Banner Header Komunitas SOP

Aktivitas yang Perlu Anda Lakukan dengan Anak Usia 1 Tahun Setiap Hari

Browse By

Memiliki anak usia 1 tahun memang sangat menyenangkan dan menggemaskan, apalagi jika Anda bisa menemaninya sepanjang hari. Sayangnya, beberapa Ibu merasa bingung aktivitas apa saja yang seharusnya dilakukan bersama dengan si kecil yang baru berusia 1 tahun ini setiap harinya.

Nah, beberapa aktivitas menyenangkan dan mengedukasi di bawah ini patut Anda coba loh!

  1.       Bermain dengan Bola

Si kecil memang belum begitu mengerti bagaimana bermain dengan bola. Tapi, bermain dengan bola adalah salah satu permainan wajib yang perlu Anda mainkan bersamanya setiap hari.

Pasalnya, bermain bola karet dapat melatih otot tangan si kecil. Anda dan si kecil bisa saling melempar bola dan menangkap bola karet. Permainan ini membantu si kecil untuk menangkap objek tertentu yang menghampirinya sehingga fungsi organ motorik anak juga mulai terasah.  

  1.       Bermain dengan Building Block

Permainan building block seperti menyusun menara, membuat jembatan atau sekedar membentuk bangunan kubus akan mengasah kreativitas anak-anak. Maka dari itu, jangan lupa mengajak si kecil bermain building block setiap hari dan lihatlah kemampuannya menciptakan sesuatu.

  1.       Kenalkan Berhitung

Meskipun masih cukup kecil, tidak ada salahnya mengenalkan anak berhitung atau cukup mengenalkannya dengan angka. Mulailah dengan hitungan sederhana seperti dari hitungan 1 sampai tiga. 

Berbagai benda di sekitar Anda juga bisa Anda gunakan sebagai objek hitung. Misalnya menghitung mainan anak seperti menghitung bola, menghitung pom-pom, menghitung buku, dsb.

  1.       Kenalkan Kebiasaan Membaca

Setelah mengenalkan anak dengan menghitung, jangan lupa kenalkan anak pada kebiasaan membaca. Kebiasaan membaca buku cerita mampu mengubah mood anak dengan cepat. Misalnya, saat anak sedang tantrum, maka ajak ia membaca buku cerita dan melihat gambar-gambar di dalamnya. Dijamin deh, tantrum si kecil akan mereda dengan cepat.

aktivitas bersama anak usia 1 tahun

  1.       Jangan Lupa Bernyanyi Bersama

Bernyanyi bersama juga merupakan kegiatan yang perlu Anda lakukan dengan anak usia 1 tahun setiap harinya. Melalui aktivitas bernyanyi, kemampuan bahasa anak juga bisa berkembang dengan cepat. Sebaiknya, ajak anak bernyanyi lagu anak-anak dengan lirik yang mudah dihafal.

  1.       Peluk si Kecil

Berilah si kecil pelukan setiap harinya. Melalui pelukan ini maka kelekatan antara Anda dan si kecil semakin terjalin. Kelekatan ini sangat penting karena salah satu kunci perkembangan anak di masa yang akan datang.

  1.       Bermain Sensory Board

Permainan sensory board merupakan permainan yang sangat mengedukasi si kecil yang baru berusia 1 tahun. Melalui permainan ini, si kecil mulai mengembangkan berbagai macam indera perasanya melalui sentuhan tangan-tangan mungilnya. Itulah mengapa aktivitas ini cukup penting dilakukan setiap hari dengan si kecil.

  1.       Bermain dengan Boneka

Jangan lupa untuk bermain boneka bersama dengan anak. Melalui permainan boneka ini, Anda bisa mengajari anak tentang kasih sayang. Misalnya dengan mengajarkan anak untuk menyayangi boneka dengan cara memeluknya.

  1.       Menyusun Puzzle

Aktivitas lainnya yang perlu Anda lakukan setiap hari dengan anak usia 1 tahun adalah permainan menyusun puzzle. Melalui permainan ini, si kecil belajar menyelesaikan masalah. Untuk itu, sediakan permainan puzzle untuk si kecil setiap harinya.

Beberapa Ibu mungkin merasa bingung aktivitas apa saja yang perlu dilakukan bersama si kecil yang baru berusia 1 tahun. Nah, beberapa aktivitas di atas patut Anda coba bersama si kecil setiap harinya. Selamat mencoba

Baca juga:

  1. STEAM, Pilihan Pembelajar Abad 21
  2. Kenalan Yuk dengan Metode Belajar STEAM Bagi Si Kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *