dulu Jarak Kelahiran Ideal
  3. Mengenal “Big Sibling Blues”: Langkah Kurangi Iri pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *