Banner Header Komunitas SOP

Makanan yang Sebaiknya Tidak Diberikan Kepada Anak di Bawah 1 Tahun

Browse By

Setiap orangtua mengharapkan anaknya bisa tumbuh dengan sehat tanpa suatu masalah apa pun. Untuk mewujudkan hal tersebut, orangtua harus tahu kebutuhan anak. Orangtua perlu memberikan makanan terbaik untuk anak.

Karena ingin mengenalkan makanan sehat sejak dini, bukan berarti semua makanan bisa dimakan oleh si kecil. Ingat bahwa, antibodi pada tubuh bayi belum berfungsi secara maksimal. Terkadang, tubuh bayi bisa bereaksi berlebihan karena bahan makanan tertentu. Oleh karena itu, Anda seharusnya lebih teliti dalam mengawasi apa yang dikonsumsi oleh si kecil.

Dari sekian banyak makanan yang ada, berikut ini adalah beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh bayi dibawah 1 tahun.

1. Madu

Bagi orang dewasa, madu merupakan bahan makanan yang sangat bermanfaat. Akan tetapi bagi bayi, madu bisa memberikan efek yang negatif. Madu mengandung bakteri Clostridium botulinum yang berbahaya bagi bayi.

Bakteri tersebut bisa menyebabkan keracunan yang disebut dengan keracunan botulisme. Keracunan ini termasuk penyakit serius. Beberapa tandanya yaitu, bayi terlihat lemas, sulit BAB, sulit menelan dan bernapas dan menangis tidak sekencang biasanya. 

Makanan yang tidak boleh diberikan pada anak di bawah 1 tahun

2. Susu Sapi Segar

Susu sapi segar tidak baik untuk bayi karena akan memberatkan organ pencernaan bayi. Untuk itu, jangan pernah menggunakan susu sapi segar sebagai alternatif pengganti ASI. Jika ibu tidak bisa menyusui, alternatifnya adalah menggunakan susu formula.

Akan tetapi, susu sapi yang terdapat dalam yogurt atau kue cukup aman untuk dikonsumsi bayi.

 

3. Teh

Orang dewasa mungkin menyukai minuman ini. Akan tetapi, teh tidak boleh diberikan kepada bayi. Teh mengandung tannin, yaitu zat yang bisa mengganggu proses penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Di sisi lain, kebutuhan bayi akan zat besi lebih besar dari kebutuhan zat besi orang dewasa.

Supaya bayi tidak kekurangan zat besi yang bisa menyebabkan anemia, sebaiknya hindari teh. Selain kandungan tannin, teh juga mengandung kafein yang bisa mengganggu pola tidur anak.

4. Makanan Laut

Beberapa jenis makanan laut seperti udang, lobster, kerang, dan kepiting sangat mungkin memicu alergi pada bayi. Jika ingin mengolah makanan laut sebagai MPASI, sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter. Terutama, untuk bayi di bawah 1 tahun.

5. Garam

Tubuh bayi belum bisa memproses garam karena ginjalnya belum berkembang secara sempurna. Kelebihan garam (sodium) dapat menumpuk pada tubuh bayi dan beresiko merusak organ vital bayi. Untuk itu, sebaiknya hindari garam pada bayi usia 1 tahun.

Kandungan garam yang boleh dikonsumsi bayi hanya 1 gram per hari. Untuk bayi di bawah usia 1 tahun sebaiknya jangan menambahkan garam pada makanannya.

Itulah lima makanan yang sebaiknya tidak diberikan kepada bayi di bawah 1 tahun. Organ tubuh bayi masih dalam proses perkembangan, sehingga belum bisa memproses bahan makanan seperti orang dewasa. Bila terlanjur memberikan makanan di atas dan khawatir dengan efek negatifnya, jangan ragu  segera konsultasikan dengan dokter anak ya Parents.

Baca Juga:

Mencegah “Picky Eater”, Kenalkan Makanan Sehat Sejak Dini

Pilihan Makanan Pendamping ASI Terbaik

Strategi Memberikan Makanan Sehat Untuk Anak 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *